Cara Bisnis Di Instagram Berpeluang Untuk Sukses

Cara Bisnis di instagram - Teknologi saat ini sudah semakin maju pesat, dan semakin banyak peluang untuk memulai bisnis online, salah satunya adalah menggunakan media sosial instagram. Cara ini sebenarnya sudah digunakan para pebisnis online beberapa tahun yang lalu, namun seiring berjalannya waktu aplikasi media sosial pun bertambah, jika dahulu orang hanya mengenal media sosial seperti Facebook dan twitter, kini bertambah satu aplikasi lagi, yaitu Instagram. Peluang sukses berbisnis melalui instagram sangatlah potensial karena media sosial yang satu ini sangat banyak peminat dan penggunanya. Aplikasi media sosial Instagram pada mulanya diperuntukkan untuk orang-orang yang menyukai fotografi dan menjadi tempat untuk menyimpan serta memamerkan karya fotonya kepada orang lain, namun dalam perkembangannya instagram kini sudah mulai digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya sebagai media untuk mempromosikan bisnis online.

Cara Bisnis Di Instagram Berpeluang Untuk Sukses


Namun tentu saja menggunakan instagram sebagai media untuk memulai bisnis online tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, karena tetap saja ada hal-hal penting yang harus di ketahui dan di pelajari agar bisnis online berjalan sukses, karena sukses di satu media sosial belum tentu akan mendulang sukses juga di akun media sosial lainnya. Namun sebagai langkah awal untuk mulai menggunakan akun instagram sebagai salah satu media mendukung bisnis online tentu saja dengan membuat akun di instagram, ada dua pilihan untuk membuat akun instagram, apakah menggunakan nama pribadi atau menggunakan nama toko online.

Untuk tahap awal, pertimbangkan secara matang untuk memberi nama akun, jadikan akun media sosial sebelumnya sebagai patokan untuk mulai menggunakan instagram sebagai media promosi. Jika akun media sosial sebelumnya menggunakan nama toko online, maka ada baiknya untuk akun instagram juga menggunakan nama toko online, sehingga akan lebih mudah di kenal konsumen.

Cara Bisnis di Instagram

Selain itu tentu saja faktor penting lainnya adalah jumlah followers dan kualitas photo, kedua faktor ini turut menyumbangkan peluang sukses yang tidak sedikit untuk bisnis online. Semakin banyak followers, maka kesempatan produk di kenal secara luas akan semakin besar, tapi yang terpenting lakukan secara bertahap dan sebisa mungkin hindari membeli followers karena tidak ada manfaat untuk bisnis online. Penambahan followers yang sangat banyak dalam waktu yang singkat bisa membuat akun dalam bahaya, karena akan dicurigai oleh pihak instagram.

Untuk itu, luangkan waktu untuk meningkatkan jumlah followers dengan rajin memfollow akun-akun sesuai dengan target konsumen dari produk yang di jual. Jika produk yang di jual sebagian besar untuk ibu rumah tangga, maka follow-lah akun yang dimiliki ibu-ibu atau akun komunitas ibu-ibu. Post-lah photo yang berkualitas agar konsumen semakin tertarik untuk berbelanja. Berikut beberapa tips cara bisnis di instagram berpeluang untuk sukses:

Post photo sebagus dan sekreatif mungkin

Fokus utama instagram adalah photo, karena itu upload photo pada akun instagram sebagus mungkin, jika perlu poles photo tersebut dengan berbagai aplikasi photo agar tampak lebih menarik. Saat ini sudah banyak smartphone yang di lengkapi fitur untuk membuat tampilan photo nampak lebih bagus, dengan pencahayaan yang baik serta setting photo yang bagus, tampilan photo meskipun hanya menggunakan smartphone tetap terlihat menarik dan berkualitas.

Selain tampilan photo yang tampak cantik dan menarik, jangan lupa untuk menambahkan caption pada photo dengan kata-kata yang unik dan mengundang rasa ingin tahu konsumen, seperti diskon, potongan harga, manfaat produk, dan masih banyak lagi. Gunakan fitur atau aplikasi yang terlihat bagus untuk memoles photo tersebut, sehingga hanya melihat photo maka konsumen sudah merasa tertarik.

Lengkapi profil instagram dengan beragam kontak untuk memudahkan konsumen berinteraksi

Saat ini interaksi dengan konsumen sudah lebih mudah dilakukan dengan berbagai aplikasi online, whatsapp, BBM, Line, dan masih banyak lagi. Untuk itu, lengkapi profil dengan beragam kontak yang di miliki sehingga konsumen mudah berinteraksi, juga jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon dan alamat jika mungkin, sehingga konsumen lebih percaya dan mudah menghubungi jika terjadi masalah. Selain nomor kontak, lengkapi profil dengan photo, logo, atau brand dari toko online, agar konsumen lebih percaya dan nampak lebih profesional.


Jangan lupa gunakan hastag saat mempublish photo

Mencantumkan hastag saat memposting photo akan sangat membantu konsumen menemukan produk atau toko online secara random. Setidaknya, ada dua keuntungan menggunakan hastag saat memposting photo di akun instagram, yaitu memudahkan konsumen menemukan toko online atau produk saat search dengan hastag tersebut di instagram, atau ada kemungkinan produk muncul saat konsumen search di browser dengan kata kunci produk atau hastag yang digunakan. Dengan kata lain, hastag sangat membantu pebisnis online untuk memudahkan konsumen menemukan produk atau toko online, untuk itu gunakan hastag yang tepat atau jika memungkinkan luang waktu untuk melakukan riset hastag apa yang sedang populer di instagram.

Jangan melakukan spam di akun instagram orang lain

Kerap kali saat membaca komentar di akun instagram dengan jumlah followers banyak menemukan satu toko online memberikan komentar spam atau mempromosikan produk yang di jualnya, terutama di akun instagram milik artis terkenal. Sebenarnya cara ini boleh saja dilakukan, namun sebagian besar orang terutama pemilik akun kurang menyukai hal tersebut sehingga ada kemungkinan komentar akan di delete atau yang lebih ekstrim lagi, akan di blokir pemilik akun tersebut. Untuk itu, hindari mempromosikan produk dengan cara melakukan spam di akun instagram orang lain, lebih baik tambah followers sebanyak-banyaknya dengan cara yang benar atau melakukan berbagai teknik promosi agar konsumen tertarik dengan toko online tersebut.

Pertimbangkan untuk memberikan promo, penawaran, atau diskon, agar konsumen tertarik menfollow akun instagram dengan sukarela tanpa harus melakukan spam di akun lain. Selain itu, usahakan untuk tidak memposting photo dengan jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan agar tidak menganggu konsumen. Terkadang ada konsumen yang merasa jenuh dengan posting photo yang terlalu banyak dalam satu waktu, akhirnya memutuskan untuk unfollow akun instagram pebisnis online.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel