Cara Jualan Online Laris Di Marketplace

Cara jualan online laris di marketplace - Enak ya berjualan secara online, bisa santai! Benarkah? Sebagian masyarakat menganggap seseorang yang berjualan secara online itu sepintas nampak lebih mudah dan santai, karena sambil mengerjakan aktivitas lain tiba-tiba order masuk dan tidak lama transaksi selesai dilakukan. Namun dalam kenyataannya tidak semudah itu, karena sama seperti memulai bisnis secara offline, berbisnis lewat media online juga membutuhkan tahapan-tahapan dan pertimbangan yang matang untuk memulai bisnis tersebut, apalagi semakin hari kompetitor di dunia bisnis online semakin bertambah. Belum lagi channel-channel marketing online semakin banyak membuat pebisnis harus memperhitungkan dengan matang media apa yang di pilih sebagai tempat untuk berjualan secara online. Apakah membuka toko online sendiri atau berjualan secara online lewat marketplace yang saat sedang tren di Indonesia.

Cara Jualan Online Laris Di Marketplace


Jualan Online Di Marketplace

Sebenarnya baik membuka toko online sendiri atau berjualan lewat marketplace sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, tinggal bagaimana pebisnis tersebut memilah dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan serta media mana yang kekurangannya lebih minimal untuk bisnis online tersebut. Namun, tidak sedikit pebisnis pemula yang sukses memulai bisnisnya dengan hanya berjualan melalui marketplace, bahkan berawal dari marketplace hingga akhirnya memiliki toko online sendiri.

Setidaknya, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan marketplace sebagai media yang cocok untuk berjualan secara online, diantaranya lebih mudah terutama untuk pebisnis pemula yang belum menguasai tools bisnis online karena marketplace telah menyiapkan sistem yang lengkap dan mudah untuk memulai bisnis online, mulai dari promosi hingga transaksi.

Selain itu, ada keuntungan lainnya, yaitu marketplace yang sudah eksis biasanya memiliki banyak pengunjung sehingga peluang konsumen membeli produk juga besar. Meskipun berjualan secara online lewat marketplace terbilang lebih mudah dan menawarkan aneka kelebihan, tetap saja ada tips atau cara khusus untuk mendukung pebisnis online terutama yang pemula agar sukses berjualan secara online lewat marketplace. Berikut beberapa cara sukses berjualan secara online laris lewat marketplace yang mungkin bisa menjadi referensi pebisnis online.

Pilih Marketplace yang ramai atau memiliki traffic pengunjung dan pembeli yang tinggi

Tren masyarakat yang mulai sering berbelanja secara online, terutama yang tinggal di perkotaan membuat jumlah marketplace tahun demi tahun semakin bertambah, mulai dari marketplace skala kecil hingga yang besar dan telah eksis bertahun-tahun lalu. Sebagai langkah awal untuk membuka bisnis online lewat marketplace, ada baiknya untuk mempertimbangkan memilih marketplace yang sudah eksis atau memiliki traffic pengunjung yang tinggi agar peluang produk di kenal oleh konsumen lebih besar. Umumnya marketplace yang namanya sudah eksis di kalangan pembelanja konsumen memiliki forum tersendiri sehingga memudahkan menjalin komunikasi atau sekadar tukar menukar informasi dengan pebisnis atau konsumen lain.

Tampilkan photo produk dengan kualitas yang terbaik

Photo memiliki peran yang sangat penting ketika membangun bisnis online, karena sebagian besar konsumen sukses bertransaksi di toko online milik pebisnis karena tertarik dengan photo yang di posting. Untuk alasan itulah, pilih photo produk dengan sudut pengambilan gambar yang terbaik, di tambah tata pencahayaan yang berkualitas sehingga tampilan produk akan menarik perhatian konsumen. Sebaiknya, photo produk yang digunakan untuk berjualan secara online adalah photo milik sendiri dan tidak mengambil dari google atau photo milik orang lain, kecuali jika berjualan online secara dropship sehingga bisa menggunakan photo milik supplier.

Photo milik pribadi akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko online, selain itu sebaiknya ambil photo dari berbagai sisi produk sehingga konsumen akan mendapatkan gambaran secara detail tentang produk yang di jual. Untuk marketplace di mana dalam satu laman ditampilan banyak produk sejenis dari penjual yang berbeda, jika ingin menarik perhatian post photo produk dengan kualitas yang terbaik sehingga konsumen tertarik untuk memilihnya.

Deskripsikan produk yang di jual secara jelas

Hal penting lainnya adalah deskripsi atau penjelasan tentang produk tersebut, Buatlah deskripsi sedetail mungkin sehingga konsumen bisa mendapatkan gambaran awal tentang produk tersebut sekalipun belum pernah melihat produk tersebut secara nyata. Deskripsi produk secara jelas, selain mengurangi atau meminimalisir salah komunikasi dengan konsumen, juga sebagai salah satu tips bersaing dengan kompetitor sejenis karena dalam marketplace sekali lagi, dalam satu laman akan ditampilkan produk yang sama dengan penjual yang berbeda.

Nama produk jualan online yang di jual harus tepat dan benar

Jangan lupa, meskipun berjualan secara online lewat marketplace bukan berarti tidak mementingkan atau memperhatikan SEO, karena SEO memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis online. Untuk alasan itulah beri nama produk sespesifik mungkin sehingga akan muncul dalam search engine. Jika memungkinkan, sebelum memberi nama pada produk terlebih dahulu melakukan riset sehingga akan mendapatkan gambaran awal secara SEO tentang produk yang di jual melalui marketplace.


Tentukan harga yang terbaik dan bersaing

Hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah soal harga, ada beberapa konsumen yang menganggap harga adalah poin penting ketika memutuskan membeli sebuah produk. Ada baiknya, sebelum merilis harga produk lakukan riset terlebih dahulu dengan produk sejenis, agar tidak menetapkan harga terlalu tinggi atau bahkan terlalu murah. Untuk masalah harga ini, sebuah marketplace bahkan meluncurkan fitur online yang terbilang cukup inovatif, yaitu nego harga, yang terinspirasi dari perilaku transaksi secara offline di mana penjual dan pembeli kerap nega harga sebelum melakukan transaksi. Dalam marketplace, fitur unik ini cukup menarik perhatian konsumen karena bisa mendapatkan harga yang lumayan meskipun selisihnya tidak terlalu jauh.

Juallah produk sebanyak-banyaknya

Saat ini marketplace telah memberikan fasilitas untuk melisting produk cukup banyak sehingga pebisnis bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan menjual produk cukup banyak dan beragam. Semakin banyak produk yang di jual tentu saja membuat potensi pendapatan akan semakin besar, untuk itu usahakan menjual produk sebanyak-banyaknya akan keuntungan yang didapat pun semakin banyak.

Berikan penjelasan detail tentang retur barang

Meskipu marketplace biasanya sudah memberikan penjelasan kepada konsumen bagaimana retur produk, tetap saja penjual yang memberikan penjelasan detail terutama bagaimana meretur barang akan memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen. Jika penjual tidak memberikan fasilitas retur, berikan penjelasan singkat agar konsumen memahami dan membaca dengan teliti sebelum membeli.

Selain cara-cara tersebut, masih banyak cara sukses berjualan secara online lainnya lewat marketplace, namun tentu saja yang terpenting apapun kanal yang di pilih untuk memulai bisnis online, berkomitmenlah untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjual barang ayang berkualitas agar bisnis sukses karena konsumen semakin percaya berbelanja secara online.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel