4 Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Harus Diketahui

Tips bisnis ibu rumah tangga yang harus diketahui - Betapa pentingnya manajemen waktu saat ibu rumah tangga mulai berbisnis. Perlu diketahui, berdasarkan hasil survey yang dirilis Asosiasi penyelenggara Jasa Internet Indonesia  (APJII), komposisi pengguna internet di kelompokkan berdasarkan pekerjaan. Untuk profesi ibu rumah tangga sebanyak 22 juta pengguna dari total keseluruhan 132,7 juta pengguna internet atau sekitar 16,16%. Angka ini terbilang cukup fantastis karena jumlah pengguna internet dikalangan ibu rumah tangga menduduki peringkat kedua setelah pengguna internet dikalangan pekerja dan wiraswasta. Dengan kata lain internet kini sudah bukan sesuatu yang asing dikalangan ibu rumah tangga. Tidak aneh jika dari tahun ke tahun semakin banyak ibu rumah tangga yang memutuskan untuk menggunakan internet sebagai media untuk membangun bisnis, terutama bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah.

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Harus Diketahui

Sudah cukup banyak pebisnis online yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga yang meraih sukses dalam bisnisnya. Namun tidak sedikit juga ibu rumah tangga yang memulai bisnis online-nya justru mengalami kegagalan. Ada banyak penyebab kegagalan yang di alami ibu rumah tangga dalam bisnisnya, salah satunya adalah masalah manajemen waktu. Untuk itu sangat penting bagi ibu rumah tangga yang berbisnis memiliki manajemen waktu. Mungkin bagi pekerja kantoran mengatur manajemen waktu tidak terlalu sulit karena selama jam kantor, para pekerja bisa fokus pada pekerjaannya. Namun hal ini menjadi sesuatu yang sulit bagi seorang ibu rumah tangga.

Tips Bisnis  Ibu rumah Tangga

Memulai bisnis online sampai saat ini masih menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama ibu rumah tangga karena bisnis ini relatif lebih mudah dijalankan, lebih fleksibel dalam hal waktu, dan modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Tapi ternyata harapan tidaklah seindah kenyataan karena beberapa ibu rumah tangga yang baru memulai bisnis tiba-tiba harus menghentikan aktivitasnya karena berbagai alasan, salah satunya kesulitan dalam hal membagi waktu antara mengurus bisnis dan keluarga. Yap…bisnis online memang mudah dijalankan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja, serta waktu yang digunakan untuk mengurus bisnis relatif lebih fleksibel, namun tetap saja bisnis adalah bisnis yang harus dikelola secara profesional agar konsumen yang berbelanja di toko online terlayani dengan baik dan memuaskan.

Disinilah pentingnya saat seseorang mulai terjun ke dunia bisnis baik online atau offline, skala besar atau skala rumahan harus memiliki pengetahuan tentang manajemen waktu, agar rencana bisnis yang sudah di susun dapat berjalan dengan baik. Lantas, apa sih sebenarnya manajemen waktu itu? Jika di telaah dari definisinya, manajemen waktu adalah suatu proses yang berhubungan dengan pencapaian suatu tujuan tertentu dengan memaksimalkan sumber daya yang ada secara efisien dan efektif. 

    Tips Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga :
  1. Biasakan untuk membuat jadwal harian
  2. Menetapkan target atau tujuan
  3. Menentukan batas waktu atau deadline
  4. Prioritaskan pekerjaan yang lebih penting

Manajemen waktu ini sangat erat berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, termasuk pengawasan atas produktivitas tersebut. Namun jika diterjemahkan dalam bahasa yang lebih mudah di pahami, manajemen waktu berkaitan dengan kemampuan untuk mengatur dan membuat skala prioritas atas aktivitas atau pekerjaan yang akan dan sedang dilakukan. Kemampuan untuk menyusun manajemen waktu yang efektif dan efisien menjadi salah satu faktor yang sangat penting saat ibu rumah tangga memutuskan untuk memulai bisnis-nya. Berikut 4 tips bisnis ibu rumah tangga yang harus diketahui agar bisa membantu memanage waktu secara efektif.

1. Biasakan untuk membuat jadwal harian

Dengan membuat jadwal harian yang tersusun secara sistematis setiap hari setidaknya membantu ibu rumah tangga untuk menentukan skala prioritas dari pekerjaan yang akan dilakukan. Sinkronkan jadwal harian tersebut dengan aktivitas anggota keluarga lainnya seperti anak-anak sekolah dan mengurus rumah tangga sehingga ibu rumah tangga bisa fokus mengurus bisnisnya sesuai jadwal yang disusun sebelumnya.

2. Menetapkan target atau tujuan yang ingin di capai

Banyak orang berkata, “hidup harus memiliki tujuan” begitupun dalam menjalankan bisnis termasuk bisnis online, saat memulai bisnis ibu rumah tangga harus menetapkan tujuan yang ingin di capai dengan membangun bisnis tersebut. Target dan tujuan dalam berbisnis akan membantu ibu tetap fokus pada usaha membangun bisnisnya. Karena membangun bisnis itu tidaklah mudah, selain harus mampu berkompetisi dengan kompetitor bisnisnya juga mampu mampu berkompetisi aktivitas mengurus keluarga, terutama anak-anak. 

Setidaknya ada dua manfaat dengan memiliki target atau tujuan dalam berbisnis, yaitu memupuk semangat untuk membangun bisnis dalam kondisi tersulit sekalipun, dan yang kedua akan membantu memetakan step-step dalam bisnis sehingga setiap tahapan bisnis akan terpeta dengan jelas, dengan demikian bisa membantu ibu rumah tangga menyusun manajemen waktu yang efektif, efisien, dan sesuai target yang ingin di capai.

Baca juga: Panduan Tips Bisnis Online dengan Afiliasi Marketing Bagi Ibu Rumah Tangga

3. Biasakan untuk menentukan batas waktu atau deadline

Adanya batas waktu atau deadline akan membantu ibu rumah tangga yang berbisnis lebih disiplin dalam hal membagi waktu dan berusaha untuk menaatinya agar pekerjaan lain setelahnya tidak terbengkalai. Salah satu kunci membangun bisnis online yang sukses  dan mampu bertahan dalam jangka panjang adalah sikap profesional, dan disiplin terutama terhadap waktu merupakan langkah menuju sikap profesional. Selain itu, sikap yang disiplin terhadap waktu akan membuat ibu rumah tangga bisa membagi dengan porsi yang seimbang antara mengurus keluarga terutama anak-anak dengan aktivitas mengurus bisnis-nya.

4. Prioritaskan pekerjaan yang lebih penting

Meskipun dalam jadwal harian ada sejumlah pekerjaan penting yang harus dikerjakan dalam waktu yang berdekatan, susun skala prioritas dengan memilah dan memilih mana pekerjaan yang membutuhkan penanganan terlebih dahulu. Untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan, buatlah checklist prioritas pekerjaan yang akan membantu ibu rumah tangga memetakan pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu, sehingga tidak berpotensi akan mengecewakan konsumen.

Namun yang terpenting, biasakan untuk menuntaskan semua pekerjaan sesuai dengan jadwal harian yang telah di susun agar manajemen waktu bisa tercapai, dan ibu rumah tangga bisa meyeimbangkan antara waktu mengurus keluarga dan waktu mengurus bisnisn-nya.

usahakan tetap fokus untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan dan jangan terlalu sering menunda-nunda pekerjaan karena jika Anda menunda maka sama halnya menunda kesuksesan. Demikian mengenai tips bisnis bagi ibu rumah tangga semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan kita, silahkan di bagikan di sosial media kesayangan Anda.

Baca juga: Modus Kasus Penipuan Online Terbaru

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel