Pengertian Copywriting Dan Tips Belajar Copywriting

Pengertian copywriting adalah kemampuan seorang pengiklan dalam mengolah kata untuk menghasilkan naskah iklan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan yang dapat menarik perhatian audience atau pembaca kemudian dapat mempengaruhi untuk mengambil tindakan sebagaimana yang diharapkan dan diinginkan dari iklan tersebut. Penulis naskah iklan disebut sebagai copywriter, sedangkan naskah teks iklannya disebut copywriting. Sebenarnya tujuan dari copywriting ini adalah untuk beriklan atau bentuk lain dari pemasaran. Sang copywriter berusaha untuk membuat orang merasa kemudian berpikir kemudian mengajak merespon atau bertindak. Seorang copywriter memiliki gaya penulisan tersendiri tergantung karakternya, tentu saja dengan teknik penulisan yang unik dan enak dibaca mampu menarik para audience untuk melakukan tindakan.

Selain itu para copywriter dengan kecerdikannya mampu mengolah dan merangkai kata-kata yang juga mampu menulis, seperti cerpen, puisi, analisa, penjelasan, pengalaman, bahkan lirik lagu karena memang mereka berbakat di bidang tersebut. Untuk menjadi sang copywriter tidak semua orang dapat melakukannya, karena itu nantinya akan dijabarkan beberapa tips belajar copywriting. Alasannya karena dunia copywriting ini cakupannya sangat luas dalam bidang marketing khususnya dalam dalam dunia periklanan.

Pengertian Copywriting Dan Tips Belajar Copywriting


Dalam bisnis periklanan juga membutuhkan strategi, perencanaan yang matang, perhitungan yang logis dan sebagainya, tentu berbeda dengan dunia seni copywriting yang lebih fokus pada keindahan dalam merangkai kata, konseptual dan kreativitas. Mula-mula menarik perhatian pembacanya kemudian memainkan emosinya, menyakinkan mereka kemudian akhirnya mengarahkan mereka untuk bertindak sebagaimana yang diharapkan dari iklan tersebut.


Tips Belajar Copywriting

Dunia bisnis online terus berkembang pesat, pun demikian dalam hal mempromosikan serta memasarkan produk tersebut karena sudah tersedia banyak media yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satu media yang kerap digunakan para pebisnis online untuk memasarkan serta mempromosikan produknya adalah media sosial. Sampai saat ini, Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan pengguna media sosial terbanyak, dan hampir sebagian besar pengguna internet di Indonesia memiliki akun media sosial, bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari 3 akun media sosial. 

Adapun media sosial yang sangat digandrungi masyarakat di Indonesia adalah Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lainnya. Ada banyak alasan mengapa seseorang bisa memiliki lebih dari satu akun media sosial, dan salah satunya adalah untuk kemudahan berkomunikasi serta membangun jaringan atau networking. Tentu saja untuk alasan tersebut sangat penting bagi bisnis online, karena media sosial adalah channel bisnis yang sangat penting bahkan sebagai pendukung utama kesuksesan sebuah bisnis online.

Copywriting ini sangatlah penting untuk para pelaku pebisnis online. Mungkin banyak orang memilih untuk memulai bisnis online karena relatif lebih mudah dan dapat dikerjakan dari mana saja serta kapan saja, namun layaknya bisnis pada umumnya, dalam bisnis online pun ada tahapan-tahapan yang harus di lalui pebisnis online agar bisnisnya mapan dan memiliki banyak konsumen. Selain itu, pebisnis online harus terus mengupdate dirinya dengan pengetahuan serta teknologi terbaru agar teknik promosi serta memasarkan produk tersebut tidak ketinggalan zaman. 

Baca juga: Tips Bisnis Waralaba Bagi Pemula

Meskipun menggunakan media sosial, dan sudah memiliki jumlah pertemanan atau pun followers yang banyak, namun bukanlah jaminan mereka yang berjumlah banyak tersebut tertarik serta akan menjadi konsumen tetap sebuah toko online. Ternyata ada banyak teknik-teknik baru yang setidaknya harus dikuasai oleh para pebisnis online untuk membantu mendongkrak promosi serta pemasaran produk yang di jual secara online.

Salah satu teknik yang sebenarnya penting di kuasai pebisnis online adalah Copywriting, di mana teknik ini akan mendukung promosi serta penjualan produk dengan cara menyakinkan konsumen bahwa keputusannya berbelanja secara online produk tersebut adalah benar. Copywriting erat hubungannya dengan kemampuan untuk membuat tulisan yang sebenarnya bertujuan untuk mempromosikan atau menjual suatu produk namun di kemas dalam bentuk tulisan yang tidak terbuka secara langsung. 

Diharapkan melalui copywriting ini, konsumen akan merasa terbujuk untuk membeli produk yang diiklankan secara tidak langsung, atau menyetujui bahwa isi tulisan itu benar sehingga mereka harus memiliki produk tersebut. Lantas seberapa sih pengaruh copywriting terhadap penjualan produk? Meski tidak berkaitan secara langsung namun copywriting di akui mampu membuat target market tertarik dengan produk yang di jual bahkan tidak sedikit yang langsung membeli produk tersebut, karenanya teknik membuat copywriting setidaknya yang sederhana sekalipun sangat penting di kuasai pebisnis online. Berikut beberapa tips sederhana untuk belajar copywriting:

Kenali siapa target market bisnis online

Sejak sebelum memulai bisnis, pebisnis online seharusnya sudah memiliki target pasar yang jelas sehingga akan lebih mudah mempromosikan serta memasarkan produk tersebut. Ternyata target market juga sangat penting ketika pebisnis hendak membuat copywriting karena akan membantu untuk mengindentifikasikan gaya tulisan seperti materi seperti apa yang bisa mempengaruhi konsumennya. 

Agar lebih mudah, lakukan riset kecil-kecilan sebelum membuat copywriting agar pebisnis tahu karakteristik dari pasarnya tersebut. Memang tidak mudah, namun proses trial dan error akan sangat membantu pebisnis menemukan pola serta materi yang cocok dan dibutuhkan oleh pasarnya tersebut.

Buatlah headline atau judul yang menarik dan membuat pembaca merasa penasaran

Beberapa survei menyebutkan, sebagian besar pembaca tertarik untuk membaca suatu artikel karena judul yang mampu memancing rasa penasaran, dan sisanya adalah mereka yang memang membutuhkan artikel tersebut. Alasan itulah yang membuat pebisnis harus mempelajari teknik membuat copywriting, terutama memilih headline yang menarik untuk copywriting-nya. Jangan lupa lakukan riset dengan membaca referensi artikel yang banyak bertebaran di media online untuk menentukan headline apa yang cocok untuk copywriting bisnisnya.

Update terus  pengetahuan dengan info-info terbaru agar pembaca semakin tertarik untuk membaca artikel atau tulisan tersebut hingga akhirnya tertarik untuk membeli produk yang di jual karena yakin membutuhkan produk tersebut. Proses ini memang tidak mudah, namun dengan latihan dan terus mencoba, pada akhirnya pebisnis akan menemukan pola yang cocok untuk teknik copywriting bisnisnya kelak.

Berikan konten yang berbobot dan menawarkan solusi yang tepat

Seringkali pembaca merasa kecewa setelah berkunjung ke suatu tulisan namun hanya headline-nya saja yang menarik tapi isinya sangat tidak berbobot serta tidak ada nilai manfaatnya. Untuk alasan itulah, sebaiknya headline yang bombastis harus diiringi isi artikel atau tulisan yang juga berbobot, yang tidak hanya memaparkan secara detail materi yang dijadikan headline tersebut namun juga menawarkan solusi atas berbagai masalah yang mungkin muncul dari materi tersebut. 

Biasanya pada tahap pemberian solusi inilah pebisnis secara halus memasukkan materi produk yang di jual agar pembaca bisa merasakan bahwa menggunakan produk tersebut bisa menjadi jalan keluar dari masalah yang dihadapi. Teknik seperti ini memang tidak mudah, namun latihan dan terus latihan akan membuat pebisnis akan terbiasa membuat copywriting dengan teknik seperti ini.

Gunakan testimoni untuk memperkuat tulisan

Penting bagi pebisnis untuk menyediakan space atau tempat khusus yang akan menampung testimoni dari konsumen loyal yang berbelanja di toko online pebisnis. Tidak hanya bertujuan untuk membuat konsumen lebih percaya dengan kualitas produk dan pelayanan yang diberikan, namun juga sangat bermanfaat untuk mendukung copywriting yang di buat. 

Pilih testimoni yang sesuai dengan materi tulisan yang di buat, selain untuk mendukung tulisan, testimoni bisa dijadikan headline menarik untuk bahan tulisan sehingga sisi emosional dari tulisan tersebut akan muncul ke permukaan dan secara perlahan akan membuat orang lain juga akan sama tergugahnya setelah membaca tulisan tersebut.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pengertian copywriting dan tips belajar copywriting. Semoga artikel sederhana ini memberikan informasi dan wawasan yang bermanfaat bagi Anda. Silahkan dishare di media sosial kesayangan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel