Fungsi Piston Ring Compressor

Fungsi Piston Ring Compressor - Mungkin Anda sedang betanya-tanya untuk apasih kegunaan atau fungsi piston ring yang sedang menempel di kepala piston. Baik itu piston pada mobil mesin diesel maupun mobil berbahan bakar bensin, atau pada kendaraan sepada motor. Sesuai dengan namanya piston ring compressor Anda mungkin sudah bisa menebak fungsinya yaitu untuk mengkompres. Namun, selain itu masih ada fungsi yang lainnya yang akan kami bahas pada artikel ini. Piston ring atau ring piston ini sebenarnya ada 3 jenis yaitu cincin atas, cincin tengah, dan cincin bawah tapi dibedakan menjadi dua pengertian yaitu Ring Kompresi dan Ring Oli. Kami menyebutkan Ring dalam dua bahasa karena tentu bahasa dalam otomotif itu banyak, ada yang menyebut ring ada juga yang menyebutnya cincin namun artinya sama saja. Pemasangannya pun sama-sama di piston atau torak.

Fungsi Piston Ring Compressor


Maksud pemasangan dari cincin torak adalah untuk mempermudahkan sistem kerja torak atau piston tersebut karena sistem compressor udara sangat bergantung pada komponen ini. Anda bingung?  ayo lanjutkan sahabat otomotif bacalah dengan seksama penjelasan di bawah ini, Kami akan menjelaskan secara luas dan jelas.

Pengertian Piston Ring Compressor

Piston ring compressor merupakan sebuah komponen yang terletak di atas cincin oli. Yang terbuat dari logam dengan karakter yaitu tahan panas dan kuat supaya bisa melakukan langka usaha. Kalo di dalam tipe 3 jenis cincin, tipe jenis ini terletak di bagian paling atas. Fungsi Ring Kompresi itu untuk apa? Coba anda lihat kata compressor, ya benar berarti fungsinya untuk membantu langka kompresi. Tapi bukan hanya membantu langka kompresi saja. Setidaknya ada 3 fungsi dari ring kompresi. Berikut  keguaan dari ring piston.

Fungsi Piston Ring Compressor

1. Berfungsi membantu torak melakukan langka kompresi, sehingga tekanan yang dihasilkan dan kerapatan udara maksimal dan berkualitas tinggi. Kenapa dinamakan kompresi? Terlintas dipikiran anda. Ayo saya akan menjelaskan secara rinci, Jadi begini. Ada dua jenis mesin mobil ada 2 tak dan 4 tak. Saya akan menjelaskan 4 tak karena merupakan generasi terbaru. 

Pada waktu piston melakukan langka ke 2 yaitu langka kompresi. Yaitu langka piston yang bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas) sehingga udara dan bahan bakar yang masuk pada langka sebelumnya yaitu langka hisap. Udara dan bahan bakar itu ditekan dengan kecepatan tinggi sampai menjadi tekanan super kuat. Untuk melakukan hal tersebut torak tidak bisa melakukan sendiri dia harus dibantu dengan cincin kompresi supaya udara tidak keluar dari jalur . Jadi begini sahabat, kalo bagian ini mempunyai sedikit saja lubang, maka akan menyebabkan kebocoran pada saat langka kompresi. Udara dan bahan bakar itu tidak akan menjadi tekanan yang berkualitas sehingga gaya gerak yang dihasilkan tidak sempurna (pelan).

2. Fungsi yang berikutnya yaitu membantu langka usaha, pada waktu komponen piston bergerak dari TMA ke TMB. Tekanan yang dihasilkan dari langka kompresi akan menjadi ledakan kenapa? Tekanan besar itu akan dinyalakan percikan bunga api. Kejadian ledakan akan terjadi kemudian berfungsi mendorong piston ke TMB. Pada waktu itu cincin menutup rapat untuk menerima ledakan sangat hebat.

3. Fungsi ring piston selanjutnya supaya mencegah kebocoran udara yang bercampur bahan bakar serta mengalirkan panas dari torak ke silinder. Sampai di sini mengertikan ? ya bagus kalo sudah mengerti, kalo tidak tolong dibaca lagi ya. Karena penjelasan saya sudah sangat rinci kecuali yang ketiga ini. Penjelasan dari nomer 3 ini seperti cerita berikut ini.

Kamu punya masalah coba ceritakan kepada saya sehingga beban yang kamu rasakan menjadi lebih ringan. Cerita tersebut seperti torak yang harus mengalirkan panas ke silinder supaya tidak menyebabkan kerusakan. 


Khusus Nomer 3. Kami sarankan ini adalah fungsi asli sebuah ring. Tapi, perlu diingat, Kami tidak begitu tahu seharusnya ring kompresi atau oli, jadi kalo anda mempunyai tugas tidak usah ditulis Nomer 3. Fungsi Cincin kompresi mempunyai satu fungsi wajib yaitu membantu mengkompresikan udara dan bahan bakar pada langka kompresi. Tapi Kami tambahkan 2 fungsi lagi beerikut ini pada ring oli.

Pengertian Ring Oli

Dulu saat saya pertama mendengar nama Cincin Oli atau ring oli? Saya berpikir Memang cincinnya terbuat dari oli?? Tapi ketika guru menerangkan tenyata salah besar. Pengertiannya begini, pada cincin tipe ini mempunyai cincin lain atau sub cincin yang berada di piston. Ring Oli adalah komponen mobil yang berfungsi untuk mengatur oli pada torak. Yang memiliki cincin lagi didalamnya yang terletak di bagian paling bawah ring kompresi.

Fungsi Ring Oli

1. Fungsi pertama untuk membentuk atau mengolesi oli pada dinding silinder supaya tidak kering dan panas. Pada saat piston naik, ring tipe ini akan membuat dan mengolesi dinding silinder dengan pelumas atau oli yang tipis supaya tidak aus. Penjelasannya begini sahabat, Pada saat anda gosokkan kedua tangan dengan cepat dalam waktu yang lama maka akan terasa panas. Jika digosokan 5 jam tanpa henti mungkin tangan akan sakit. Sama seperti mesin. Bedanya kalo mesin besi, jadi oleh sebab itu dinding silinder harus diolesi pelumas supaya tidak rusak.

2.Berfungsi untuk mengikis oli, pada saat silinder kelebihan oli karena nomer pertama. Komponen ini akan membantu untuk menghilangkan sedikit oli supaya tidak berlebihan. Ada pepatah bijak berkata : jika kelebihan dan kekurangan itu tidak akan baik. Secara singkatnya fungsi ring oli adalah untuk mengikis dan mengolesi oli pada dinding silinder supaya dapat memberikan kinerja piston dengan maksimal.

Ingat pemasangan ke 3 ring piston ini tidak boleh terbalik dan untuk memasangnya di silinder juga membutuhkan alat khusus yaitu piston ring compressor tools. Yang bentuknya mirip tabung silinder tanpa tutup dan alas menggunakan kunci L untuk adjustingnya.

Sampai di sini adalah babak final, anda sudah mengerti atau belum? Semoga saja sudah paham semua. Tujuan Kami supaya orang-orang dapat mengerti artikel yang Kami tulis. Terima kasih semoga bermanfaat, dan silahkan dibagikan di sosial media kesayangan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel