Usaha Di Daerah Sepi Yang Menguntungkan

Usaha di daerah sepi - Apakah Anda ingin membuka usaha di darah yang sepi dan tentunya menguntungkan?. Pastikan untuk tidak fokus hanya pada modal dan persiapan saja, Anda juga memastikan potensi di daerah tersebut, kebutuhan dan budaya masyarakat setempat. Ini penting, karena dapat mempengaruhi daya beli, terutama jika produk tersebut dijual setiap hari, seperti makanan siap saji.
 
Usaha di daerah sepi yang menguntungkan
 
 
Alasan logis untuk memilih area yang sepi sebagai bisnis adalah karena tidak ada pesaing atau pesaingnya kurang. Biaya operasional usaha murah, bahan baku melimpah dan dekat. Itu mungkin menjadi alasan Anda untuk berdagang atau membuka usaha daerah sepi, tetapi risikonya adalah bahwa ada lebih sedikit pembeli, hal ini akan sulit mendatangkan keuntungan bagi kita. Mungkin Anda juga mempertimbangkan daerah ramai, saingan ketat, operasi mahal seperti tempat dan pajak. Apalagi dari segi modal, Anda adalah kelas modal rendah, tentu tidak cocok. hal itu mungkin menjadi alasannya. Sekarang yang tersisa adalah bagaimana menganalisis peluang bisnis di daerah yang sepi yang akan digunakan sebagai tempat bisnis namun tetap menguntungkan.
 
Perlu di ingat sebelum memulai usaha berikut ini yang nantinya akan saya jabarkan ada baiknya memilih sesuai pasion dan modal serta kondis daerah Anda. Baiklah langsung saja berikut ulasan usaha di daerah sepi yang bisa Anda lakukan dan menguntungkan:
 

Memelihara Ayam Kampung 

Ayam kampung adalah jenis daging yang tidak diganti dengan ayam potong. Kualitas gizi dan lezatnya daging ayam asli membuat konsumsi ayam kampung menjadi kebutuhan yang terus meningkat saat ini. Memelihara ayam kampung untuk konsumsi restoran akan menjadikannya peluang bisnis usaha di daerah sepi yang layak Anda kembangkan. Modal besar yang Anda miliki adalah tanah di desa yang masih cukup luas.
 
Hanya masyarakat desa yang benar-benar memiliki potensi untuk mengembangkan usaha ini karena tempatnya sepi dan ketersediaan bahan makanan melimpah. Selain itu, usaha ayam kampung ini ini juga akan memberikan jaminan gizi bagi keluarga Anda sendiri karena mengkonsumsi ayam yang dipelihara sendiri tentu jauh lebih murah daripada harus menghabiskan uang untuk belanja dan makan di restoran.
 
Ternak ayam kampung di desa yang sepi dan terpencil juga sebagian besar sangat sukses. Karena permintaan tinggi sekarang adalah daging ayam. Ayam kampung terkenal dengan dagingnya yang lezat dan gurih, sehingga sangat dibutuhkan oleh banyak restoran dan konsumen di desa hingga kota. Jika Anda berhasil memasok ayam kampung, maka tentu saja pundi-pundi uang akan masuk ke saku Anda dengan cepat.
 

Ternak bebek 

Kebutuhan daging bebek sekarang juga banyak diminati di kalangan masyarakat. Anda dapat menggunakan memafaatkan kebutuhan ini sebagai peluang bisnis di daerah yang sunyi. Daerah pedesaan yang sepi sangat cocok untuk memelihara bebek karena pakan yang berlimpah dan lingkungan yang kondusif. untuk pakan biasanya banyak tersedia saat musim panen padi disawah telah usai.
 
Di lingkungan yang cenderung indah, bebek akan dapat dikawinkan lebih mudah. Anda bahkan dapat dengan bebas melepaskan bebek ke daerah sungai sampai sawah mengingat pedesaan yang luas. Jadi, bebek yang dipelihara juga tidak stres sehingga dagingnya bisa berkualitas baik.
 
Jika Anda dapat menyuplai kebutuhan daging bebek di berbagai warung dan restoran maka tentu usaha ini akan sangat menguntungkan.
 

Ternak ayam potong 

Untuk usaha ayam potong memang membutuhkan modal yang cukup besar. namun jika Anda memiliki kandang di daerah yang sunyi maka Anda dapat menawarkan kerjasama dengan perusahaan mitra yang dapat menyediakan anak ayam / DOC beserta pakan dan vitaminnya.
 
Dalam pemenuhan nutrisi ayam potong harus memperhatikan kandungan dalam pakan. Hal ini bertujuan agar ayam yang dihasilkan lebih sehat dan memiliki berat badan yang ideal. Pilih makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak. Kebutuhan akan daging ayam potong sangat tinggi terutama saat momen-momen tertentu seperti saat hari raya, pesta pernikahan dll. Peluang usaha ternak ayam potong umumnya memang di kembangkan di daerah sepi karena perilaku dan sifat ayam tersebut sangat cocok dan menyukainya.
 

Ternak ayam petelur 

Bukan hanya daging ayam yang dibutuhkan masyarakat tetapi juga telur sangat dibutuhkan. Anda dapat memulai usaha ini dengan beberapa puluh ayam terlebih dahulu. Untuk masalah pakan dapat menggunakan jagung dari petani yang diperoleh dengan harga yang cukup murah. Harap dicatat bahwa bahwa kebutuhan telur setiap hari sangat besar, mengingat telur adalah makanan lezat dengan protein tinggi. Tidak mengherankan, ayam petelur bisa menjadi jawaban untuk peluang bisnis di daerah yang sepi.
 
Ayam petelur termasuk dalam komoditas ternak yang cukup populer di masyarakat. Selain harga telur yang cukup mahal, cara membudidayakan ayam petelur juga cukup mudah dan mudah dilakukan. Secara umum, ayam petelur adalah ayam yang tujuannya adalah untuk menghasilkan telur. Jika dihitung rata-rata, ayam petelur dapat menghasilkan 200 telur per tahun. Berbeda dengan ayam potong yang tujuan utamanya adalah mengambil daging. 
 

Ternak ikan lele 

Berbagai jenis masakan ikan lele seperti lele bakar, lele penyet dan menu lele lainnya memang enak. Namun ada banyak penjual yang kesulitan mendapatkan ikan lele. Jika Anda memiliki tanah di belakang atau depan rumah kosong, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk beternak ikan lele.
 
Ikan lele mudah dibudidayakan dengan tingkat kegagalan yang kecil. di ibukota sudah  banyak yang membudidayakannya karena hanya membutuhkan kolam dan benih lele. terlebih lagi di desa yang memiliki lahan yang luas tentu lebih potensial lagi untuk dikembangkan. Pakan lele juga mudah ditemukan di desa-desa terpencil dan sepi.
 
Pekerjaan Anda hanya berfokus pada cara memelihara induk ikan lele untuk bertelur dan menghasilkan ribuan benih. Setelah itu Anda hanya perlu menyediakan makanan khusus seperti cacing sutra agar benih tumbuh hingga ukuran tubuh tertentu. Tidak perlu repot karena pembeli dan peternak pembesaran ikan lele akan datang ke rumah Anda untuk membelinya.
 
Keuntungan dari ikan lele adalah, jenis ikan yang dapat bertahan bahkan dalam kondisi air yang keruh. Budidaya ikan lele tidak hanya mudah dijual karena banyaknya restoran yang menyajikan ikan lele sebagai menu masakan tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Hal tersebut merupakan jenis usaha yang menguntungkan di daerah yang sepi. 
 

Usaha telur asin 

Variasi makanan dengan saus telur asin kini menjadi tren di kota-kota. Anda dapat memasok telur asin ke kota-kota dan mengembangkan usaha ini di daerah sunyi seperti di desa. Dengan telur bebek berkualitas dan cara pengasinan yang tepat, Anda dapat yakin bahwa telur Anda akan laris manis di kota. Anda juga masih dapat memenuhi kebutuhan telur asin di pedesaan daerah Anda dengan menitipkannya di warung dan toko makanan.
 
 
Kandungan utama telur asin adalah lemak, protein, dan karbohidrat. Protein dalam telur asin ini cukup tinggi sekitar 9 gram / butir, diikuti 9,6 gram lemak dan 1 gram karbohidrat.  Proses pembuatan telur asin juga tidak terlalu sulit. Bahan utama untuk membuat telur asin adalah telur bebek, abu gosok, dan garam dapur. Ada juga cara membuat telur asin dengan merendam telur dalam air garam selama 1-2 minggu.
 

Beternak kroto 

Bagi Anda yang suka beternak, Anda dapat mencoba usaha budidaya Kroto. Kroto adalah semut rangrang dengan harga per kilogram telur semut sangat mahal, karena keberadaannya di alam jarang ditemukan. Sedangkan kebutuhan telur semut kroto sangat tinggi, seperti untuk pakan ikan dan burung. Harga telur kroto untuk pakan burung berkisar antara 150 ribu rupiah per kilo gram.
 
Cara membiakkan kroto biasanya dilakukan dengan membuat rak, lalu menyediakan toples untuk meletakkan tempat. Biasanya dalam satu toples bisa menghasilkan sekitar 1 hingga 2 ons. Untuk masa panen, kroto sekitar 15-20 hari, dan itu tergantung pada bagaimana Anda merawatnya. Semakin banyak guci yang Anda buat, tentu saja jumlah panen bisa lebih banyak lagi.
 

Usaha Jamur tiram 

Ada banyak jenis jamur tiram (Pleurotus ostreatus), mulai dari abu-abu, tiram putih, coklat dan emas. Masing-masing tentu memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, jamur tiram sekarang tidak lagi menjadi bisnis asing di telinga. Kebutuhan jamur tiram selalu tinggi karena disukai semua orang. Bahkan kreasi makanan dari bahan-bahan jamur ini juga semakin meningkat.
 
Dengan memiliki halaman belakang yang tidak terpakai dapat menjadi tempat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis jamur tiram. Tidak perlu lahan besar karena bisnis jamur tiram hanya bisa dengan lahan kecil. Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar karena Anda hanya membutuhkan media tanam yang tepat dan juga bibit jamur.
 

Ternak Kambing 

Usaha peternakan kambing saat ini masih banyak menganggapnya bisnis sampingan dan dilakukan secara tradisional. Ini sangat disayangkan, mengingat peluang bisnis ternak kambing masih terbuka lebar dan sangat menguntungkan. 
 
Aqiqah dan qurban adalah kewajiban yang harus dipenuhi bagi umat muslim. Untuk itu, kambing bisa menjadi peluang besar. Ternak kambing sebenarnya lebih mudah daripada sapi. Selain itu, modal yang dihabiskan juga tidak semahal ternak lainnya. 
 

Ternak sapi 

Usaha ternak ayam dan bebek sudah terlalu umum, jadi Anda juga bisa membuat beternak sapi. Tentu saja, untuk usaha sapi potong ini membutuhkan modal besar. Namun, tentu saja pemasukannya sangat potensial. Memelihara sapi potong di daerah pedesaan yang sepi  akan dapat memberikan manfaat yang besar bagi Anda. Anda bisa dengan bebas mendapatkan rumput sebagai makanan sapi. Rumputnya pun pasti segar mengingat bahwa di pedesaan tidak terlalu tercemasi polusi.
 
Bisnis peternakan sapi sendiri bukanlah bisnis ternak yang menjanjikan dengan modal kecil dan menguntungkan dalam waktu singkat. Usaha ini membutuhkan kesabaran dan waktu yang agak lama.
 

Pertanian organik / hidroponok 

Jika pertanian biasa terlihat kurang istimewa, lalu bagaimana jika Anda masuk ke dunia pertanian organik? Saat ini makanan organik memang sedang dicari untuk tujuan kesehatan. Harga bahan organik ini lebih tinggi dari biasanya. Dengan kesuburan tanah desa dan masih relatif terlindung dari kontaminasi bahan kimia, pertanian organik sangat mungkin dikembangkan di desa tersebut. Harga sayuran organik jauh lebih tinggi daripada sayuran biasa.
 
Jika harga yang dijual di pasar sangat tinggi, maka itu bisa menjadi peluang bisnis potensial di daerah sepi. Anda dapat memasok ke beberapa supermarket di kota, mengingat kebutuhan kota akan bahan organik sangat besar. Pertanian organik sangat cocok di daerah pedesaan yang sunyi mengingat jauh dari polusi, lahannya subur dan dapat dirawat dengan baik. Dengan kualitas yang baik, tentunya Anda akan dipercaya sebagai pemasok untuk berbagai toko dan supermarket organik.
 

Membeli hasil pertanian 

Pertanian adalah bisnis terkuat di pedesaan. Namun, banyak petani kesulitan menjual hasil panen mereka. Anda juga bisa menjadi pengumpul untuk membeli pertanian dari petani. Untuk mendapat untung, Anda bisa menjualnya ke kota besar dengan sistem kerja sama.
 
Itulah beberapa usaha di daerah sepi yang menguntungkan bisa Anda jalankan dengan berbagai macam pertimbangan. Anda sebagai pelaku bisnis harus lebih spesifik dalam menganalisis tempat bisnis dan juga strategi yang cocok untuk dijalankan. Apa pun usahanya, juga istiqomah, Allah akan membukakan pintu rezeki, meskipun bisnis di daerah itu sepi dan jarang penduduknya. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel