Tips Bisnis Waralaba Bagi Pemula

Tips bisnis waralaba bagi pemula - Salah satu bisnis rumahan yang berpotensi menciptakan peluang sukses adalah bisnis waralaba. Alasannya karena jenis bisnis ini sudah mempunyai target pasar yang jelas dan sudah terbukti diterima pasar. Tidak mengherankan jika dari waktu ke waktu semakin banyak usaha yang berbasis bisnis waralaba muncul di suatu daerah. Bagi pelaku bisnis pemula, bisnis waralaba ini dianggap sebagai peluang memulai bisnis yang sangat baik, selain karena keuntungan yang akan didapatkan, untuk memulainya dianggap relatif lebih mudah dan cepat. Tidak hanya dipandang sebagai salah satu bisnis yang cocok untuk pemula, bisnis waralaba ternyata cocok juga sebagai bisnis sampingan karena pemilik bisnis tidak memerlukan effort yang terlalu besar untuk memulai dan mengurus bisnisnya. Bahkan begitu dimulai, bisnis waralaba ini dengan mudah didelegasikan kepada orang lain sehingga pebisnis tersebut bisa fokus pada pekerjaan utamanya.

Tips bisnis waralaba bagi pemula


Tertarik Memulai Bisnis Waralaba? Simak Tipsnya Berikut Ini

Sedemikian banyak kemudahan yang ditawarkan bisnis waralaba ini membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis ini, setidaknya sebagai pijakan awal untuk memulai bisnis, tidak heran jika jenis bisnis ini terus berkembang dan merambah ke berbagai bidang kehidupan masyarakat. 

Bisnis waralaba ini nantinya bisa menjadi solusi memulai bisnis yang relatif mapan. Ada banyak jenis bisnis waralaba yang ditawarkan kepada masyarakat, mulai dari beragam kuliner, minimarket, cafe, lembaga kursus, restoran, dan masih banyak lagi yang bisa di pilih masyarakat sesuai kebutuhan. Ada banyak faktor yang membuat bisnis waralaba semakin menarik di mata masyarakat, dan dianggap sebagai salah satu solusi untuk memulai bisnis dengan target pasar yang sudah jelas.

Diantaranya kemudahan dalam menjalankannya, hanya dengan membayar sejumlah dana yang sudah disepakati maka bisnis tersebut sudah bisa di mulai. Pebisnis pemula bahkan tidak perlu repot menyediakan produk serta peralatan untuk memulai bisnis tersebut karena pihak pemilik waralaba sudah menyediakan semuanya secara lengkap. Bahkan juga tersedia layanan untuk memudahkan pebisnis waralaba untuk mempromosikan bisnisnya dengan perkiraan target pasar yang sudah jelas. 

Benarkah memulai bisnis sesimpel dan sepraktis itu? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak karena layaknya bisnis lainnya, bisnis waralaba meskipun secara teknis sudah tersedia lengkap namun tetap saja ada faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan jenis waralaba apa yang cocok untuknya.

Sebelum mengetahui lebih jauh bagaimana memulai bisnis waralaba, ada baiknya kita mengetahui apa itu bisnis waralaba. Dari situs Wikipedia Indonesia disebutkan bahwa bisnis waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk, jasa, maupun layanan, dengan kata lain berbisnis dengan sistem waralaba memungkinkan kita menjual produk atau jasa milik orang lain dengan merek atau brand, sistem, prosedur, atau cara apapun yang digunakan oleh pemilik waralaba tersebut dengan sejumlah persyaratan tertentu yang mengikat keduabelah pihak. 

Di dalam bisnis waralaba ada yang di sebut pemberi waralaba dan penerima waralaba. Pemberi waralaba adalah badan usaha atau perseorangan yang memberikan hak atau pemegang paten atas brand produk atau jasa tersebut. Sedangkan penerima waralaba adalah pelaku bisnis yang menerima hak tersebut atas sejumlah persyaratan tertentu yang sudah di sepakati kedua belah pihak dalam jangka waktu tertentu. Meskipun bisnis ini relatif sudah mapan dan memiliki pasar yang sudah tertarget, bahkan sudah memiliki konsumen loyak selama bertahun-tahun, tetap saja ada faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih jenis waralaba tertentu. Silahkan simak tips bisnis waralaba bagi pemula seperti berikut ini:

Kenali Passion Bisnis Anda

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa ada banyak jenis bisnis waralaba, mulai dari makanan, minuman, cafe, kursus, dan masih banyak lagi. Tentunya tidak semua jenis bisnis waralaba tersebut bisa dipilih meskipun potensi serta peluang membuka bisnis waralaba jenis itu terbuka lebar. Di tengah kegalauan dan kebingungan memilih jenis bisnis waralaba yang cocok untuk dijalankan, ada baiknya untuk introspeksi dan melihat ke dalam hati apa yang menjadi passion atau minat utama kita selama ini. 

Hal ini sangat penting karena untuk jangka panjang sukses dan tidaknya bisnis waralaba yang di bangun tergantung pada kerja keras kita, pemilik waralaba hanyalah membuka peluang namun untuk menentukan hasilnya tetaplah pelaku bisnis itu sendiri. Untuk alasan itulah, penting untuk mempertimbangkan secara matang sebelum menjatuhkan pilihan terhadap jenis bisnis waralaba tertentu.


Potensi jenis bisnis waralaba untuk daerah tersebut

Ingatlah, tidak semua jenis bisnis waralaba cocok dikembangkan di suatu daerah, tergantung karakteristik dan potensi daerah tersebut. Untuk meminimalisir resiko yang mungkin timbul dari bisnis waralaba tersebut, ada baiknya sebelum memutuskan untuk memilih jenis bisnis waralaba, lakukan riset pasar secara kecil-kecilan untuk melihat sejauh mana peluang keberhasilan jika memilih jenis bisnis waralaba tersebut, apakah masyarakat akan merespon bisnis tersebut dengan sejumlah promosi tertentu.

Selain melakukan riset pasar di daerah di mana akan di buka bisnis waralaba tersebut, penting bagi pebisnis untuk mengetahui sudah berapa banyak cabang dari bisnis waralaba tersebut dan bagaimana perkembangan cabang-cabangnya tersebut, apakah berjalan baik atau tidak karena hal ini akan membantu pebisnis melihat sejauh mana potensi bisnis tersebut.

Persiapan modal untuk menjalankan bisnis waralaba

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah besarnya modal yang dialokasikan untuk memulai bisnis waralaba tersebut, ada banyak jenis waralaba yang bisa di pilih sesuai dengan besar modal yang di miliki, mulai dari bisnis waralaba yang bermodal kecil hingga besar. Mungkin saja semakin besar modal yang dibutuhkan, peluang bisnis tersebut juga besar, namun hal tersebut tidak berlaku di semua tempat.

Karena ada bisnis waralaba yang modalnya tidak terlalu besar namun sukses berkembang di daerah tersebut. Untuk itulah, lakukan riset pasar dan analisis apakah jenis bisnis waralaba tersebut potensial untuk berkembang atau peluangnya tidak terlalu besar.

Kenali ketentuan fee dan sistem dari waralaba tersebut

Setiap pemilik bisnis waralaba pasti memiliki standar operasional sendiri dalam menjalankan bisnisnya, terutama dalam hal menjaga nama baik brand-nya. Untuk alasan itulah, penting bagi pebisnis pemula untuk mempelajari secara seksama segala hal tentang bisnis waralaba yang akan di pilih, mulai dari sistem bisnis tersebut hingga fee royalty dari bisnis waralaba tersebut. Hal ini sangat penting agar tidak timbul masalah di kemudian hari yang mungkin saja bisa merugikan pebisnis itu sendiri.

Demikianlah tips mengenai bisnis waralaba untuk pemula sebelum memutuskan jenis bisnis waralaba mana yang akan dipilihnya. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel