Usaha Di Usia Tua Setelah Pensiun - Ini Tipsnya

Kemungkinan ada diantara Anda yang bertanya, apakah sudah terlambat saat kita memulai sebuah usaha di usia tua?. Anda jangan khawatir karena tidak ada istilah terlambat dalam memulai sebuah bisnis apatah lagi bagi Anda yang baru ingin memulai usaha setelah pensiun. Tentunya jiwa kerja masih semangat dan dukungan modal tabungan juga sudah siap. Mungkin juga ada diantara Anda yang memiliki impian menjadi pengusaha disaat usia masih muda, atau pun Anda sudah pernah mencobanya namun keberuntungan belum juga berpihak kepada Anda. Kemudian berhenti untuk memulai kembali setelah kegagalan tersebut dan mengurungkan niatnya disaat modal sudah terkumpul kembali baru ingin memulai usahanya kembali namun usia sudah mulai tua. Mungkin menurut anggapan sebagian orang memasuki usia pensiun, saatnya orang tersebut beristirahat dari segala rutinitas yang selama belasan bahkan puluhan tahun dilakukan secara terus-menerus.

Usaha Di Usia Tua Setelah Pensiun - Ini Tipsnya


Tapi Ternyata tidak semua pensiunan berpikiran seperti itu, karena ada sebagian pensiunan yang justru merasa sangat tidak nyaman karena tidak lagi memiliki aktivitas.  Terkadang memasuki seseorang yang memasuki usia pensiun tidak hanya mengalami masalah psikologis, namun juga kerap mengalami masalah finansial dan terutama kesehatan yang semakin menurun. Inilah yang menjadi alasan mengapa setiap pekerja yang masih aktif bekerja selalu diingatkan untuk mempersiapkan diri menjelang memasuki usia pensiun nanti.

Terutama persiapan finansial karena saat usia pensiun seorang pekerja tidak lagi memiliki pendapatan tetap seperti saat aktif bekerja dahulu. Persiapan finansial saat memasuki usia pensiun sesungguhnya sangat mutlak diperlukan agar tetap menjadi seorang sosok pensiunan yang mandiri meskipun sudah tidak memiliki pendapatan tetap lagi. Selain untuk mencukup kebutuhan sehari-hari saat memasuki usia pensiun, persiapan secara finansial bisa membantu seorang pensiunan tetap aktif beraktivitas dengan memulai bisnis sendiri.

Ada banyak cara mengisi waktu di usia tua setelah pensiun salah satunya berbisnis

Sebelum membahas bagaimana sih cara atau tips untuk memulai bisnis saat memasuki usia pensiun. Ada baiknya kita sedikit membahas mengapa persiapan finansial saat memasuki usia pensiun menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Hal penting pertama adalah agar setelah memasuki usia pensiun, seseorang tetap menjadi sosok yang mandiri, yang tidak bergantung pada orang lain terutama anak-anak, baik dalam hidup sehari-hari maupun untuk mengatasi masalah kesehatan di mana saat memasuki usia pensiun, seseorang kerap di dera berbagai masalah kesehatan. 

    Tips Usaha Di Usia Tua Setelah Pensiun :
  1. Lakukan riset pasar untuk melihat peluang
  2. Sesuaikan peluang bisnis dengan keahlian yang dimiliki
  3. Tekuni hobi sebagai peluang bisnis
  4. Fokus pada Tujuan

Selain itu, persiapan finansial saat memasuki usia pensiun secara tidak langsung akan menaikkan angka harapan hidup bagi lanjut usia (lansia). Karena tidak lagi terbebani masalah untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan anak-anak yang sudah dewasa sudah memiliki pekerjaan sendiri untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Sehingga saat pensiun seseorang bisa melakukan berbagai aktivitas/hobi yang sudah tidak bisa dilakukan karena kesibukan mencari nafkah. Persiapan finansial saat memasuki usia pensiun memungkinkan seseorang mengalami kebebasan finansial, sehingga tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari.

Persiapan finansial yang cukup juga berpotensi membuka peluang bagi pensiunan untuk memulai bisnis sebagai salah satu cara agar tetap aktif beraktivitas. Namun tentu saja saat memasuki usia pensiun, kondisi kesehatan tubuh sudah tidak sama lagi dengan saat usia masih produktif. Sehingga untuk memulai bisnis tetap ada rambu-rambu tertentu agar tidak membahayakan kesehatan pensiunan. Manfaat positif memulai bisnis saat memasuki usia pensiun tetap ada, diantaranya mampu menyalurkan pikiran ke dalam suatu bentuk aktivitas yang positif serta membantu mengatasi rasa bosan yang kerap melanda pensiunan setelah tidak lagi aktif beraktivitas. 

Namun, tidak semua jenis bisnis cocok dengan pensiunan, selain tenaga serta pikiran yang tercurah untuk mengurus bisnis tersebut tidaklah seprima seseorang yang memulai bisnis saat usia muda, terkadang pensiunan sudah tidak lagi mampu mengikuti tren saat sedang booming saat ini. Untuk alasan itulah, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu seseorang yang memasuki usia pensiun untuk memulai bisnis.

Lakukan riset pasar untuk melihat peluang

Terkadang untuk alasan kenyamanan, saat memasuki usia pensiun seseorang memutuskan untuk pindah atau kembali ke kota asal. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak semua kota di Indonesia ramah terhadap kaum pensiunan, terutama kota-kota besar yang identik dengan aktivitas yang selalu berdenyut setiap hari hingga larut malam. Untuk alasan itulah mengapa saat memasuki usia pensiun seseorang memutuskan untuk kembali ke kota asal atau pindah ke kota lain yang relatif lebih mengakomodasi aktivitas para pensiunan. 

Namun, memutuskan tinggal di manapun ada baiknya saat berencana untuk memulai bisnis, lakukan riset setidaknya riset kecil-kecilan untuk membuat list peluang dan potensi apa saja yang ada di daerah tersebut. Setelah melakukan riset dan membuat daftar peluang apa saja yang ada di sekitar daerah tersebut, pilihlah yang benar-benar mampu di jalani untuk mengisi waktu luang di usia yang sudah tidak mudah lagi. Selain itu, penting untuk dipertimbangkan berapa modal yang dialokasikan untuk memulai bisnis tersebut, pilihlah jenis usaha atau bisnis yang sesuai dengan modal agar tidak menganggu pos keuangan lainnya karena saat usia pensiun, seseorang sudah tidak lagi mendapatkan penghasilan tetap.


Sesuaikan peluang bisnis dengan keahlian atau skill yang dimiliki

Riset sudah dilakukan, peluang bisnis sudah di dapat, lalu apa langkah selanjutnya? Meskipun tidak harus mutlak dilakukan, namun ada baiknya sebelum memulai bisnis yang sudah di pilih tersebut pertimbangkan apakah bisnis tersebut bisa di topang skill atau keahlian yang dimiliki, atau bisa saja memulai bisnis yang sesuai dengan keahlian tersebut.  Karena relatif minim modal dan tidak perlu belajar lagi untuk mengupdate pengetahuan tentang sebuah bisnis. 

Memang, tidak semua orang beruntung memiliki skill atau keahlian yang spesifik dan sangat dibutuhkan orang lain sehingga bisa dijadikan peluang memulai bisnis sendiri, namun pengalaman selama bekerja berpuluh tahun di perusahaan bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis jasa tertentu, misalnya seorang pensiunan sudah bekerja puluhan tahun di perusahaan ekspor dan impor, saat pensiun bisa membuka bisnis atau usaha jasa konsultan untuk masalah ekspor dan impor. Pendek kata, ada baiknya saat memasuki usia pensiun memulai bisnis yang relatif tidak membutuhkan alokasi tenaga dan pikiran yang terlalu menghabiskan energi, karena itu memilih peluang bisnis sesuai skill atau keahlian adalah pilihan yang tepat.

Tekuni hobi sebagai peluang bisnis

Kini saatnya pensiunan menoleh kembali dengan hobi lama yang nyaris tidak pernah dilakukan karena kesibukan bekerja selama puluhan tahun. Setelah pensiun dan memiliki banyak waktu luang merupakan kesempatan baik untuk menekuni hobi yang lama terpendam, apalagi jika kondisi tubuh masih sehat dan masih bisa berkativitas. Misalnya, hobi berkebun, mulailah untuk menekuni hobi lama tersebut dan secara perlahan carilah peluang bisnis dari hobi tersebut. Setidaknya ada manfaat jika memulai bisnis dari hobi, yaitu pensiunan akan lebih enjoy atau menikmati bisnis tersebut karena sesuai dengan passion atau hobinya, dan yang kedua bisa menyalurkan energi ke hal-hal yang positif yang akhirnya akan membuat pensiunan merasa lebih sehat.

Fokus pada Tujuan

Sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis, Anda perlu mengetahui satu hal jika setiap bisnis pasti mengalami masa-masa sulit yang harus dihadapi. Yang penting adalah menanamkan pikiran jika sebenarnya sebuah bisnis adalah proses di mana ada waktu ketika bisnis Anda menjadi sukses dan berkembang, tetapi juga ada waktu yang sulit dan sering membuat Anda putus asa. Jika yang datang adalah waktu yang sulit, maka cobalah untuk mengingat tujuan awalnya Anda membangun usaha. 

Anda mulai berbisnis dan menjadi pengusaha sembari meyakini bahwa badai pasti akan berlalu. Anda dapat memikirkan berbagai ide bagus untuk mengembangkan bisnis yang sedang mengalami kesulitan. Jangan biarkan halangan kecil menghalangi atau bahkan menghentikan Anda menjadi pengusaha yang akan merugikan Anda karena sudah berjalan di tengah jalan dan modal juga telah banyak dikucurkan. Tetaplah fokus untuk mencapai tujuan dari usaha Anda.

Semoga informasi mengenai tips memulai usaha di usia tua setelah pensiun dapat menginspirasi Anda untuk segera memulai bisnis sendiri sehingga Anda bisa mempersiapkan usia tua yang lebih matang. Silahkan di bagikan di sosial media kesayangan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel