Pentingnya Content Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Online

Pentingnya Content Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Online - Ingin sekali bisnis online yang di bangun sukses dan mendapatkan banyak pengunjung, tapi tidak memiliki anggaran yang cukup untuk pemasaran terutama biaya promosi atas produk yang ingin di jual. Mungkin dahulu, kendala ini terasa sangat sulit untuk dipecahkan, bahkan tidak sedikit pebisnis pemula yang enggan melanjutnya bisnisnya karena terbentur kendala ini, traffic pengunjung yang sedikit dan minim modal untuk biaya promosi. Jangan khawatir karena seiring perkembangan teknologi masalah-masalah seperti itu sesungguhnya sudah memiliki solusi, salah satunya dengan menggunakan Content Marketing sebagai tool atau alat untuk membantu menaikkan omzet penjualan sekaligus membuat sebuah brand atau merek produk dikenal masyarakat luas, dalam hal ini mempromosikan sekaligus memperkenalkan produk tersebut. Sekilas mungkin terlihat mudah untuk membuat content marketing, namun seringkali meskipun sudah sering membuat content marketing bisnis online tidak juga mengalami perubahan.

Pentingnya Content Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Online


Rencanakan untuk membuat konten marketing yang bermanfaat

Tapi sebelum membahas lebih lanjut bagaimana sebuah content marketing dalam rangka membantu mengembangkan bisnis menjadi lebih sukses dan maju, ada baiknya untuk mengenal serta mengetahui lebih dahulu apa itu Content Marketing. Content Marketing memiliki definisi sebagai sebuah strategi pemasaran di mana pebisnis online merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi customer atau pelanggan. 

Dengan kata lain, content marketing memiliki posisi yang cukup penting sebagai salah satu alat untuk mendatangkan pengunjung yang diharapkan akan menjadi konsumen atau pelanggan dari produk yang di jual secara online. Mungkin ada yang masih berpandangan membuat content marketing itu mudah hanya berdasarkan panduan spesifikasi dari produk yang di jual tersebut. Padahal content marketing tidak melulu membahas masalah produk yang di jual, karena masyarakat semakin lama semakin cerdas dan mulai tidak tertarik pada konsep pemasaran yang tembak langsung.

Sudah saatnya pebisnis online menyadari bahwa soft selling akan lebih menarik minat konsumen di bandingkan hard selling yang langsung membeberkan produk yang di jual. Bahkan konsep ini juga berlaku pada marketing secara offline, karena ada beberapa konsumen yang baru tertarik membeli produk tersebut jika sudah merasa nyaman bahkan memiliki hubungan emosional dengan orang yang memasarkan produk tersebut. 

Artinya dalam marketing atau cara memasarkan suatu produk, si pemasar tidak hanya di tuntut untuk memiliki pengetahuan tentang produk yang di jualnya semata, namun mengetahui tools atau alat lainnya untuk mendukung strategi pemasarannya agar konsumen tanpa sadar tertarik untuk membeli produk tersebut. Untuk alasan itulah mengapa content marketing memiliki posisi yang sangat penting dalam sebuah bisnis online, berikut ulasan tipsnya.

Content Marketing bukan hanya berisi konten untuk memasarkan atau menjual produk 

Pertama, ubahkan mindset tentang content marketing, karena untuk memasarkan produk dengan alat ini dibutuhkan lebih dari sekadar keahlian untuk menjual melainkan dibutuhkan kreativitas, terutama kreativitas untuk membuat konten yang edukatif, inspiratif, namun menjual. Selain memang wajib menawarkan atau mengulas tentang produk, namun dalam membuat sebuah content marketing ada poin-poin lain yang terkadang justru lebih memikat konsumen, yaitu content yang bernilai edukasi dan informatif serta tidak mengarahkan atau memaksa penilaian konsumen atas keunggulan dari produk yang di jual. 

Tidak semua pengunjung atau orang yang berpotensi menjadi konsumen adalah seseorang yang benar-benar butuh produk tersebut, ada kalanya pengunjung hanya tertarik membaca content sebagai referensi atau wawasan pengetahuan. Semakin sering datang berkunjung maka brand atau nama toko online tersebut semakin di ingat, hingga suatu saat pengunjung tersebut benar-benar membutuhkan produk tersebut, maka ia akan tahu tujuan mencari produk tersebut. Dunia online yang serba cepat ini semakin mempermudah pendistribusikan content marketing sehingga pengunjung akan cepat mengakses informasi tersebut.


Content Marketing bukan hanya bicara masalah mempromosikan konten

Maksudnya, membuat content marketing memang tidak mudah dan bukan hanya fokus pada promosi, melainkan lebih dari itu. Untuk membuat sebuah content marketing haruslah melalui proses perencanaan untuk membuat konten seperti apa yang dibutuhkan masyarakat. Sekaligus secara tidak langsung mengarahkan pembaca berpikir bahwa produk tersebut adalah solusinya. 

Tentu pada tahap ini, pebisnis harus memiliki wawasan serta pengetahuan yang luas tentang beragam masalah yang mungkin tengah dihadapi masyarakat. Dari paparan beragam masalah ini, akhirnya pebisnis akan menemukan solusi yang tepat untuk ditawarkan kepada calon konsumen. Sampai di sini jika belum memungkinkan, jangan terlebih dahulu memasukkan produk yang di jual sekalipun produk tersebut nyata-nyata sebagai solusi atas masalah tersebut.  

Saat pengunjung merespon kembali secara perlahan barulah masuk pada strategi promosi soft selling untuk membuat content marketing, tidak harus hard selling karena metode soft selling pun bisa membawa konsumen untuk lebih tertarik dengan produk yang di jual. Meskipun terlihat cukup sulit dan membutuhkan kesabaran serta analisis mendalam, namun konten jenis inilah yang akan mengikat konsumen menjadi konsumen loyal yang sudah merasakan manfaat dari produk tersebut. Untuk itulah memang sebelum membuat content marketing dibutuhkan riset dan analisis yang lebih mendalam.

Content Marketing tidak hanya bermanfaat untuk jangka pendek namun juga jangka panjang

Ada satu keuntungan lainnya meggunakan Content Marketing sebagai salah satu ujung tombak memasarkan produk, yaitu ada dua manfaat jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek tentu saja akan terasa manfaat setelah di rilis di media online dan terdeteksi di mesin pencari atau media sosial maka pengunjung akan berdatangan. Namun konten ini juga bermanfaat untuk jangka panjang, bahkan di saat pebisnis tidak lagi mengupdate konten tersebut, konten tetap muncul di mesin pencari dan tetap berpotensi mendatangkan konsumen yang tertarik dengan produk tersebut. 

Apalagi jika konten tersebut ramah SEO, potensi untuk mendatangkan konsumen akan semakin besar, untuk itulah membuat konten pemasaran yang ramah SEO juga tidak kalah pentingnya agar konten bermanfaat untuk jangka panjang.

Saya rasa cukup sekian dulu pembahasan mengenai Pentingnya Content Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Online, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita, silahkan di share.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel