Gambar Blok Silinder Mobil Dan Fungsinya

Gambar Blok Silinder Mobil - Kalau berbicara mengenai pasti tidak akan kunjung selesai bukan. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai gambar blok silinder pada mobil dan fungsinya. Blok silinder adalah komponen utama pada mesin mobil, dimana jantung mekanisme-mekanisme mesin mobil bekerja yang saling mendukung satu sama lainnya. Fungsi blok silinder ini sangatlah banyak, nanti kami akan hanya menjelaskan 9 fungsi blok silinder saja. Kontruksi blok silinder juga berbeda-beda tergantung jumlah silindernya, susunan silindernya, letak camshaft, meksnisme katupnya, dan juga tergantung dudukan mesin dan bahan pembuatannya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat contoh gambar blok silinder mobil di bawah ini.

Berikut ini adalah gambar blok silinder mobil diesel 6 silinder In-Line type

Gambar Blok Silinder Mobil Dan Fungsinya


Nah sedangkan gambar berikut ini adalah gambar blok silender mobil 8 silinder V-type

Gambar Blok Silinder Mobil


Gimana sudah mengerti kan mengenai gambar blok silender itu kayak gimana?. Selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi blok silinder untuk apaan sih? tetap lanjutkan bacaan sampai tuntas.

Fungsi Blok Silinder Mobil

Otomotif itu adalah ilmu yang berkembang yang akan terus maju seiring zaman. Anda pasti sering melihat mobil yang melaju dengan cepat? Nah, di dalam kendaraan itu ada yang namanya blok silinder. Atau dalam bahasa Inggrisnya Cylinder block. Di dalam blok silinder juga mempunyai sedikitnya 9 komponen. Anda sendiri ingin mempelajari ilmu ini karena penting bukan? Sangat penting, Setidaknya ada 9 fungsi dari blok silinder ini kalo kami bedah lebih dalam lagi, kemungkinan besar akan memiliki banyak sekali fungsinya. Sengaja kami tulis 9 fungsi saja karena menurut anggapan kami sudah sangat lengkap dan mudah dipahami oleh anda.

Dan Artikel ini juga kami rangkum dari banyak fungsi. Menjadi beberapa saja. Ya kita mulai saja, apakah anda sudah siap? Harus siap.

1.Sebagai Tempat Sistem Pembakaran Dan Kompresi.

Pandangan anda melihat sebuah mobil berjalan bagaimana? Ya, mungkin biasa-biasa saja bukan? Tapi pernah tidak anda berpikir begini.
Mobil itu berjalan dari mana? Nah, cerita dulu ya jadi begini, pertanyaan itu saya tanyakan kepada teman saya waktu SMP.
Dia menjawab "ya, dari rodalah".
    "Rodanya bisa memutar dari mana ya?"
    "Dari bensin itukan bahan bakar mobil."
    Tidak salah perkataan teman saya itu tapi kurang tepat kenapa, ayo lanjutkan ceritanya.
    "Proses bensin menjadi putaran roda itu kenapa?"

Seketika dia terdiam, mungkin bagi Anda orang teknik yang ilmunya tinggi sudah tahu bukan. Tapi, bagi dia seperti main catur tapi, rajanya sudah tidak bisa berjalan lagi.
Mau berjalan ke sini mati, mau berjalan ke sana mati. Nah, teman saya ini sudah tidak bisa berkutik lagi.
 
Mungkin anda sudah mengenal sistem 4 tak?. Kita bahas sedikit, di dalam mobil mempunyai yang namanya ruang bakar. Yang berfungsi untuk mengubah dari bahan bakar menjadi putaran roda. Pembakaran terjadi karena langka hisap, kompresi, usaha dan buang.
 
a. Langka hisap. Langka dimana letak piston yang memungkinkan untuk melakukan penghisapan udara dan bahan bakar.
b. Langka Kompresi. Udara dan bahan bakar ditekan dengan sangat kencang dan kuat. Yang akan menjadikan tekanan yang berkualitas tinggi.
c. Langka Usaha. Tekanan tersebut yang sudah sangat keras ibaratnya balon yang ditekan dengan keras. Tekanan itu akan dinyalakan api dari busi. Pikiran kita ini sama pasti akan terjadi ledakkan yang besar. Yang akan mendorong piston ke bawah.
d. Langka Buang. langka ini akan membuang sisa-sisa dari proses langka usaha.
 
Seperti anda kalo tidak buang air kecil bagaimana? Pasti akan sakit, sama seperti mesin yang harus membuang sisa tersebut. Jadi kesimpulan dari Sistem pembakaran ini adalah Untuk menggerakkan sebuah piston. Yang akan disalurkan kepada poros engkol terus sampailah ke roda yang berputar. Yang melalui langka hisap, kompresi, usaha, dan buang yang memungkinkan torak untuk berkerja terus.

Saat mesinnya jalan. Bagaimana jika mesin yang baru dihidupkan? Torak tidak bisa bergerak jika tidak melalui langka usaha?. Beruntungnya anda di artikel ini kami juga akan membahas kedua materi tersebut. Sistem pembakaran dan kompresi hanyalah kiasan dari nama ke4 langka Piston. Dan piston tidak akan bisa melakukan ke4 langka tersebut tanpa ada komponen lain yang mendukung.

Ada yang namanya blok silinder dan ada lagi kepala silinder memang fungsinya apa? Aku jadi pusing. Tenang dulu juragan sabar, jadi begini namanya silinder itu ada tiga bagian.
Ada yang blok silinder, ada kepala silinder, ada..
Pasti kaki silinderkan?

Anda benar tapi 43% saja. Yang terakhir adalah kita bahas di pembahasan selanjutnya. Kepala silinder atau dalam bahasa Inggrisnya Cylinder Head .Letak dari komponen ini pastinya di atas silinder mesin atau di atas blok silinder. Komponen ini berfungsi sebagai tempat - tempat komponen yang penting.
Seperti busi, komponen ini masuk ke dalam artikel komponen penyebab kendaraan mogok.


Fungsi kepala silinder antara lainnya.

1. Sebagai tempat pembakaran (ruang bakar)
Masih terhubung seperti fungsi pertama di atas. Maksudnya begini ruang bakar itu menurut sepengetahuan kami tempatnya ada di 48% blok silinder dan 52% di kepala silinder, Jadi sama saja fungsinya kayak Nomer 1 yang paling atas.

2. Sebagai tempat kelengkapan mekanisme katup
pada saat itu terjadi karena tekanan yang terbuat dari bahan bakar dan udara yang ditekan. Tentu takaran bahan bakar dan udara ini harus seimbang dengan apa yang ditentukan.
Jadi fungsi mekanisme katup adalah untuk mengatur keluar dan masuknya bahan bakar dan udara dan hasil pembakaran (sisa pembakar atau asap). Seperti pintu rumah jika ada orang masuk pintu akan dibuka, dan jika ada orang keluar pintu juga akan dibuka.

3. Saluran pemasukkan
Sebelum udara dan bahan bakar dimasukkan ke ruang pembakaran. Udara dan bakar itu didiamkan atau dicampurkan dulu di karbulator. Supaya ketika dimasukkan sudah tercampur rata.

Setelah tercampur rata baru disalurkan yang melewati kepala silinder. Ibaratnya begini : manusia makan kita semua tahu makan ya lewat mulut. Fungsinya mulut apa? Benar untuk menghaluskan makan supaya mudah dicerna. Setelah terasa makan ini sudah halus secara tidak sadar kita akan menelannya Pasti melewati tenggorokan. Sama seperti mesin tidak langsung dimasukkan bahan bakarnya saja. Kita harus masukkan ke tangki bahan bakar terus disedot ke karbulator terus masuk ke ruang bakar.

4.Saluran pembuangan
Setelah langka usaha selesai secara otomatis torak akan mendorong sisa-sisa bahan bakar ke pembuangan yang harus melewati kepala silinder. Sama seperti manusia yang harus mengeluarkan sampah.

5.Tempat pemasangan busi
Sudah kami katakan busi termasuk komponen yang menyebabkan kendaraan mogok. Sering sekali kita mendengar jakarta banjir, sudah tidak asing di telinga anda. Siapa sih yang tidak kenal jakarta ibu kota indonesia yang terkenal karena sering bajir. Sebenarnya para bengkel di Jakata itu banyak kenapa? 

iya, karena kendaraan warga sering mogok karena banjir. Mau gimana lagi harus cari bengkel. Semakin tahun kendaraan yang mogok di jalan karena banjir semakin meningkat. Ini adalah peluang, anda tahu kenapa? karena rata-rata kendaraan yang mogok cuman businya rusak. Dengan sedikit kata-kata manis keuntungan jadi berlipat. Cara memperbaiki busi itu mudah kalo tidak parah.

2.Tempat water jacket (Mantel pendingin)

Water jacket ini adalah pendingin yang fungsinya ya untuk mendinginkan, benarkan?. Secara luas begini. Untuk mendinginkan silinder mesin karena langka - langka piston. Yang tentu akan menyebabkan pembakaran yang sangat panas jika tidak didinginkan maka akan merusak mesin. 

Jadi jika blok silinder terlalu panas maka harus dialirkan air supaya tidak kepanasan. Misalnya begini, jika water jacket ini rusak apakah dalam sekali mobil bisa mogok? Tidak. Kalo berkali-kali akan menyebabkan mobil panas seperti penggorengan. Ibaratnya begini, coba kedua tangan anda gosokkan dalam 1 menit . Panaskan?. Coba gorokkan tangan anda dalam waktu 10 jam . 

Anda tahu sendiri pasti, pasti tangan akan kulitnya akan menipis. Atau bahkan menyebabkab terluka. Nah, saya tanya lagi. Jika tangan anda gorokkan dalam waktu 10 jam tapi disetiap 1 menit dibasuh air. Walaupun waktu yang lama tangan masih aman tapi dalam 100 jam ya, itu namanya menyiksa diri sendiri.

3. Sebagai tempat duduk sistem mekanik

Jenis-jenis komponennya yaitu (poros engkol, connecting rod, piston, dan pena torak). Diawal kami bertanya kepada anda kalo. Anda sering melihat mobil melaju. Dan ini adalah fungsi yang paling penting di blok silinder. Karena komponen poros engkol, piston, batang piston, dan pena torak adalah komponen penggerak roda. Penjelasannya begini. Sudah kami tulis mengenai kerja 4 tak yang sebenarnya adalah fungsi piston.

Yang singkat begini.
Piston akan menghisap bahan bakar dan udara terus akan menekannya menjadi tekanan kuat supaya dapat diledakkan dengan kuat. Api muncul dari busi yang akan mendorong ke bawah karena hasil dari ledakkan itu pistonpun mendorongnya keluar ke katup buang. Setelah ledakkan terjadi kepala piston yang akan mengalirkan tekanan ke pena torak. 

Ingat sifat ledakan adalah tekanan atau dorongan. Contoh Kamu pernah melihat film aksi yang pemainnya jika terkena ledakkan maka secara otomatis dia akan terpental ke depan. Atau jika terlalu besar ledakkannya akan membuat orang di dekatnya meninggal. Ayo lanjutkan, Pena torak yang ditekan akan mendorong lagi ke batang piston.

Pena torak
Pena torak juga berfungsi menyatukan kepala piston dengan batang piston yang dibuat berlubang supaya ringan.

Batang piston.  
Tekan dari sebuah tekanan itu akan berubah menjadi gerak lurus oleh komponen ini.Yang akan menggerakkan poros engkol.

Poros engkol.
Gerakan lurus akan diubah menjadi gerak berputar supaya sama seperti roda. Mungkin anda bingung?. Piston mempunyai subkomponen seperti batang, pena, kepala dan jika disatukan adalah benda lurus. Yang tentu jika digerakkan turun dan naik akan turun naik saja. tapi, Kenapa roda bisa berputar?. 

Rodakan benda bundar yang tentu jika bergerak akan berputar. Nah, gerakkan lurus itu akan menggerakkan poros engkol supaya dapat menggerakkan roda. Itulah singkatnya yang akan dibedah lagi peratikel supaya tidak keluar jalur. Ibaratnya seperti kaki manusia ada bagian-bagian supaya dapat bergerak dengan sempurna.

4. Pada tipe OHV, sebagai rumah dari poros nok (cam shaft)

Apa itu OHV?. mungkin sebagian dari anda bertanya seperti itu bukan?. Jadi pengertian OHV adalah sebagai berikut. 
OHV berasal dari kata bahasa Inggris yaitu Over Head Valve Adalah sebuah mekanisme katup yang terletak di kepala silinder yang harus memiliki banyak komponen supaya dapat katup bisa bergerak. Di dalam OHV ada yang namanya cam shaft atau biasa disebut Nokn As Adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk mengatur buka tutupnya katup. 

Cam shaft juga sangat berhubungan dengan poros engkol. Kenapa? Saat ingin membuka katup masuk atau keluar tidak tebak saja. Harus diperhitungkan supaya benar dengan kerja piston. Ketika piston bergerak menghisap tentu katup masuk terbuka. Dan jika langka usaha maka harus kedua katup tertutup rapat. Ya kalo kedua atau salah satu katup terbuka akan menyebabkan udara dan bensin masuk lagi.Sama seperti langka-langka lainnya harus sesuai langka piston. 

Untungnya Piston terhubung dengan poros engkol jadi, ketika poros engkol bergerak ke titik yang ditentukan maka cam shaft dapat memprediksi. Langka apa sekarang, jadi bisa untuk mengontrol secara benar buka atau tutup katup. Ibaratnya kamar mandi . Jika di kamar mandi itu ada orang maka pintunya terkunci. Kita tahu bukan jika kita ketuk-ketuk pintu tetap saja tidak terbuka atau Ada orang yang menjawab :" ada orang di sini, ngantri"

Secara sadar anda tahu tidak akan masuk ke tempat itukan. Walapun banyak kejadian mungkin karena terburu-buru ingin keluarkan BAB. Kita terlupa menutup pintu atau menguncinya. Dan terjadilah orang kedua yang masuk karena sudah kebelet sama seperti orang pertama dan teriakkan terjadi. Satu sama saling menyalahkan padahal kejadian itu adalah kesalahan keduanya. Kalo di jamban bagaimana?. Itu beda kejadian, bisa kalian tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman ya.

5. Sebagai tempat duduk fly wheel

Fly wheel atau dalam bahasa indonesia biasa disebut Roda gila.Ha, roda gila? Jangan panik ya, maksudnya roda yang dapat menyimpan hasil putaran saat Poros engkol kelebihan putar, jadi pengertiannya begini . Roda gila adalah komponen yang berfungsi menyimpan hasil putaran saat kelebihan. 

Dan menyuplai hasil putaran saat kekurangan. jadi jangan menganggap roda ini gila. Komponen ini juga berfungsi memutar saat mobil baru dijalankan. Kita sudah tahu jika ingin memutarkan torak minimal harus melakukan langka usaha. Nah, komponen ini akan membantu piston setidaknya bisa memutar dengan sendiri.

6. Sebagai tempat sistem pendingin mesin

Pendingin mesin water jacket kah? yap, benar water jacket yang sudah kami jelaskan di atas jadi kami ulang sedikit. Pendingin ini berfungsi untuk melakukan mendinginkan di silinder mesin supaya tidak terlalu panas. Ditakutkan jika suhu terlalu panas bisa merusak silinder itu sendiri.

7. Sebagai tempat duduk komponen distributor

Di artikel ini kami membahas sedikit tentang busi. "dimana?". Di atas jadi busi sangat berhubungan dengan distributor kenapa? Jadi anda juga sudah tahu fungsi busi adalah untuk menyalakan percikan bunga api . Supaya bisa membakar bahan bakar nah, anda tahu tidak busi dapat mempercikkan api dari mana? Penjelasan begini. Tegangan di aki itu 12 volt untuk membakar atau menyalakan api di busi tegangan segitu tidaklah cukup. Akhir aki akan mengalirkan tegangan 12 volt ini ke Koil . Hebat koil ini akan mengubah dari 12 volt ke ribuan volt . ha, ribuan volt?. ya, tegangan segitu cukup untuk menyalakan busi untuk mengeluarkan percikan bunga api. 

Tapi tunggu dulu tidak langsung dialirkan ke busi. Koil ini akan mengalirkan ke distributor. Distributor akan menerima ribuan volt tersebut dan mengalirkan ke busi-busi sesuai waktu kapan menyalakan busi tersebut. Jadi hati-hati memengang koil ya, harus dicek dulu pengamannya rusak atau tidak. Apabila terkena arus koil bisa terpental atau pingsan atau bahkan mati. Memang tidak sakit kena ribuan volt walaupun berapa detik. Terkena beberapa volt saja kita ini sudah menari -nari sendiri seperti anak reggae.
Jangan dianggap bercanda ya ini serius hati-hati.

8. Sebagai tempat duduk komponen seperti kalter

Kalter adalah sebuah tempat penampung oli. Yang akan dipompa oleh Oli pump ke bagian yang membutuhkan oli tersebut dan akan dialirkan lagi ke kalter. Dan biasanya disebut bak oli dan oli pan oleh orang teknik Juga terletak di bawah silinder ya benar ini adalah bagian ketiga dari silinder.

9. Sebagai tempat komponen motor starter

Pada zaman dahulu Saat kendaraan baru dihidupkan harus menggunakan tenaga manusia untuk menggerakkan piston. Minimal sampai piston melakukan langka usaha. Nah, di atas kami juga pernah membahas roda gila. Kamu juga tahu fungsinya dan dari salah satunya yaitu untuk menggerakkan piston minimal piston dapat bergerak sendiri . Jadi Pengertian motor starter adalah mengubah energi listrik DC menjadi energi gerak untuk menggerakkan fly whee (roda gila). Roda gila ini akan menggerakkan poros engkol supaya dapat memutar dan menggerakkan piston .Kalo piston bisa jalan sendiri fungsi motor starter sudah selesai.

Demikianlah Artikel mengenai gambar blok silinder mobil dan fungsinya semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel