Pengertian Bisnis Online Dan Cara Menjalankannya Serta Memadukan Dengan Bisnis Offline

Pengertian bisnis online - Mungkin banyak diantara kita yang masih bertanya-tanya semacam apakah bisnis online tersebut? bahkan kadang kala kita melihat orang-orang yang sukses di bisnis online dengan paenghasilan yang fantastis. Sehingga banyak yang bertanya-tanya dan mencari referensi apa benar bisnis online ini bisa sukses dan menghasilkan?. Bahkan banyak yang mencoba peruntungan sendiri dengan mengikuti apa yang dilakukan para pebisnis online namun tidak juga kunjung berhasil. Untuk lebih memaksimalkan keberhasilan usaha Anda ada baiknya mengintegrasikan antara bisnis online dan bisnis offline yang Anda miliki. Supaya Anda lebih mengetahui, maka pada artikel ini akan dijelaskan tentang pengertian bisnis online dan cara menjalankannya serta alasan mengintegrasikan antara bisnis online dengan bisnis offline yang dapat menunjang keberhasilan Anda. 

Pengertian Bisnis Online Dan Cara Menjalankannya


Pengertian Bisnis Online

Pengertian bisnis online adalah cara atau media promosi penawaran terhadap barang maupun produk atau jasa yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet. untuk memudahkan pemahaman bisnis online adalah penjualan atau promosi yang dilakukan secara online atau menggunakan internet dengan komunikasi bersama. Hal ini sangat berbeda dari bisnis offline, di mana ketika Anda ingin mendapatkan barang, Anda harus pergi ke penjual barang, tetapi dengan cara bisnis online hal itu tidak lagi butuhkan, karena dengan menggunakan media promosi dengan menampilkan gambar dan artikel sebagai bukti maka transaksi jual beli bis dilakukan. Jadi dengan bisnis online sangat memudahkan kita dalam berbelanja. Tetapi jika Anda ingin berbisnis online maka hal pertama yang Anda kembangkan adalah kejujuran dalam berbisnis. Karena orang akan mempercayai Anda dan begitupula sebaliknya.

Setiap pelaku bisnis yang setiap aktivitasnya atau semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet dapat dikatakan menjalankan bisnis online atau pebisnis online. Aktivitas bisnis online ini dapat mencakup kegiatan promosi, pengenalan produk, jual beli online, serta menyediakan jasa  atau layanan online, dan banyak jenis bisnis lain yang dapat kita temukan secara online di berbagai bidang industri.

Cara Menjalankan Bisnis Online

Setelah Anda tahu tentang definisi bisnis online, sekarang akan dijelaskan tentang cara menjalankan bisnis online. Ada banyak metode yang digunakan untuk menjual atau menawarkan barang atau jasa menggunakan internet. Tetapi yang paling umum digunakan dalam menjual barang adalah menggunakan toko website online. Sudah banyak orang yang berhasil menjual produk mereka menggunakan toko online. 

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, Toko Online adalah sarana yang paling tepat untuk menjual produk Anda secara luas. Jika Anda memiliki jasa atau produk bisnis yang unik, Anda dapat langsung mulai menjualnya melalui internet. itu artinya semua orang bisa memulai bisnis secara online. Dan dapat dikatakan, sebenarnya ini sama dengan kita melakukan transaksi jual beli secara tradisional, tetapi kantor atau toko Anda sedang online.

Berikut ini adalah tips atau langkah yang tepat untuk menjalankan bisnis online.
  • Menjalankan bisnis online dengan menggunakan web atau blog. Web atau blog adalah toko Anda, di mana peran toko sangat penting untuk menerima pembeli atau konsumen saat akan mencari dan membeli barang. jadi jika Anda ingin melakukan bisnis online Anda harus memiliki blog atau web untuk menjalankan bisnis online Anda.
  • Bergabung di Media Sosial adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Definisi bisnis online itu sendiri sangat luas sehingga memanfaatkan media sosial untuk promosi produk adalah hal yang paling tepat bagi Anda yang ingin menjual barang di internet secara online.
  • Menggunakan Forum jual beli kemudian memposting produk atau jasa adalah adalah satu pilihan untuk menjalankan bisnis online. 
  • Bergabung dengan marketplace dan membuat toko online disana yang dapat menampilkan berbagai produk Anda

Alasan Integrasi Bisnis Online Dengan Bisnis Online

Ingin sukses?, integrasikan bisnis online dengan bisnis offline Anda. “Kok harus membuka toko offline lagi padahal toko online sudah cukup mapan?”. Seringkali menjadi tanda tanya besar bagi para pebisnis online terutama pemula mengapa seseorang yang sudah sukses dengan toko online-nya dianjurkan untuk mulai memikirkan membuka toko offline. Memang seringkali bisnis online menjadi pilihan karena sistem untuk menjalankannya relatif mudah dan dapat dijalankan dari mana saja serta kapan saja. 

Selain itu, bisnis online dari segi modal, tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, sedangkan untuk produk terkadang pebisnis online tidak harus menyetok produk yang dijualnya terlalu banyak karena sudah tersedia supplier yang siap mengirimkan produk tersebut sesuai permintaan pebisnis online. Bisnis online juga menempati peringkat teratas sebagai pilihan cara memulai bisnis untuk pemula karena tidak membutuhkan lokasi atau tempat usaha yang strategis. Karena untuk berbisnis offline salah satu kunci sukses adalah pemilihan lokasi atau tempat usaha tersebut, semakin strategis lokasinya maka peluang bisnis untuk sukses akan semakin besar, atau setidaknya dikenal oleh banyak orang.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk bisnis online karena dalam sistem bisnis ini, lokasi relatif tidak diperlukan dan yang terpenting adalah bagaimana memaintenance bisnis online agar dikenal masyarakat melalui media online dari mana saja dan kapan saja. Yap…bisnis online memang memiliki keunggulan terutama dari sisi luas wilayah cakupan atau keterjangkauan.

Baca juga: 4 Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Harus Diketahui

Karena bisnis online dapat di akses dari mana saja dan kapan saja, bahkan bisa juga di akses di mancanegara. Tidak hanya itu, pesatnya perkembangan media sosial seakan menjadi angin surga tersendiri bagi bisnis online karena media sosial saat ini menjelma menjadi salah satu kanal untuk membuat bisnis online semakin eksis di masyarakat. Tidak hanya dalam hal promosi, media sosial juga sangat efektif untuk membantu meningkatkan penjualan atau pemasaran, tidak heran jika banyak brand kemudian berlomba-lomba untuk mengoptimasi akun media sosialnya sebagai salah satu media yang potensial. 
Tapi tahukah bahwa memiliki bisnis offline sebagai pengembangan dari bisnis online yang sudah kita bangun juga tidak kalah pentingnya. Karena keberadaan bisnis offline sangat mendukung jika kita berencana untuk tetap eksis dengan bisnis ini hingga di masa yang akan datang. Ada banyak manfaat jika pebisnis memadukan antara bisnis online dan offline.

Untuk alasan itulah mengapa mengintegrasikan bisnis online dengan bisnis offline juga harus mulai dipertimbangkan para pebisnis online, terutama yang sudah mapan. Memang bagi pebisnis yang sudah terbiasa mengoptimasi bisnisnya secara online, untuk memulai bisnis offline tidaklah mudah karena bisnis offline identik dengan harus tesedianya tempat usaha dan stok produk agar terlihat secara langsung oleh konsumen. Tidak hanya itu, dalam hal strategi pemasaran pun untuk memulai toko offline membutuhkan biaya promosi yang tidak sedikit apalagi jika lokasi toko berada di tempat atau daerah yang kurang strategis.

Sehingga konsumen membutuhkan alasan khusus untuk datang ke toko milik kita. Namun apapun itu, mulai memikirkan untuk membuka toko offline dan mengintegrasikan kedua toko tersebut harus masuk dalam rencana bisnis jangka panjang kita, karena ada sebagian masyarakat yang memang masih enggan atau merasa belum percaya untuk berbelanja secara online, atau ada jenis produk atau barang tertentu yang memang harus dibeli secara langsung. Beriku beberapa tips atau mungkin alasan mengapa memadukan bisnis online dengan bisnis offline sangat menunjang kesuksesan bisnis yang kita bangun di masa yang akan datang.

Menjangkau semua kalangan masyarakat

Harus di akui bahwa tidak semua masyarakat Indonesia mengenal dan mahir menggunakan teknologi, karena akses teknologi memang masih sangat terbatas. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa penetrasi belanja online di Indonesia masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Selain masih terbatasnya akses jaringan internet di Indonesia, ada sebagian masyarakat Indonesia yang memang masih kurang percaya dengan produk yang dibeli secara online, atau mungkin memiliki pengalaman buruk ketika berbelanja secara online. 

Untuk alasan inilah mengapa bagi pebisnis perlu untuk mulai mempertimbangkan membuka bisnis secara offline jika sudah memiliki cukup modal, meskipun membuka bisnis offline tidak harus identik memiliki tempat yang berlokasi di kawasan strategis dan memiliki stok barang yang lengkap. Namun yang terpenting produk yang di jual bisa menjangkau semua kalangan masyarakat, baik yang terbiasa berbelanja secara online maupun yang terbiasa belanja secara langsung atau memegang produk yang akan di beli secara langsung.

Dapat meningkatkan kepercayaan konsumen

Toko online pun sebenarnya tetap berpotensi memiliki konsumen yang loyal sekalipun antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu secara langsung, namun tentu saja untuk itu dibutuhkan rasa saling percaya yang tinggi. Yap…kepercayaan dari konsumen memang merupakan salah satu poin penting membangun sebuah bisnis yang sukses terutama untuk bisnis online di mana masih ada sebagian masyarakat yang masih kurang percaya dengan kualitas produk yang di jual secara online. Selain itu, memang ada jenis-jenis produk yang meskipun bisa di jual secara online, namun untuk meminimalisir kesalahan akan lebih baik bila di jual secara langsung. 

Untuk alasan itulah mengapa penting kiranya pebisnis online mulai memikirkan untuk mengintegrasikan bisnis online dengan bisnis offline-nya. Jika dipadukan, maka kedua sistem bisnis ini akan sangat menunjang kesuksesan bisnis online yang sedang di bangun karena mungkin saja setelah berbelanja secara offline dan merasakan manfaat dari produk tersebut, konsumen akan semakin tertarik hingga selanjutnya tidak enggan lagi untuk berbelanja secara online. Selain itu, memiliki alamat bisnis yang jelas membuat konsumen semakin percaya dan tidak ragu lagi untuk berbelanja baik secara online maupun offline.

Membangun hubungan yang lebih intens dengan konsumen

Seperti kata pepatah, sebaik dan sebagus apapun hubungan yang di bangun melalui media online tidak akan mengalahkan hubungan yang terjalin secara langsung atau face to face. Untuk alasan itulah mengapa disarankan bagi pebisnis online untuk mulai memikirkan memulai bisnis offline sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri dengan konsumen, terutama konsumen yang masih enggan berbelanja secara online, dan juga untuk memberikan nilai tambah pelayanan kepada konsumen. 

Setelah beberapa kali bertransaksi baik secara online maupun offline biasanya antara pebisnis dan konsumen akan terjalin hubungan yang lebih intens, dan hal ini akan membuka peluang bagi pebisnis memiliki komunitas khusus yang loyal terhadap produk atau brand-nya. Untuk membuka bisnis offline, tidak harus membeli atau menyewa tempat yang ideal, karena untuk sementara pebisnis bisa menggunakan rumah tinggalnya sebagai toko online. 

Demikianlah tentang pengertian bisnis online dan gambaran cara menjalankan bisnis online serta alasan memadukan bisnis online dengan bisnis offline. Semoga uraian singkat tentang pengertian bisnis online akan membuat Anda lebih mengerti dan punya ide untuk menjual produk melalui internet. Sebenarnya, definisi bisnis online itu sendiri sangat luas. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan penjelasan tentang pengertian bisnis online. Silahkan dibagikan di media sosial kesayangan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel