Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan Untuk Ibu Rumah Tangga

Investasi yang aman dan menguntungkan untuk Ibu rumah tangga - Saat sekarang ini ibu rumah tangga di tuntut untuk menjadi seorang ibu yang smart, tidak hanya dalam urusan mengurus dan mendidik buah hati tercinta namun juga dalam urusan keuangan. Jika seorang Ibu tidak pandai dalam mengelolah keuangan rumah tangga, bisa-bisa keluarga akan terjebak dalam masalah keuangan yang berkepanjangan. Tidak hanya harus piawai dalam mengurus masalah keuangan, Ibu rumah tangga juga dituntut smart untuk mengatur anggaran pengeluaran rumah tangga. Memilah-milah mana pengeluaran yang penting dan mana yang bisa dikesampingkan terlebih dahulu. Dengan kata lain ibu rumah tangga harus memiliki kemampuan untuk memetakan kondisi keuangan keluarga yang akan membantunya membuat skala prioritas terhadap post-post pengeluaran rumah tangga. Tidak hanya smart, ternyata semakin kedepannya ibu rumah tangga juga dituntut untuk menjadi sosok yang visioner, berwawasan luas, dan memiliki pandangan jauh kedepan, Sehingga tidak salah jika ibu rumah tangga di tuntut untuk memiliki pengetahuan tentang investasi yang aman dan menguntungkan.

Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan Untuk Ibu Rumah Tangga

Pilihan Investasi yang Aman Untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak pilihan investasi untuk ibu rumah tangga, namun tentu saja berinvestasi ala ibu rumah tangga jauh berbeda dengan golongan masyarakat yang memiliki penghasilan lebih mapan, karena umumnya ibu rumah tangga hanya mengelola keuangan yang bersumberkan dari kepala keluarga atau suami. Namun sebelum menjelaskan lebih jauh konsep investasi seperti apa yang cocok dan menjadi pilihan ibu rumah tangga, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu investasi. 

Berdasarkan defisininya investasi adalah kegiatan menanam dana atau modal dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang, dengan kata lain investasi erat hubungannya dengan perencanaan keuangan untuk masa yang akan datang sehingga bisa dikatakan bahwa investasi adalah tujuan keuangan untuk jangka panjang. Jadi berinvestasi bukan terletak pada besar kecilnya anggaran yang disisihkan untuk investasi tersebut, melainkan pada jangka waktu investasi yang di pilih, semakin panjang jangka waktunya kemungkinan untuk mendapatkan return dari investasi tersebut akan semakin besar.

Mungkin ada banyak pilihan berinvestasi yang sudah dipaparkan secara jelas oleh para ahli perencanaan keuangan, namun tidak semua jenis investasi tersebut cocok dengan karakteristik keuangan yang dimiliki ibu rumah tangga. Untuk alasan itulah, ada beberapa tipe pilihan investasi yang terbilang cocok dijadikan pilihan berinvestasi untuk ibu rumah tangga, diantaranya modal kecil karena ibu rumah tangga umumnya memiliki alokasi dana terbatas dan itu pun harus berbagi dengan kebutuhan rumah tangga lainnya. Sehingga jumlah dana yang disisihkan dengan tujuan investasi tentu tidak besar. 

Selain modal, investasi tersebut haruslah aman karena arti investasi bagi ibu rumah tangga bukan sifatnya untung-untungan melainkan untuk satu tujuan yang pasti, untuk masa depan keluarga. Sehingga investasi tersebut harus dipastikan aman melindungi dana yang telah di investasikan hingga jangka waktu investasi berakhir. 

Tipe investasi selanjutnya adalah dikelola oleh pihak ketiga karena ibu rumah tangga tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempelajari seluk beluk investasi tersebut karena harus mengutamakan urusan keluarga, terutama anak-anak. Karena itu penting bagi ibu rumah tangga untuk memilih pihak yang mengurus investasinya memiliki kredibilitas yang baik dan terpercaya. Lantas, jenis-jenis investasi apa sih yang aman dan menguntungkan untuk ibu rumah tangga, berikut penjelasannya:

Investasi Emas

Investasi emas bukanlah hal baru bagi masyarakat terutama ibu rumah tangga karena sejak zaman dahulu emas adalah pilihan investasi yang terbilang aman dan sudah pasti menguntungkan. Selain itu nilai emas pasti akan selalu naik dari tahun ke tahun, sehingga jelas sangat menguntungkan sebagai bentuk investasi. Tidak heran jika dahulu ada beberapa negara yang menggunakan emas sebagai mata uangnya. 

Namun seiring naiknya harga emas dari tahun ke tahun, beberapa ibu rumah tangga kerap mengeluhkan investasi emas terbilang mahal, karena itulah hadir beberapa solusi yang memungkinkan ibu rumah tangga menabung secara rutin dan selanjutnya hasil tabungan tersebut dikonversikan dalam bentuk emas. Tentu jika tujuan investasi untuk jangka panjang, maka solusi ini sangat cocok karena dengan modal yang relatif tidak besar dan di tabungkan secara konsisten. Ibu rumah tangga akan mendapatkan return dalam bentuk emas atau logam mulia. 

Besar angsuran tabungan untuk mendapatkan emas tersebut umumnya tidak besar, mungkin hanya menyisihkan sebagian uang untuk jajan anak-anak, namun sangat bermanfaat untuk jangka panjang.


Investasi Reksadana

Investasi jenis ini mungkin masih terbilang asing di telinga sebagian ibu rumah tangga. Bahkan beberapa ibu rumah tangga menganggap jenis investasi ini sangat ribet dan membutuhkan pengetahuan khusus untuk menjalankannya, padahal sesungguhnya tidak begitu. Reksadana daapt diartikan sebagai tempat atau wadah dan pola pengelolaan modal atau dana bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana dan dana ini kemudian di kelola oleh Manajer Investasi ke dalam portofolio investasi, baik berupa obligasi, saham, atau pasar uang. 

Investasi ini terbilang aman karena di lindungi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) asalkan teliti dan jeli memilih manajer investasi. Selain itu, investasi ini terbilang cukup terjangkau karena hanya bermodalkan Rp. 100.000,- Ibu rumah tangga sudah bisa berinvestasi, dan yang terpenting tidak perlu bersusah payah karena semua pengelolaan investasi dilakukan oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman di bidangnya. Selain menguntungkan untuk investasi jangka panjang, reksadana bukanlah termasuk objek pajak sehingga hasil investasi tidak akan di potong pajak. 

Namun ada baiknya sebelum memutuskan untuk memilih jenis investasi reksadana, ibu rumah tangga mencari tahu terlebih dahulu tentang reksadana, termasuk manajer investasi mana saja yang sudah terbukti memiliki kredibilitas yang baik dan terpercaya. Sehingga ibu rumah tangga sudah memiliki gambaran awal tentang reksadana termasuk bagaimana mencairkan dana yang diinvestasikan tersebut jika akan di tarik sebelum batas waktu perjanjian.

Investasi Properti

Terbayang di benak ibu rumah tangga jika berinvestasi properti membutuhkan modal yang tidak sedikit, puluhan bahkan ratusan juta. Tidak salah memang karena zaman sekarang investasi selalu merangkak naik dan nyaris tidak ada lagi properti yang bernilai di bawah puluhan atau ratusan juta jika berlokasi di kota-kota besar. Namun bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa berinvestasi pada jenis ini, karena banyak ibu rumah tangga yang sukses dengan investasi propertinya bahkan hingga mengelola bisnis properti sendiri.

Untuk mensiasati harga properti yang terbilang mahal, investasi properti bisa di mulai dari membeli tanah terlebih dahulu, bisa dengan cara mencicil kemudian setelah dana yang tersedia mencukupi barulah membangun rumah, entah untuk disewakan sementara waktu atau dijual jika harga sudah cukup baik. Sama seperti investasi emas, investasi properti akan selalu menguntungkan dalam jangka panjang apalagi jika berlokasi di tempat yang potensial.

Demikianlah penjelasan mengenai investasi yang aman dan menguntungkan untuk ibu rumah tangga. Semoga memberi pencerahan mengenai pemilihan mana investasi yang ingin di putuskan kedepannya. Silahkan di share ke media sosia kesayangan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel