Cara Promosi Online Praktis dan Efisien

Cara promosi online praktis dan efisien - Bingung mau promosi online? Simak cara praktis berikut Ini. Berbisnis online memang tidak mudah, apalagi saat ini semakin banyak pebisnis yang memulai bisnisnya secara online, karena diperkirakan di tahun-tahun mendatang persentase penetrasi pebisnis online akan semakin besar, yang artinya akan semakin banyak masyarakat yang memilih berbelanja secara online. Tapi jangan khawatir, asalkan memiliki kemauan keras untuk belajar dan selalu mengupdate diri dengan teknologi terbaru, maka tidak ada kata sulit untuk membuat bisnis online yang dimiliki menjadi sukses. Bisnis online memang memiliki karakteristik khusus yang membuatnya tampak berbeda dengan bisnis offline pada umumnya, yaitu jangkauan pasarnya yang sangat luas dan tidak terbatas jarak serta waktu sehingga pebisnis online bisa melakukan promosi online kapan pun dan dimana pun.

Cara Promosi Online Praktis dan Efisien

 

Ada banyak cara untuk promosi online yang bisa di pilih sesuai kebutuhan

Umumnya pebisnis online menggunakan situs atau website sebagai media untuk membantu mempromosikan produk yang dijualnya, padahal saat ini telah berkembang pesat berbagai aplikasi  atau media yang bisa digunakan untuk memaksimalkan promosi online. Tidak tanggung-tanggumg, media sebagai kanal untuk promosi online setiap waktu selalu bertambah, dan tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi pebisnis online, karena bisa memilih cara melakukan promosi online sesuai kebutuhannya.

Atau bisa menggunakan semua kanal tersebut agar promosi online yang dilakukan semakin maksimal dan produk yang di jual semakin di kenal masyarakat. Sebelum membahas lebih jauh cara praktis seperti apa yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis online, ada baiknya untuk mempertimbangkan memasang widget dari media tersebut pada website sehingga lebih mudah untuk melakukan share, sebagai solusi mendatangkan traffic atau pengunjung ke situs atau website di mana pebisnis memposting produk yang dijualnya.

Namun, sebelum memulai promosi online tentu pebisnis harus memiliki rencana bisnis terlebih dahulu yang akan membantu memetakan cara promosi seperti apa yang cocok untuk meningkatkan penjualan produk. Rencana bisnis yang sederhana sekalipun akan membantu pebisnis membuat content yang akan mendukung promosi onlinenya, selain itu rencana bisnis juga akan membantu pebisnis tetap fokus pada tujuan dan langkah yang harus dilakukan untuk mendukung kesuksesan bisnis online tersebut.

Rencana bisnis juga sangat membantu untuk memetakan pasar dan target market produk yang di jual tersebut, seperti contoh akan sangat tidak efektif jika mempromosikan produk yang di sasar untuk ibu rumah tangga tapi di promosikan juga untuk remaja putri meskipun peluang remaja putri merekonomendasikan produk kepada ibunya tetap ada, tapi ada baiknya sebagai permulaan jangan terlalu berspekulasi dan untuk menghemat biaya promosi, lakukan pada target pasar yang sesuai. Berikut beberapa cara praktis untuk membantu promosi online yang bisa menjadi referensi pebisnis online pemula.

Promosi online melalui media sosial

Semakin lama media sosial semakin menunjukkan prestasinya sebagai salah satu kanal yang paling tepat untuk melakukan promosi online. Bahkan, beberapa toko online semakin bertambah besar dan jaringan penjualannya semakin luas berkat media sosial. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan untuk membantu promosi online, diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Namun tetap saja untuk menjadikan media sosial tersebut sebagai media promosi online, pebisnis harus mengetahui tips dan trik jitu agar promosi yang dilakukan tidak sia-sia dan tepat sasaran sesuai target pasar, diantaranya dalah konsistem menambah jumlah pertemanan atau followers.

Jika ingin menggunakan media sosial sebagai media promosi online, semakin banyak jumlah pertemanan atau followers maka akan peluang keberhasilan promosi yang dilakukan akan semakin besar. Untuk alasan itulah, selain secara teratur membuat content promosi, menambah jumlah followers juga sangat penting. Pilihlah followers yang memiliki kriteria sesuai dengan produk yang di jual atau target pasar yang di tuju, sehingga promosi yang dilakukan tidak sia-sia dan efektif. Posting content atau photo produk yang baik dan berkualitas, sehingga selain melakukan promosi, pebisnis online juga bisa membangun image positif untuk bisnisnya. Untuk itu, jika ingin sukses berpromosi melalui media sosial, maka aktiflah di media sosial tersebut, lakukan update content atau posting photo secara teratur, juga jangan lupa aktif berkomentar atau berbagi informasi yang bermanfaat, sehingga followers akan semakin menyukai dan mengingat akun media sosial pebisnis tersebut.


Promosi melalui Marketplace

Satu lagi kanal yang sangat potensial untuk promosi online, yaitu marketplace. Saat ini pertumbuhan marketplace di Indonesia, baik skala besar maupun kecil semakin menjamur, dan tentu saja hal ini sangat membantu pebisnis online untuk mengoptimasi bisnisnya agar semakin di kenal masyarakat. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan pebisnis online jika menggunakan marketplace sebagai media promosinya, diantaranya promosi bisa dilakukan secara instant atau dapat langsung digunakan sebagai media promosi karena marketplace telah menyiapkan berbagai fitur yang mudah untuk mendukung promosi online, bahkan pebisnis online bisa membuka toko online sendiri di marketplace sebagai salah satu cara untuk mendukung promosi online.

Ada banyak marketplace yang bisa di pilih sebagai promosi online, mulai dari yang besar seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX, Elevenia, dan masih banyak lagi, termasuk marketplace kecil yang biasanya menjual produk dengan spesifikasi khusus. Dengan fitur yang lengkap, pebisnis online bahkan dapat menggunakannya untuk membuka toko online sebelum membangun toko online sendiri.

Promosi melalui Email Marketing

Cara ini mungkin terbilang sedikit ketinggalan zaman, namun masih banyak toko online besar yang memanfaatkan media promosi ini karena mendatangkan cukup banyak traffic untuk toko onlinenya, apalagi jika isi email tersebut menarik perhatian konsumen. Umumnya, konsumen yang mendaftarkan alamat emailnya adalah mereka yang benar-benart tertarik dengan toko online atau produk yang di jual, sehingga jarang sekali yang merasa komplain atau keberatan jika menerima email marketing dari toko online.

Kirimkan email marketing secara teratur, dan jika memungkinkan buatlah content email marketing semenarik dan sekreatif mungkin sehingga konsumen yang menerima email akan tertarik dan mengunjungi toko online. Selain update content atau produk, sesekali lakukan promosi dengan memberikan diskon, penawaran, atau potongan harga, sehingga konsumen merasa tidak sia-sia telah mendaftarkan alamat emailnya pada toko online pebisnis online. Tapi, pastikan ada satu fitur dalam email marketing yang dikirimkan, yaitu link untuk unsubcribe email jika konsumen tidak ingin lagi berlangganan email marketing dari toko online tersebut.

Promosi menitipkan link dari blog-blog pribadi

Umumnya promosi ini dilakukan oleh situs-situs besar, seperti marketplace, namun tidak menutup kemungkinan bagi toko online perseorangan untuk menggunakan cara promosi ini. Promosi dengan cara ini biasanya dilakukan dengan menitipkan link pada blog-blog pribadi yang berpotensi besar mendatangkan traffic ke toko online pebisnis.  Umumnya blog yang mengirimkan traffic ini akan mengulas produk yang di jual, lalu menyisipkan link ke toko online pebisnis sehingga konsumen yang membacanya akan tertarik dan berkunjung melalui link tersebut. Langkah promosi ini kini semakin sering digunakan situs atau toko online besar, namun tidak ada salahnya jika toko online kecil juga mencobanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel