Fitur Telegram Messenger Untuk Bisnis Online

Fitur telegram messenger untuk bisnis online - Di era teknologi seperti sekarang ini setiap harinya semakin mengalami perkembangan. Salah satu bentuk perkembangan tersebut adalah dengan diluncurkannya telegram messenger yang tentunya akan semakin mempermudah aktivitas pemasaran untuk bisnis online kita. Ini merupakan salah satu perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dan mengakses teknologi. Dunia bisnispun tidak luput dari yang namanya kemajuan teknologi, tidak hanya dalam bentuk alat-alat untuk menunjang produksi barang, namun juga dari sisi promosi dan pemasaran. Jika dahulu cara berpromosi dan pemasaran dilakukan secara langsung kepada masyarakat yang dituju, namun kini berkat kemajuan teknologi cara tersebut sudah tergantikan. Jika dahulu saat melakukan promosi bisnis, kita harus berada di lokasi target market atau target pemasaran kita, namun kini sudah tidak lagi. Karena untuk melakukan promosi dan pemasaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dengan hadirnya berbagai fitur telegram messenger akan mampu menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.

Fitur telegram messenger untuk bisnis online

    Fitur Telegram Messenger :
  1. Terdapat fitur channel
  2. Hanya menggunakan nomor seluler
  3. Fitur membuat group
  4. Kemudahan berkirim berbagai file
  5. Fitur keamanan yang maksimal

Fitur Telegram Messenger

Telegram, kini menjadi aplikasi messenger yang tren dan banyak digunakan di masyarakat Indonesia. Masyarakat sudah sangat mengenal beberapa aplikasi media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain, sebagai salah satu  sarana yang terbukti sangat efektif membantu mempromosikan dan memasarkan produk. Selain itu, terdapat juga beberapa aplikasi messenger yang sudah terbukti memiliki andil yang cukup besar dalam upaya membangun komunikasi yang intens dengan konsumen atau partner bisnis-nya, seperti aplikasi Blackberry Messenger (BBM), Whatsapp (WA), Line, Facebook Messenger, dan lain-lain. 

Ternyata aplikasi messenger ini tidak hanya bermanfaat untuk membangun komunikasi yang efektif belaka, namun juga kerap dimanfaatkan sebagai media untuk mempromosikan produk. Setelah bertahun-tahun aplikasi messenger tersebut menjadi tren dan banyak digunakan para pebisnis, kini hadir aplikasi messenger baru, yaitu Aplikasi Telegram Messenger yang juga memiliki manfaat kurang lebih sama dengan aplikasi messenger lainnya untuk mempermudah dan melancarkan bisnis, temasuk bisnis online yang hampir semua aktivitasnya bersentuhan erat dengan aplikasi-aplikasi online semacam Telegram tersebut.

Perlu diketahui, telegram sendiri sesungguhnya kata yang sangat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia pada masa beberapa tahun yang lalu, di mana telegram identik dengan surat pendek yang dikirim dengan cepat kepada seseorang melalui kantor pos. Kini telegram hadir dengan inovasi terbaru dan menjadi bagian dari aplikasi messenger yang sebenarnya juga berbasis penyampaian pesan. Sejarah aplikasi ini di mulai pada tanggal 14 Agustus 2013, di mana aplikasi ini pertama kali diluncurkan untuk smartphone yang berbasis IOS dan diprakarsai oleh dua saudara, Nikolai dan Pavel Durop. 

Setelah melalui proses uji coba, akhirnya pada tanggal 20 Oktober 2013 diluncurkan aplikasi telegram messenger yang dapat diakses melalui Android, sehingga jumlah pengguna setiap hari semakin bertambah, bahkan pada bulan Februari 2016 lalu menembus angka 100 juta pengguna. Dalam perkembangannya, aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dan saling bertukar informasi belaka, namun juga dimanfaatkan untuk kemudahan berbisnis. Lantas seperti apa fitur-fitur yang tersemat dalam aplikasi telegram messenger yang sangat bermanfaat untuk menunjang kemudahan berbisnis online, berikut uraiannya.


Terdapat Fitur Channel

Fitur ini terbilang merupakan fitur unggulan yang sangat bermanfaat untuk para pebisnis online, karena melalui fitur inilah pemilik channel dapat melakukan broadcasting atau menyiarkan informasi kepada seluruh followers channel-nya. Fitur ini bisa dimanfaatkan pebisnis untuk mempromosikan produk terbarunya, memberikan informasi penawaran-penawaran, seperti diskon, promo, potongan harga, dan lain-lain. 

Sama seperti group pada aplikasi messenger lainnya, pemilik channel dapat memanfaatkannya untuk berkomunikasi secara intens dengan followersnya, namun yang membedakannya dengan yang lain, pada fitur channel telegram ini bisa menampung jumlah anggota yang tidak terbatas.

Hanya menggunakan nomor seluler untuk bergabung

Cara ini hampir mirip dengan whatsapp, di mana pemilik akun telegram dari lintas platform bisa saling bergabung dengan mudah untuk berkomunikasi. Namun yang membedakan aplikasi ini dengan lainnya, pengguna dapat mengatur nama samaran sehingga informasi kontak tidak dapat di akses oleh orang yang tidak di kenal. 

Fitur ini di nilai cukup memberikan rasa aman dan nyaman, karena tidak semua orang suka jika dihubungi oleh orang yang tidak di kenal. Namun, khusus untuk bisnis online, ekspos kontak tentu sangat dibutuhkan agar konsumen yang membutuhkan bantuan atau ingin melakukan order secara mendadak bisa langsung berkomunikasi.

Fitur Membuat Group

Group merupakan salah satu fitur yang cukup penting untuk membangun komunitas bagi sebuah bisnis, semakin banyak anggota yang bergabung maka akan semakin banyak orang pula yang bisa mengakses informasi, promosi, serta penawaran baru pebisnis tersebut. Jumlah anggota group yang diperbolehkan dalam aplikasi ini mencapai ribuan orang sehingga peluang untuk membangun komunitas bisnis tersebut sangat besar. 

Tidak hanya membangun komunitas yang berpotensi menjadi konsumen loyal, fitur ini memungkinkan antar sesama pebisnis membangun komunikasi sehingga bisa sharing informasi jika diperlukan.

Kemudahan berkirim berbagai file

Fitur inilah yang sesungguhnya cukup penting untuk sebuah bisnis terutama bisnis online, karena dalam bisnis online selain detail informasi, photo produk menduduki posisi yang yang sangat penting. Inilah salah satu kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini untuk mendukung bisnis online, di mana pebisnis bisa mengirim berbagai file selain gambar/photo, seperti video, powerpoint, word, excel, bahkan file .zip yang bisa memuat berbagai file dalam satu dokumen, namun tentu saja besarnya dibatasi, yaitu maksimun 1,5 GB per file.

Fitur keamanan yang maksimal

Aplikasi ini terbilang sangat handal dalam segi keamanan, karena telah menerapkan skema enkripsi simetrik bernama MTProto yang dikembangkan oleh para pembuat aplikasi ini. Pendek kata, tidak perlu ragu dengan keamanan aplikasi ini karena sudah melalui tahap uji coba yang maksimal, tidak heran jika dalam aplikasinya juga tersemat fitur secret chat yang memungkinkan pengguna bisa chatting atau berkomunikasi secara pribadi. 

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa fitur yang tersemat dalam telegram messenger untuk mendukung perkembangan bisnis online kita. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Silahkan download aplikasinya yang sudah tersedia di playstore, bahkan telegram ini juga bisa di akses melalui komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita, silahkan di share.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel