Penyebab Mobil Susah Hidup dan Solusinya

Penyebab mobil susah hidup dan solusinya - Mobil biasanya hanya membutuhkan satu proses starter untuk dapat menyalakannya. Tapi, beberapa mobil, terutama yang sudah tua, sering mengalami masalah mobil susah hidup. Untuk menghidupkan mobil, dibutuhkan dua hingga tiga proses penyalaan meskipun sebelumnya tidak demikian. Tentu saja, ini adalah kondisi yang tidak normal, tentunya kita akan merasa kebingunan mencari penyebab mobil susah hidup tersebut dan berusaha menemukan solusinya. Masalah ini juga agak rumit karena ternyata mobil yang memiliki masalah sulit dihidupkan bukan hanya mobil konvensional, sebagian besar adalah mobil injeksi.

Mungkin bagi Anda yang memiliki mobil dengan mesin diesel sering mengalami mobil yang sulit untuk dihidupkan, tetapi tenang dalam artikel ini kami akan memberi Anda penyebab  mengapa mobil susah untuk dihidupkan serta memberikan solusinya.


Penyebab mobil susah hidup dan solusinya


Terkadang kita marah di pagi hari ketika mobil tidak bisa dinyalakan. Ditambah lagi ketika kita sedang terburu-buru pergi ke kantor. Masalah ini sering terjadi pada sebagian besar pemilik mobil. Biasanya, mobil yang jarang dis service mengalami hal semacam ini. Alih-alih ingin pergi pagi-pagi, Malah terlambat karena mobil yang akan gunakan untuk transportasi sulit dihidupkan.

Penyebab Mobil Susah Hidup dan Solusinya

Secara umum, masalah ini terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator. Namun, itu tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada mesin diesel dan mesin injeksi bensin. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya dan solusinya.

1. Busi Bermasalah

Jika busi bermasalah seperti kotor atau celahnya terlalu besar atau terlalu kencang itu juga dapat menyebabkan mesin menjadi sulit di hidupkan. Cara memeriksanya, tentu saja, Anda harus melepas busi dan perhatikan apakah busi kotor. Untuk mengukur celah busi ini bisa menggunakan pengukur feeler gauge.

Solusinya:
  • Bersihkan Busi
  • Atur celah busi jika longgar
  • Di ganti dengan busi baru

 

2. Tegangan Baterai / Aki kurang

Dalam sistem pengapian, peran busi adalah mengubah energi listrik dengan voltase ribuan volt menjadi percikan api. Ukuran api tentu mempengaruhi bagaimana proses pembakaran pada mesin. Jika api tidak keluar dari busi, mesin akan sulit dihidupkan.

Masalah ini dapat terjadi karena busi mobil kotor dan ada penumpukan kerak, atau karena resistensi busi telah melemah. Ini bisa terjadi jika Anda menggunakan busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil.

Jika saat dinyalakan, motor starter tidak mau berputar atau hanya berputar lambat, mungkin karena tegangan baterai yang kurang. Untuk mengetahuinya, Anda dapat mengukurnya menggunakan voltmeter atau multimeter. Biasanya, aki atau baterai yang sudah lemah akan mengalami hal ini. Jika benar-benar masalah dengan baterai, Anda masih dapat menghidupkan mesin dengan mendorongnya hanya perlu upaya ekstra. 

Steker busi terbuat dari cincin baja yang biasanya tersedia di setiap jenis busi secara default. Fungsi segel ini adalah untuk menutup lubang busi dengan busi.
Ketika segel ini rusak, tekanan kompresi bisa keluar karena kondisinya tidak kencang. Dampaknya mesin yang sulit untuk dihidupkan. Untuk solusi yang cukup mudah, dengan mengganti busi dengan busi baru. Selain itu, pastikan busi yang digunakan juga sesuai dengan spesifikasi mesin Anda.

Solusinya:
  • Mobilnya didorong
  • Aki atau baterai dicash ulang di tukang service
  • Di jumper dengan Aki mobil lain yang masih normal
  • Di ganti dengan aki baru


3. Karburator Banjir / Kotor

Bagi Anda yang memiliki mobil berbahan bakar bensin dengan karburator, biasanya, mesin mobil yang sulit dihidupkan juga disebabkan karburator yang kebanjiran maupun kotor oleh penumpukan kotoran yang terbawa dari tangki bensin. 

Solusinya:
Anda harus membongkar karburator dan menyesuaikan pelampung dan membersihkannya. Jika Anda memiliki masalah, Anda dapat membawanya ke bengkel terdekat.

4. WTS memiliki masalah

Ini terjadi pada mobil dengan sistem injeksi. WTS adalah sensor suhu yang akan mendeteksi kondisi atau suhu mesin. Jika ini bermasalah, itu akan mempengaruhi sistem injeksi di mobil, yang menjadi penyebab mobil susah untuk dihidupkan.

Solusinya:
Anda dapat membawanya ke bengkel terdekat agar dilakukan pengecekan.

5. Pompa Bensin Lemah

Pompa bensin bertugas memompa bensin dari tangki ke karburator. Jika pompa ini sudah lemah, akibatnya, aliran bensin tidak lancar sehingga menyebabkan mobil sulit untuk hidup. 

Solusinya:
Jika pompa bensin lemah atau bahkan mati, maka solusinya adalah Anda harus menggantinya. Namun ada trik untuk mengatasinya. Ketika kunci kontak berada pada posisi "on", pompa bensin tidak berbunyi, memberikan pukulan ringan pada pompa bensin beberapa kali. Biasanya, pompa bensin akan hidup kembali.

6. cincin silinder atau piston yang aus

Cincin piston dan dinding silinder akan selalu bergesekan dengan mesin. Ini karena ring piston berfungsi untuk menutup celah piston dan silinder agar kompresi tetap terjaga. Ketika dua komponen ini bergesekan, maka akan terjadi aus dari cincin atau dari silinder mesin, meskipun gesekan ini jumlahnya sangat kecil tetapi dalam jangka waktu 5 tahun, keausan kedua komponen ini akan dapat terlihat.

Alhasil, saat ada keausan pada dinding silinder, celah cincin piston semakin terbuka. Sehingga tekanan kompresi keluar melalui celah ini dan menyebabkan mobil menjadi sulit untuk dihidupkan terutama di pagi hari. Yang mana yang aus dulu? ini tergantung pada dua bahan komponen. Secara umum, ring piston memiliki bahan yang lebih lunak dari pada silinder sehingga kerusakan pertama kali dialami oleh ring. Tapi mungkin saja dinding  silindernya yang aus.

Solusinya:
 Anda dapat membawanya ke bengkel terdekat agar dilakukan pengecekan.

7. Katup mesin kurang kencang

Setidaknya ada dua katup atau valve dalam satu silinder, fungsinya jelas sebagai pintu masuk udara ke dan dari mesin. Karena terjadi hubungan langsung dengan ruang bakar, kebocoran juga dapat terjadi pada komponen ini.

Biasanya, kebocoran pada katup disebabkan oleh posisi penutupan katup yang tidak benar yang dapat disebabkan oleh kesalahan pemasangan atau karena daun katup dengan dudukan tidak simetris. dapat juga disebabkan katup sudah aus maupun banyak kotoran hasil pembakaran yang menempel. Akibat kebocoran ini, yaitu tekanan kompresi turun. Akibatnya, mobil susah hidup ketika mesin dingin terutama di pagi hari.

Solusinya:
Anda dapat membawanya ke bengkel terdekat agar dilakukan pengecekan dan menyetel ulang katup.

8. Kerusakan packing / paking kepala silinder

Packing adalah plat khusus yang digunakan sebagai penyekat antara blok silinder dan kepala silinder. Fungsi pengemasan ini adalah untuk mencegah kebocoran kompresi dari samping dan mencegah pencampuran oli mesin dan air pendingin.
Jika ada kerusakan pada packing ini, tekanan kompresi akan turun secara otomatis dan akan ada rembesan oli di area celah antara blok silinder dan kepala silinder.
Penyebab packing ini bisa rusak, bisa saja terjadi karena sudah dibongkar. Komponen ini sekali pakai sehingga ketika sudah dibongkar, maka pengepakan tidak berfungsi dengan baik lagi.

Solusinya:
Anda dapat mengganti paking dengan ukuran yang cocok dengan piston mesin mobil Anda.

9. Campuran bensin terlalu tipis

Penyebab lainnya mobil susah hidup adalah terjadi masalah dikarburator. Campuran ideal, akan menghasilkan kinerja mesin yang efisien. Campuran tipis adalah suatu kondisi di mana rasio bahan bakar lebih sedikit ketika bercampur dengan udara yang masuk ke ruang bakar.

Akibatnya, ketika mesin mobil dalam keadaan dingin mengakibatkan sangat sedikit bensin memasuki ruang bakar. Hasilnya adalah mobil akan susah dihidupkan.

Solusinya:
Untuk masalah ini adalah dengan melakukan penyesuaian tuner agar lebih ideal atau jika Anda sengaja menggunakan pengaturan elektronik, Anda harus menggunakan sistem kokas pada karburator sehingga pasokan bahan bakar dapat dimaksimalkan.


Penyebab Lain Mobil Diesel Susah Hidup dan Solusinya

Sebagai tambahan untuk mobil dengan bahan bakar diesel ada sedikit penambahan yang meyebabkan mobil ini susah hidup antara lain sebagai berikut:

10. Glow plug (diesel)

Khusus untuk mesin diesel, glow plug digunakan untuk menghangatkan mesin di ruang bakar sehingga proses awal ketika mesin dingin, maka untuk mncapai suhu ideal operasi mesin dapat berlangsung cepat.

Pada mesin diesel yang menggunakan pembakaran direct injection, suhu pada akhir langkah kompresi menjadi perhatian khusus. Masalahnya adalah, ketika suhu tidak melampaui titik nyala, tidak akan ada pembakaran yang terjadi.

Itu sebabnya, ketika mesin masih dingin busi pijar / glow plug akan dinyalakan, mobil diesel common rail juga memiliki busi pijar yang biasanya pemiliknya tidak tahu karena busi pijar ini beroperasi secara otomatis ketika mesinnya dingin.

Ketika mobil susah dihidupkan, kemungkinan penyebabnya adalah glow plug. 

Solusinya:
Untuk memastikan kita perlu memeriksa rangkaian glow plug menggunakan multimeter. Jika sirkuit terputus, mungkin berasal dari sekring atau kabel yang terputus. Untuk memeriksa kondisi glow plug, Anda perlu membuka komponen ini satu per satu dan mengukurnya menggunakan ohm meter. Jika tidak terhubung maka Anda harus menggantinya.

11. Kurangnya kompresi mesin

Mesin diesel adalah mesin dengan sistem kompresi yang sangat tinggi di ruang bakar menghasilkan suhu pemanasan di atas batas normal titik nyala bahan bakar. Sehingga mampu membakar bahan bakar melalui nozzle pada langkah injeksi / pembakaran.

Jika kepadatan kompresi di ruang bakar mesin tidak memenuhi persyaratan, proses menghidupkan mesin mobil akan sulit. Ini bisa disebabkan oleh

* Ada kebocoran pada klep/katup/valve.
* Ring Piston, Piston dan Silinder liner yang telah aus.
 
Solusinya:
Anda dapat membawanya ke bengkel terdekat agar dilakukan pengecekan dan menyetel.

12. Nozzle Macet

Mesin mobil diesel biasanya susah untuk hidup jika nosel tidak sepenuhnya mengabutkan bahan bakar atau bisa juga karena tekanannya terlalu rendah atau sebaliknya tekanan yang terlalu tinggi. 

Solusinya:
Anda dapat membawanya ke bengkel terdekat agar dilakukan pengecekan dan menyetel.
Pemeriksaan termudah adalah memasang nozzle ke selang di luar kepala silinder atau Deksel untuk melihat hasil penyemprotan. Akan lebih memuaskan jika dicek ke bengkel yang memiliki Nozzle Tester dan ahli dalam bidang ini. Nosel yang buntu/macet harus segera diganti atau dibersihkan.

13. Pompa injeksi

Plunger yang lemah tidak dapat memompa bahan bakar ke nozzle untuk disuntikkan ke ruang pembakaran dengan sempurna. Jika ini terjadi, akan sangat sulit untuk menghidupkan mobil dengan bahan bakar mesin diesel. Jika dipaksa dihidupkan untuk kebutuhan mendesak bisa dipancing dengan bahan bakar diesel, oli mesin, minyak tanah atau bensin (cukup untuk dituangkan ke dalam manifold).
 
Ada 2 cara dalam hal ini

* Buka tutup saringan udara dan tuangkan secukupnya
* Jika ada lubang kecil di manifold, maka bisa menuangkan langsung ke dalamnya tanpa membuka tutup saringan udara

Catatan: Jangan menggunakan metode ini terlalu sering, terutama ketika menggunakan bensin sebagai bahan pemancing, dapat mempercepat kerusakan mesin. 

Solusinya:
Anda dapat membawanya ke bengkel terdekat agar dilakukan pengecekan dan perbaiki pompa injeksi dengan cepat.




Dilihat dari kasus-kasus di atas, gejala-gejala mobil yang susah hidup dapat menunjukkan masalah serius atau bahkan sepele seperti halnya putus sekring. Hanya saja mesin-mesin dengan masalah ini identik dengan masalah berat, untuk memastikan kita perlu melakukan uji kompresi.

Solusinya:
Pengujian kompresi mobil bensin atau diesel berbeda, biasanya dapat dilakukan di bengkel-bengkel besar. Untuk itu, untuk memastikan kondisi inti mesin, sebaiknya dilakukan pengecekan di bengkel terdekat.

Jika pengurangan tekanan kompresi terdeteksi, ini menunjukkan masalah serius. Solusinya harus dibawa ke bengkel untuk proses perbaikan karena kebocoran kompresi terjadi pada komponen inti mesin.

Oleh karena itu disini kami memberikan beberapa tips kepada Anda tentang perbaikan mobil mesin diesel.

  • Periksa kondisi bahan bakar, sebelum membongkar komponen lain Anda harus terlebih dahulu memeriksa tangki bahan bakar apakah ada bahan bakar diesel atau volume bahan bakar telah berkurang dan perlu diisi lagi. Kemudian periksa tekanan bahan bakar, apakah tidak ada penyumbatan yang mempengaruhi pasokan bahan bakar ke ruangan bakar.
  • Periksa sistem kompresi pada mesin diesel Anda. Cara paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah hidupkan mesin diesel perlahan dan kemudian melepaskan rocker arm choke sambil melepaskan putaran engkol mesin, jika dalam keadaan itu mesin masih berputar tanpa ada tekanan balik dari mesin, bisa dipastikan kalau sistem kompresi hilang. jika ini terjadi maka yang perlu kita lakukan adalah membongkar silinder cop dan memeriksa kondisi valve, jika valve rusak maka ganti. Atau jika valve kurang rapat cukup dengan mengampelas sehingga bagian valve dan cop cylinder tidak bocor dan tertutup rapat.
  • Periksa bagian sistem bahan bakar dan nozzle, komponen ini adalah bagian  memasok bahan bakar diesel ke ruang bakar jika salah satu dari ini macet / rusak maka mesin diesel akan susah untuk dihidupkan. 
  • Periksa bagian dalam mesin yaitu melihat kondisi ring piston dan juga cylinder liner / boring, jika ring piston aus maka kompresi akan kecil sehingga mesin diesel akan sulit dihidupkan.

Memperbaiki mesin mobil yang susah hidup tidaklah sesulit yang diduga jika kita sudah memahami sistem atau cara kerja mesin tersebut dan komponen-komponen mesin. Dan yang tidak kalah pentingnya, yaitu perawatan berkala dan cara menggunakan mesin yang memenuhi standar. kadang-kadang ada hal-hal yang sebenarnya sepele tetapi dapat menyebabkan mesin menjadi susah untuk dihidupkan misalnya bahan bakar terlambat diisi penuh sehingga pasokan bahan bakar terhambat dan ini menyebabkan adanya udara dalam pipa bahan bakar. Sehingga bahan bakar tidak dapat mengalir dengan lancar.  Jika ini terjadi, maka cukup longgarkan baut di ujung pipa. Biarkan bahan bakar keluar sedikit untuk menghilangkan udara yang masuk, kemudian kencangkan baut lagi maka mesin siap untuk dihidupkan.

Itu tadi beberapa penyebab mobil susah hidup dan solusinya. Masalah yang sering terjadi adalah busi, karburator dan baterai. Periksalah dulu ketiga komponen tersebut.

Demikianlah sekilas tentang tanda dan penyebab mobil susah hidup, Semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga bisa menambah wawasan otomotif kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel