Bisnis Online Dropshipping - Berikut Kiat Suksesnya

Kiat Sukses Memulai Bisnis Online Dropshipping - Mau memulai bisnis tapi tidak memiliki modal yang cukup? Atau tidak memiliki produk yang akan di jual? Semua ini bukan lagi masalah, karena pesatnya perkembangan teknologi pun berimbas pada semakin banyaknya inovasi dalam bisnis yang meminimalisir semua permasalahan yang mungkin di hadapi para pebisnis pemula, salah satunya masalah modal. Ketiadaan modal seringkali menjadi alasan klasik yang membuat seseorang merasa enggan memulai bisnis, padahal berkat teknologi dan internet, modal harusnya sudah bukan lagi menjadi masalah, apalagi jika memulai bisnis secara online. Saat ini ada beragam inovasi dalam bisnis online yang membuat seorang pebisnis harusnya tidak lagi merasa kesulitan, baik dalam hal modal maupun ketersediaan produk yang akan di jual, salah satunya dengan bisnis online dropshipping, bisnis yang sesungguhnya sudah booming sejak beberapa tahun yang lalu dan sudah banyak pebisnis pemula yang menggunakan konsep ini untuk memulai bisnisnya.

Bisnis Online Dropshipping - Berikut Kiat Suksesnya
 
Ada beberapa alasan yang membuat banyak pebisnis pemula memilih bisnis online terutama bisnis online dropshipping sebagai langkah awal untuk masuk ke dunia bisnis, diantaranya semakin bertambahnya pengguna internet dari tahun ke tahun di Indonesia, pangsa pasar bisnis online yang sangat luas dan hampir tidak di batasi letak geografis sehingga konsumen bisa datang dari seluruh kota di Indonesia, fleksibel karena bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, biaya operasional yang relatif kecil, dan modal yang dibutuhkan tidak banyak. Alasan-alasan inilah yang membuat banyak orang berbondong-bondong memulai bisnis online. Namun tentu saja tetap dibutuhkan kerja keras dan keinginan kuat untuk belajar agar bisnis online yang dilakukan sukses atau paling tidak mencapai hasil seperti yang diharapkan.

Bisnis Online Dropshipping

Meskipun bisnis online dropshipping terhitung sudah cukup lama berkembang di Indonesia sebagai salah satu konsep bisnis online yang diminati para pebisnis pemula, namun masih cukup banyak masyarakat yang belum memahami seperti apa konsep bisnis online dropshipping dan mengapa konsep bisnis ini kerap di sebuat sebagai bisnis tanpa modal. Dalam skema bisnis online dropshpping, pebisnis hanya bertugas menjualkan barang atau produk tersebut dan kemudian menerima pembayaran untuk kemudian diteruskan kepada pemilik barang atau supplier, sedangkan yang mengemas dan mengirimkan barang kepada konsumen adalah tugas supplier dengan catatan pengiriman barang atas nama pebisnis dropship tersebut.

Bisnis online ini terbilang sangat mudah dijalankan dan memiliki resiko bisnis relatif kecil, dan pebisnis dapat menjual berbagai produk tanpa harus menyetok produk tersebut. Meskipun demikian tetap saja ada hal penting yang harus di ketahui agar bisnis berjalan sukses, berikut beberapa kiat suksesnya untuk memulai bisnis online dropshipping.

Pilih produk yang sedang tren atau booming

Salah satu keuntungan memulai bisnis online dropshipping adalah tidak terpaku pada satu produk saja melainkan memiliki peluang untuk menjual lebih dari satu produk dalam satu kanal marketing. Memang menjual lebih dari satu produk yang berasal dari supplier yang berbeda terkadang menimbulkan sedikit masalah, untuk itu jika tidak ingin mengalami kesulitan, pilih supplier yang memiliki aneka produk sehingga dropshipper (Pebisnis yang menjual secara dropshipping) akan lebih mudah menjual produknya. Pilih produk yang sedang tren di kalangan masyarakat sehingga akan lebih mudah menjual produk tersebut, meskipun tentu saja ada faktor lainnya yang juga ikut mempengaruhi penjualan suatu produk, misalnya cara memasarkan kepada konsumen, jaringan tempat memasarkan produk, dan lain-lain.

Pilih Supplier yang responsif dan mudah di ajak berkomunikasi

Selain memilih supplier yang memiliki aneka produk, hal penting lainnya adalah dalam memilih supplier atau pemilik produk tersebut. Sebisa mungkin pilih supplier yang responsif dan mudah di ajak berkomunikasi karena supplier memegang peranan yang sangat besar untuk suksesnya bisnis online dropshipping atau dengan kata lain supplier adalah kunci sukses seorang dropsipper. Dropshipper sangat membutuhkan banyak informasi dari supplier jika ada konsumen yang tertarik membeli produk tersebut, diantaranya informasi stok, warna produk, dan ongkos pengiriman, sehingga jika supplier kurang atau tidak responsif akan menyebabkan pelayanan dropshipper menjadi tidak maksimal. Terlalu lama menjawab pertanyaan konsumen, bisa membuat transaksi batal dan untuk inilah dibutuhkan supplier yang responsif dalam menjawab pertanyaan dropshipper.


Pilih media pemasaran yang potensial dan tepat

Tugas utama seorang dropshipper adalah memasarkan produk sehingga memilih media pemasaran yang tepat dan potensial menjadi sesuatu yang sangat penting. Ada berbagai macam kanal untuk memasarkan produk secara online, salah satu yang banyak di pilih pebisnis online adalah media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Media sosial menjadi media pemasaran yang terbukti cukup efektif akhir-akhir ini, seiring semakin meningkatnya pengguna media sosial di Indonesia, bahkan Indonesia termasuk dalam sepuluh besar pengguna media sosial di dunia.

Meskipun demikian, kanal pemasaran lainnya seperti melalui situs atau website, instant messenger, atau marketplace, juga tidak kalah potensialnya. Bahkan saat ini sudah banyak marketplace besar yang berkembang pesat dan menjadi tempat yang potensial untuk memasarkan produk secara dropship, tidak hanya menjadi kanal tempat memasarkan produk, marketplace tersebut juga memberikan pelayanan yang maksimal dalam mempromosikan produk.

Membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan supplier

Ada satu hal yang tidak kalah penting untuk menopang kesuksesan bisnis online dropshipping yang sedang di rintis adalah pastikan untuk memiliki hubungan yang harmonis dan baik dengan supplier tidak hanya pada saat melakukan order atau pemesanan. Sudah jelas disebutkan sebelumnya bahwa supplier merupakan kunci sukses bisnis online dropshipping sehingga keberadaannya tentu saja sangat penting. Saat tidak ada order, sesekali lakukan kontak sekadar untuk menanyakan kabar atau saat-saat momen tertentu seperti ulang tahun supplier atau momen lainnya, hal ini terlihat sepele tapi tentu saja akan membuat hubungan emosional lebih erat.

Hubungan baik akan membuat supplier akan memberikan pelayanan ekstra, dan tentu saja sangat dibutuhkan pada saat menghadapi order yang penting atau saat order mengalami masalah. Sebisa mungkin ubahlah mindset bahwa hubungan supplier hanyalah hubungan bisnis, karena dalam bisnis online dropshipping keberadaan supplier menjadi sesuatu yang utama.

Demikian penjelasan Kiat Sukses Memulai Bisnis Online Dropshipping, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel