Cara Jitu Memasarkan Produk Melalui Facebook

Cara jitu memasarkan produk melalui facebook - Memasarkan produk dalam bisnis online jaman now bukanlah merupakan masalah yang sulit karena sudah banyak tersedia media  yang dapat membantu memasarkan produk secara instant dan menjangkau berbagai konsumen. Dan tentu saja hal ini sangat mudah bagi pemula yang baru memulai bisnis online maupun pebisnis yang sebelumnya sudah memiliki bisnis namun masih mengandalkan pemasaran secara langsung. Pemasaran produk melalui internet dan media sosial sebnarnya banyak macamnya misal: melalui blog atau website, instagram, facebook, line, twitter, bbm dll. Pada pembahasan kali ini kami hanya membahas bagaimana memasarkan sebuah produk dengan manggunakan media sosial facebook secara jitu.

Dalam sejarah perkembangan bisnis online yang mulai semarak pada sekitar tahun 2000-an, sebagian besar pebisnis online menggunakan media sosial sebagai salah satu media atau kanal untuk membantu memasarkan produk secara online. Bahkan, ada sebagian dari pebisnis online yang memulai bisnisnya melalui media sosial hingga akhirnya berkembang dan menggunakan website sebagai media untuk memasarkan produk yang dijualnya.

Cara jitu memasarkan produk melalui facebook


Memasarkan Produk Melalui Facebook

Media sosial atau jejaring sosial hingga saat ini masih tetap diyakini sebagai salah satu media pemasaran yang cukup ampuh untuk membantu meningkatkan penjualan produk bagi para pebisnis online. Ada banyak alasan yang membuat banyak pebisnis online memilih media jejaring sosial sebagai channel pemasaran, salah satunya adalah karena ribuan bahkan jutaan interaksi yang terjadi setiap hari bahkan setiap jam di timeline media sosial. Hal ini menjadi suatu potensi serta peluang yang sangat besar jika interaksi tersebut dapat dikonversikan menjadi pembeli. Dalam perkembangannya, ada beberapa media jejaring sosial yang menjadi favorit para pebisnis online, salah satunya adalah Facebook. Media jejaring sosial Facebook saat ini menjadi salah satu media sosial terbesar dalam dunia online.

Inovasi terbaru selalu rutin diluncurkan Facebook untuk meningkatkan kinerjanya sehingga pertumbuhan pengguna akun media sosial ini semakin terus bertambah. Bahkan, jika dahulu para pebisnis online menggunakan akun yang ditujukan untuk pengguna pribadi sebagai media pemasaran bahkan penjualan. Kini Facebook sudah merilis fitur-fitur terbaru yang sangat membantu bahkan memudahkan pebisnis online. Tidak heran jika jumlah pebisnis online, baik skala besar maupun kecil tumbuh bak jamur di musim hujan di media jejaring sosial Facebook. 

Di satu sisi, semakin banyak pebisnis online terutama skala kecil dewasa ini menjadi pertanda baik bagi tumbuhnya jiwa kewirausahaan di kalangan masyarakat. Namun di sisi yang lain hal ini menjadi pertanda bahwa semakin banyak masyarakat yang jeli melihat peluang bisnis yang ditawarkan media jejaring sosial ini. Berikut cara jitu untuk memanfaatkan media jejaring sosial sebagai media untuk memasarkan produk dan meningkatkan penjualan bisnis online.

Buatlah halaman (Fans Page) pada media jejaring sosial Facebook

Agak lebih efektif dan efisien disarankan jika ingin menggunakan media jejaring sosial facebook sebagai media pemasaran untik tidak menggunakan akun Facebook pribadi, karena Facebook sudah merilis dan terus menyempurnakan fitur khusus untuk menampung semua kegiatan bisnis, yaitu melalui Fans Page atau halaman Facebook. Fans Page ini sangat tepat untuk pebisnis online karena selain tidak ada batasan bagi siapapun yang ingin menyukai halaman tersebut, juga terdapat fitur-fitur yang memungkinkan interaksi yang intens antara kedua belah pihak. Dalam hal ini antara pemilik bisnis online dengan calon konsumennya. Sedangkan jika menggunakan akun Facebook biasa setiap pengguna hanya di batasi memiliki jaringan pertemanan sebanyak 5000 orang. 

Memang tidak mudah untuk mengoptimasi halaman atau Fans Page Facebook menjadi salah satu sumber traffic bagi bisnis online. Namun, pebisnis online bisa memulai dari hal yang sederhana, yaitu memilih penamaan halaman atau fans page Facebook. Ada dua jenis nama yang bisa di pilih agar halaman atau Fans Page teroptimasi dengan baik, yaitu menggunakan nama halaman yang mengandung Buying Keywords dan nama yang tidak mengandung kata kunci tersebut melainkan nama toko online tersebut. Keduanya memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri, seperti nama yang mengandung Buying Keyword akan lebih dikenali konsumen dengan mudah, sedangkan nama yang tidak mengandung kata kunci meskipun sulit di kenali namun produk yang di jual tidak terbatas.

Optimasi laman dengan meningkatkan jumlah Like pada Fans Page

Bisnis online yang di kelola berpeluang semakin dikenal banyak pengguna media jejaring sosial Facebook jika yang menyukai halaman tersebut melalui tombol Like/suka. Tentu saja semakin banyak jumlah like/suka pada halaman yang di kelola maka potensi untuk meningkatkan jumlah penjualan pun akan semakin besar.

Setidaknya, ada dua cara dasar untuk meningkatkan jumlah like/suka pada halaman yang di kelola, yaitu dengan menampilkan informasi halaman tersebut pada profil akun Facebook. Dan cara yang kedua dengan menggunakan fasilitas atau fitur yang tersedia “undang teman.” Fasilitas yang telah disediakan Facebook ini sangat membantu bagi pebisnis online terutama pemula untuk mempromosikan bisnis online yang dikelolanya melalui halaman atau Fans page Facebook.

Konsisten dan rutin mengupdate halaman atau Fans page

Optimasi halaman akan semakin mudah jika pebisnis online tidak hanya sekadar menggunakan halaman tersebut untuk mempromosikan atau meningkatkan penjualan semata namun rajin serta rutin mengupdate halaman dengan informasi yang bermanfaat serta menarik. Selain itu, secara rutin mengupdate halaman secara tidak langsung akan membangun hubungan emosional dengan pengguna akun lainnya, apalagi jika informasi yang dibagikan sangat bermanfaat. 

Hal ini secara tidak langsung bisa dijadikan alat promosi yang cukup ampuh untuk meningkatkan jumlah like/suka sekaligus peluang meningkatkan penjualan. Bagikan tautan atau informasi tersebut melalui timeline akun Facebook yang dimiliki. Tapi jangan lupa untuk tidak menyebarkan informasi yang sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan karena hal tersebut justru akan merugikan pebisnis online sendiri, terutama dalam upaya membangun brand atau reputasi bisnis yang di miliki.

Baca Juga: Modus Kasus Penipuan Online Terbaru

Promosi halaman dengan bantuan akun Fans Page lain

Selain cara mandiri yang dilakukan pebisnis online untuk meningkatkan jumlah like/suka pada halaman miliknya, ada cara lain yang sangat membantu yaitu dengan berpromosi melalui akun Fans Page lain atau saling bertukar promosi. Ada keuntungan atau manfaat positif jika menggunakan cara ini, yaitu membuat halaman atau Fans Page yang di kelola tidak terkesan monoton. 

Memang ada beberapa akun atau halaman Facebook yang menyediakan layanan jika ada akun atau halaman lain yang ingin dipromosikan, baik dengan cara berbayar ataupun gratis. Namun tentu saja jika berbayar pastinya akan ada benefit yang akan didapatkan pebisnis online, namun jika belum memiliki cukup dana untuk mengoptimasi halaman Facebook dengan cara ini maka pebisnis bisa menggunakan layanan gratis untuk membantu promosi halaman atau Fans Page yang dimiliki.

Demikian sekilas pembahasan Cara Jitu Memasarkan Produk Melalui Facebook semoga bermanfaat. silahkan di share di media sosial kesayangan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel