Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Dengan Modal Kecil

Bisnis sampingan untuk karyawan dengan modal kecil - Pusing karena penghasilan setiap bulan tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari? Atau Ingin memiliki sesuatu yang tidak terjangkau dengan penghasilan setiap bulan? Jawabannya hanya satu saatnya memulai bisnis sampingan. Namun tentu saja memulai bisnis untuk karyawan, terutama karyawan swasta tidaklah mudah, selain waktu luang yang di miliki sangat terbatas, untuk beberapa karyawan dengan penghasilan yang standar masalah modal kerap menjadi alasan untuk enggan memulai bisnis sampingan. Selain itu sangat beresiko jika meminjam dana dari bank sebagai modal usaha, dengan terbatasnya waktu yang dimiliki untuk mengelola bisnis tersebut tentu saja peluang bisnis untuk menghasilkan keuntungan untuk membayar angsuran ke bank masih sangat kecil. Akibatnya bukan keuntungan yang di dapat, melainkan beban pikiran bertambah karena harus membayar cicilan tersebut. Tapi jangan khawatir karena masih banyak jalan keluar memulai bisnis sampingan untuk karyawan dengan modal kecil.

Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Dengan Modal Kecil


Bisnis sampingan untuk karyawan

Memulai bisnis sampingan memang tiidak mudah bagi karyawan, tapi selalu ada solusi. Sebenarnya sudah banyak ide yang bertebaran untuk memulai bisnis sampingan, namun yang pasti jika seorang karyawan ingin memulai bisnis sampingan, pastikan untuk merubah mindset atau cara berpikir karena berbisnis tidaklah sama dengan rutinitas menjadi karyawan, di mana sebagai karyawan akan selalu berhadapan dengan angka-angka yang pasti terutama dari segi pendapatan, tapi tidak dengan berbisnis karena akan selalu berhadapan dengan yang namanya resiko.

Untuk alasan itulah ada baiknya sebelum memutuskan untuk memulai bisnis sampingan, seorang karyawan harus telah memiliki tujuan, apakah bisnis sampingan ini hanya sebagai tambahan penghasilan, atau tahap awal sebagai tambahan penghasilan namun berikutnya tidak menutup kemungkinan akan digeluti secara serius dan menjadi penghasilan utama. Jika seseorang memilih opsi yang kedua, tentu harus siap dengan segala resiko serta mau mengupgrade pola pikir layaknya seorang pebisnis.

Namun apapun alasannya, hendaknya memilih bisnis sampingan yang sesuai dengan kriteria sebagai berikut, sesuaikan dengan passion yang di miliki, mengapa? terkadang bisnis sampingan juga membutuhkan alokasi waktu dan tenaga yang cukup untuk mengurusnya, terutama saat awal mula memulai bisnis tersebut dan jika bisnis sampingan sesuai dengan passion sekalipun sulit akan tetap senang-senang saja mengerjakannya.

Selain itu, pastikan bisnis sampingan tersebut sesuai dengan edukasi atau pengalaman, hal ini untuk mengurangi kerumitan saat mengerjakannya karena mau tidak mau saat memulai bisnis sampingan seorang karyawan harus mau mengupgrade pengetahuan agar apa yang diharapkan berlangsung sukses. Tidak masalah jika bidang pekerjaan tidak sesuai dengan edukasi atau latar belakang pendidikan, hal itu bisa diimbangi dengan memilih bisnis sampingan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan agar lebih mudah menjalaninya. Berikut beberapa ide memulai bisnis sampingan untuk karyawan dengan modal kecil yang bisa menjadi referensi.

Membuka toko online

Saat ini toko online sedang tren di kalangan masyarakat, tidak hanya untuk berbelanja namun juga sebagai kanal atau media memulai bisnis. Banyak pebisnis terutama yang pemula memilih membuka toko online sebagai awal memulai bisnisnya karena relatif lebih mudah dijalankan dan modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Sedangkan dari sisi produk yang di jual secara online sangat beragam, dan kalaupun tidak memiliki produk sendiri untuk di jual, bisnis online menawarkan berbagai solusi memulai bisnis dengan modal yang sangat minim, salah satunya dengan bisnis dropship. Bisnis dropship memungkinkan pelaku bisnis menjual berbagai produk, mulai dari fashion, buku, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi, tanpa harus memiliki produk tersebut.

Pebisnis hanya bertugas membantu menjual produk dari supplier dan menerima pembayaran dari konsumen setelah itu pebisnis mengirimkan pembayaran dari konsumen tersebut kepada supplier yang kemudian akan mengirimkan barang tersebut kepada konsumen dengan nama pebisnis. Selain dengan cara dropship, masih banyak sistem bisnis online lainnya yang tidak hanya memberikan peluang mendapatkan penghasilan tambahan namun juga solusi untuk produk yang akan di jual. Jika belum memiliki modal untuk membuat toko online sendiri, saat ini sudah banyak tersedia marketplace yang akan membantu membuka toko online dengan mudah dan cepat, termasuk kesempatan untuk dipromosikan.


Usaha Desain Grafis

Jika memiliki latar belakang pendidikan desain grafis atau saat ini bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa desain grafis, maka manfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan tambahan penghasilan dengan menawarkan jasa desain grafis melalui media online. Manfaatkan media sosial untuk menawarkan jasa desain grafis sehingga selain berpeluang untuk mendapatkan penghasilan sampingan, juga kesempatan untuk belajar membangun jaringan bisnis di luar pekerjaan di kantor. Untuk modal rasanya bukanlah masalah karena hanya bermodalkan komputer dan koneksi internet, bisnis sampingan jasa desain grafis bisa di mulai, dan sebagai awal pilihlah proyek yang tidak terlalu sulit sehingga tidak akan menganggu pekerjaan utama.

Jasa les privat atau membuka kursus online

Memiliki keahlian atau keterampilan khusus, seperti mahir berbahasa asing, memasak, dan lain-lain, bisa menjadi peluang untuk memulai bisnis sampingan dengan keahlian tersebut, seperti membuka les privat atau kursus online. Saat ini sudah banyak orang yang membuka kursus online untuk beragam keahlian, karena membuka kursus online di nilai lebih mudah dan tanpa modal yang terlalu besar, bahkan di internet sudah tersedia website khusus sebagai media untuk membuka kursus online yang dapat di akses secara gratis atau tanpa biaya sedikit pun, karena itu bisa dikatakan jika membuka kursus secara online bisa menjadi bisnis sampingan dengan modal yang relatif kecil.

Jasa Penerjemah

Keahlian bahasa asing selain bisa dimanfaatkan untuk membuka kursus atau les privat, juga bisa digunakan untuk membuka bisnis jasa penerjemah. Bisnis sampingan ini bisa dikatakan tidak akan menguras energi terlalu banyak karena bisa dikerjakan pada akhir pekan atau saat libur sehingga tidak akan menganggu aktivitas dan produktivitas dalam melakukan pekerjaan utama. Selain itu, ada keuntungan lainnya dengan menjalani bisnis sampingan ini, yaitu mendapatkan tambahan pengetahuan baru, baik dalam hal membangun relasi bisnis atau kosa kata baru dalam bahasa asing tersebut.

Agen Properti

Banyak perusahaan jual beli properti yang merekrut tenaga freelance untuk membantu menjual properti miliknya, peluang ini sangat cocok untuk karyawan yang ingin memulai bisnis sampingan dengan modal yang kecil. Namun memang untuk menjual properti membutuhkan keahlian khusus, tapi dengan kemauan keras mengupgrade pengetahuan dan kemampuan terutama dalam menjual, maka tidak akan ada kata yang sulit untuk memulai menjadi agen properti, apalagi jika di dukung dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman selama bekerja.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel