Bisnis Affiliate Marketing Strategi Mendapatkan Tambahan Penghasilan

Dapatkan Tambahan Penghasilan Dengan Bisnis Affiliate Marketing - Ternyata bisnis online itu tidak cuma membuka toko online atau berjualan secara online melalui marketplace. Karena dalam model bisnis online di kenal dengan yang namanya “Affiliate Marketing.” Lantas apa sih sebenarnya arti dari Affiliate Marketing itu? Beberapa ahli Affiliate Marketing mendefinisikan model bisnis ini sebagai upaya untuk menjual atau mereferensikan produk atau jasa orang lain dengan kompensasi biasanya berupa komisi. Model bisnis ini sesungguhnya sudah berkembang lebih dari sepuluh tahun yang lalu, bahkan model bisnis ini pernah mencapai puncak keemasan saat beramai-ramai orang memutuskan untuk menekuni Affiliate Marketing. Model bisnis ini menarik karena menjanjikan keuntungan besar tanpa orang tersebut repot-repot harus memproduksi sebuah produk, mengurus pengiriman, mengurus administrasi penjualan, dan masih banyak pekerjaan lainnya yang terkadang membuat seorang pebisnis online pemula merasa sedikit frustasi saat awal menbuka bisnisnya.  Affliate Marketing bak angin surga yang menjanjikan keuntungan maksimal namun tenaga yang dikeluarkan sangat minimal, sehingga tidak heran jika kemudian model bisnis ini menjadi favorit masyarakat yang ingin memulai bisnis sampingan untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Ada banyak model bisnis, salah satunya yang berpeluang ada Affiliate Marketing


Model Bisnis Affiliate Marketing

Fokus utama seorang Affiliate Marketing hanyalah mengirimkan visitor sebanyak-banyaknya ke situs milik merchant. Untuk proses selanjutnya merchant itu sendirilah yang mengurus semuanya, dan affiliate hanya tinggal duduk manis menanti komisi jika ada konsumen yang melakukan action. Meskipun terbilang sederhana dan sekilas nampak mudah, sesungguhnya model bisnis ini membutuhkan kerja keras dan ketekunan affliate untuk mencapai sukses. 

Selain itu, seorang Affiliate Marketing harus bisa memilah dan memilih jenis affiliate mana yang ingin dipromosikan karena peluang bisnis Affiliate Marketing sangat luas, karenanya pilihlah yang benar-benar cocok dan produknya bisa dipelajari sehingga lebih mudah menjalankannya. Tidak terhitung, sudah cukup banyak orang yang menekuni bisnis Affiliate Marketing sukses, dan hal itu bisa menjadi contoh untuk para pemula bahwa model bisnis ini memiliki potensi besar untuk sukses jika fokus dan ditekuni. Peluang model bisnis ini sesungguhnya sangat luas karena hampir semua produk dan jasa memiliki program affiliasi.

    Bisnis Affiliate Marketing :
  1. Membuat Product Review atau ulasan
  2. Menawarkan insentif atau bonus kepada visitor
  3. Menawarkan kupon kepada visitor

Bahkan, marketplace besar pun selain memberikan ruang untuk pebisnis online membuka toko online dan mempromosikan produknya, juga memberi peluang bagi masyarakat yang enggan berkecimpung dalam bisnis online melalui program affiliasi. Bagaimana, apakah Anda tertarik?

Namun sebelum mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan agar berpeluang sukses menjalankan model bisnis Affiliate Marketing, ada baiknya untuk mengetahui bahwa berdasarkan kompensasi yang akan di terima seorang affiliate, ada 3 jenis Affiliate Marketing. 

Pertama adalah Pay Per Sale (PPS), di mana merchant memberikan kompensasi berdasarkan penjualan yang terjadi, bisa dalam bentuk persentase atau sejumlah nominal yang sudah disepakati kedua belah pihak. 

Selain itu ada Pay Per Click (PPC), di mana pada jenis ini merchant memberikan kompensasi untuk setiap klik dari website atau media promosi Affiliate Marketing menuju website milik merchant. 

Sedangkan yang terakhir adalah Pay Per Lead (PPL), Cost Per Action (CPA), atau Pay Per Action (PPA), di mana pada model bisnis ini merchant memberikan kompensasi kompensasi bukan berdasarkan transaksi yang sukses dilakukan melainkan berdasarkan data prospek yang masuk, biasanya untuk model bisnis yang satu ini kerap digunakan perusahaan seperti kartu kredit, asuransi, dan sejenisnya. 

Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan dan dipelajari para Affiliate Marketing untuk menjalankan model bisnis ini.

Membuat Product Review atau ulasan

Cara ini dilakukan dengan mempromosikan produk atau jasa dengan menulis review atau ulasan mengenai produk atau jasa yang di pilih untuk menjalankan affiliate marketing. Review atau ulasan tersebut bisa berupa artikel, membuat tabel perbandingan, serta masih banyak cara lainnya. Meskipun hanya berupa ulasan atau review, namun buatlah dengan sudut pandang serta bahasa yang persuasif, tidak mengurui, serta tidak mengarahkan konsumen seolah-olah hanya produk atau jasa tersebut yang terbaik.

Baca juga: Pentingnya Content Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Online

karena saat ini konsumen sudah semakin teredukasi dan tidak cepat percaya sesuatu yang belum pernah digunakan sebelumnya. Untuk itu ada baiknya para affiliater memilih produk atau jasa yang memang di kenal atau bahkan pernah digunakan sebelumnya, agar lebih nyaman saat mempromosikannya. Kenyamanan ini akan sangat membantu membuat affilliater merasa yakin saat mempromosikan produk atau jasa tersebut.

Menawarkan insentif atau bonus kepada visitor

Ini merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian visitor sehingga akan tertarik membeli produk atau jasa tersebut melalui affiliate link milik affiliate marketing tersebut. Ada berbagai macam bonus atau insentif yang bisa ditawarkan kepada visitor, namun ada baiknya untuk merundingkannya terlebih dahulu dengan merchant karena tidak semua merchant mengizinkan affilate-nya memberikan insentif terutama dalam bentuk sejumlah uang, terutama untuk model bisnis seperti PPL atau CPA. 

Penting sebagai pertimbangan, ada baiknya untuk memilih merchant yang tidak hanya memiliki produk atau jasa yang berkualitas. Namun juga memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, akan lebih baik jika antara merchant dan affiliate terjalin suatu hubungan emosional yang memungkinkan keduanya bekerja sama dalam jangka panjang.

Menawarkan kupon kepada visitor

Strategi lainnya yang bisa dilakukan affiliate marketing adalah dengan memberikan kode kupon dari banyak merchant sehingga visitor tertarik dan akan berdatangan ke website affiliate marketing tersebut. Saat ini sudah banyak merchant yang memberikan fasilitas promosi kepada affiliate marketing-nya dengan memberikan kupon atau voucher yang bisa digunakan visitor berbelanja produk atau menggunakan jasa merchant melalui link affiliate.

Selain cara-cara tersebut, sesungguhnya ada banyak cara atau strategi lainnya yang bisa digunakan affiliate marketing untuk mempromosikan produk atau jasa dari merchant, namun pastikan bahwa affiliate telah memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana menjalankan model bisnis affiliate marketing. Sepintas memang terlihat mudah menjalankannya, namun sesungguhnya dibalik itu ada kerja keras dan kemauan untuk selalu belajar serta update dengan berita terbaru, karena model bisnis affiliate marketing pun tidak akan pernah terlepas dari perkembangan zaman, dan di setiap perkembangannya akan selalu ada ide-ide, tren, dan inovasi baru.

Demikian ulasan mengenai  bisnis affiliate marketing, strategi ini cukup ampuh untuk mendapatkan tambahan penghasilan, semoga artikel ini membantu Anda menemukan dan menentukan produk affiliate yang ingin Anda promosikan. Silahkan dishare.

Baca juga: Usaha Di Daerah Sepi Yang Menguntungkan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel