Alasan Berbisnis Sejak Masih Mahasiswa

Alasan berbisnis sejak masih mahasiswa - Kehidupan menjadi mahasiswa tentu saja sangat jauh berbeda  saat masih sekolah di SMA. Karena pada status ini tanggung jawab yang diemban justru semakin berat karena tahapan-tahapan selama menjadi mahasiswa adalah jalan menuju masa depan. Karena itu sangat penting pada saat sejak masih mahasiswa untuk mulai berinvestasi dan berbisnis untuk menata hidupnya agar meraih masa depan yang lebih baik lagi. Hampir sebagian mahasiswa berjuang untuk mendapatkan jurusan yang dianggap favorit dengan tujuan agar mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah nanti. memang keputusan ini tidak salah, karena ada beberapa disiplin ilmu yang cepat sekali mendapatkan respon dari perusahaan-perusahaan.

Bahkan tidak jarang saat masih kuliah pun sudah ada yang ditawari untuk magang karena tenaga ahli dalam bidang tersebut mutlak sangat dibutuhkan. Namun, tidak sedikit juga mahasiswa yang telah lulus kuliah merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang cocokkarena berbagai alasan. Salah satunya adalah sulitnya bersaing dengan ribuan lulusan perguruan tinggi lainnya, untuk bersaing dibutuhkan skill dan mentalitas pejuang pantang yang menyerah agar mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan.

Alasan berbisnis sejak masih mahasiswa


Alasan Pentingnya Memulai Bisnis Sejak Masih Mahasiswa

Memulai bisnis saat masih menjadi mahasiswa, mengapa tidak. Ada kalanya meskipun sudah memiliki skill yang cukup, pekerjaan tetap sulit di dapat dengan berbagai kondisi dan keadaan. Tapi sesungguhnya, ada banyak solusi untuk mempersiapkan diri selama masih berstatus mahasiswa dan belum memasuki lapangan kerja, agar tidak hanya siap dalam skill semata namun juga siap dalam hal mentalitas menghadapi persaingan setelah lulus perguruan tinggi nanti. Salah satunya adalah dengan belajar berbisnis atau memulai bisnis sedini mungkin. 

Mungkin bagi sebagian masyarakat memulai bisnis, apalagi saat usia masih belia adalah sesuatu yang sulit apalagi jika orang-orang terdekat di sekeliling kita tidak ada yang terjun ke dunia bisnis. Tapi, zaman sudah berubah bahkan ibu rumah tangga pun kini sudah banyak yang memulai bisnis yang dapat dikerjakan dari rumah, jadi mengapa mahasiswa harus tertinggal dari ibu rumah tangga dalam hal memanfaatkan teknologi? Ada banyak ide bisnis yang bisa di pilih sebagai bisnis sampingan saat masih berstatus mahasiswa, karena sibuknya belajar membuat sebagian mahasiswa nyaris tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk fokus mengurus bisnisnya.

Meskipun hasil akhir dari berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan, namun pada tahap awal hendaklah jangan fokus pada tujuan untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Namun sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan skill atau kemampuan diri, apalagi jika kebetulan berkuliah pada jurusan yang kelak akan berhadapan dengan dunia bisnis. Mungkin di luar negeri, kuliah sambil bekerja atau berbisnis adalah hal yang biasa. Bahkan banyak anak-anak yang masih bersekolah di tingkat menengah sudah bekerja paruh waktu atau freelance untuk mengisi waktu luang dengan aktivitas yang mendatangkan uang. 

Namun di Indonesia masih sangat jarang karena sebagian besar mahasiswa masih fokus pada aktivitas belajar semata. Sesungguhnya, di era teknologi maju seperti sekarang ini memulai bisnis tentu bukan lagi sesuatu yang sulit, mungkin yang sulit adalah menemukan ide atau peluang bisnis yang cocok untuk dikembangkan menjadi potensi bisnis yang menjanjikan. Ada banyak ide atau peluang bisnis bertebaran yang bisa dijadikan pondasi awal untuk memulai bisnis, bahkan bisnis online pun bisa dijadikan media awal untuk terjun ke dunia bisnis. Namun di atas semua itu, mindset atau pola berpikirlah yang penting, karena faktor ini akan menjadi motivasi kuat untuk mulai berbisnis. Berikut beberapa alasan mengapa memulai berbisnis sejak masih mahasiswa menjadi suatu hal yang  positif :

1. Sebagai jalan untuk mengejar dan meraih mimpi masa depan yang lebih baik

Suatu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi mahasiswa adalah salah satu jalan untuk meraih masa depan yang lebih baik dan peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih menjanjikan. Tapi ternyata ada ribuan bahkan ratusan ribu mahasiswa yang juga berpikiran sama, dan untuk meraih semua impian itu harus rela bersaing dengan sekian banyak orang tersebut. 

Untuk alasan itulah mengapa mahasiswa sedini mungkin harus memulai bisnis, atau setidaknya mulai merubah mindset bahwa kesuksesan dan kehidupan yang mapan tidak harus datang dari orang lain melainkan bisa datang dari diri sendiri, dan memulai bisnis adalah salah satu solusinya. Mulainya berbisnis sebagai usaha untuk mengejar dan meraih mimpi masa depan, dan harusnya dengan dukungan teknologi seperti sekarang ini, tentu bukanlah hal yang sulit.

Baca juga:  Tips Bisnis Waralaba Bagi Pemula

2. Untuk pengalaman dan meningkatkan keahlian

Pepatah lama mengatakan, “pengalaman adalah guru yang terbaik,” rasanya masih relevan hingga saat ini dan sangat cocok jika sedini mungkin mahasiswa memulai suatu bisnis. Kita semua tahu bahwa memulai bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada tahapan-tahapan yang harus di jalani mulai dari riset untuk menemukan bisnis yang cocok, menemukan channel atau media yang tepat untuk mempromosikan, menemukan target market, mempersiapkan produk, dan masih banyak lagi. 

Namun, tahapan-tahapan itulah sesungguhnya yang akan membantu mahasiswa menjadi sosok tangguh yang siap bersaing di dunia yang sebenarnya saat lulus perguruan tinggi nanti. Karena pengalaman adalah sesuatu yang sangat mahal dan tidak dapat di tukar dengan materi apapun. Selain itu, memulai bisnis adalah salah satu cara untuk meningkatkan keahlian. Tidak hanya keahlian yang relevan dengan disiplin ilmu yang sedang dipelajari, namun juga keahlian untuk menyakinkan orang lain agar tertarik dengan produk yang kita jual. 

Hal ini membutuhkan teknik berkomunikasi yang baik, yang membutuhkan latihan demi latihan agar menghasilkan skill yang bermanfaat saat lulus perguruan tinggi nanti. Keahlian tidak hanya dipelajari namun harus di latih terus-menerus agar lebih siap saat terjun ke dunia yang sebenarnya, dan memulai bisnis merupakan salah satu cara agar untuk terus meningkatkan keahlian, karena dalam bisnis menambah pengetahuan adalah suatu hal yang wajib jika ingin sukses dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

3. Memanfaatkan teknologi untuk aktivitas yang positif

Pesatnya teknologi memang menyisakan dua sisi, sisi positif dan negatif. Tinggal bagaimana pengguna teknologi tersebut memilih untuk memanfaatkannya. Namun sesungguhnya kemajuan teknologi menawarkan peluang dan potensi yang sangat besar terutama bagi mahasiswa untuk memanfaatkan teknologi tersebut sebagai penunjang kehidupannya di masa yang akan datang. Teknologi terutama dalam bentuk jaringan internet menjadi peluang yang besar jika dimanfaatkan secara positif oleh mahasiswa, salah satunya dengan memulai bisnis secara online. 

Sebenarnya sudah banyak contoh nyata pebisnis online yang berstatus mahasiswa sukses dalam bisnisnya, bahkan bisa mengembangkan bisnis tersebut dan pada akhirnya membuka lapangan kerja untuk orang-orang disekitarnya. Jadi tidak ada alasan lagi bagi mahasiswa lainnya untuk tidak memanfaatkan teknologi secara positif, salah satunya dengan memulai bisnis, karena hal ini tidak hanya berpotensi membuka jalan untuk sukses di  masa depan tapi juga membuka lapangan kerja untuk masyarakat lainnya.

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa berbisnis sejak masih mahasiswa, diharapkan semoga kedepannya menjadi mahasiswa yang memiliki skill dan daya saing yang lebih tinggi dalam merah masa depan yang lebih sukses.

Baca juga: Modus Kasus Penipuan Online Terbaru

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel