Ingin Kerja Online? Berikut Hal Penting Yang Harus Diketahui

Hal penting yang harus diketahui jika ingin kerja online - Teknologi telah benar-benar memudahkan kehidupan manusia karena tidak hanya membantu aktivitas sehari-hari namun juga dalam hal bekerja dan berbelanja. Berkat teknologi, seseorang tidak perlu lagi bersusah payah keluar rumah hanya untuk berbelanja, cukup hanya berbekal komputer, smartphone, dan internet, acara belanja pun bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Begitu pun dalam urusan pekerjaan, seseorang bisa melakukan kerja online untuk mendapatkan penghasilan dari mana saja dan kapan saja, bahkan ada jenis-jenis kerja online yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan sebagai tambahan penghasilan. Saat ini sudah tersedia situs-situs lowongan kerja yang membantu seseorang untuk mendapatkan pekerjaan secara online, baik full time maupun part time. Bahkan, seseorang bisa memilih jenis pekerjaan sesuai dengan pengalaman dan latar belakang pendidikannya sehingga tidak perlu harus mendatangi perusahaan demi perusahaan secara langsung.

Ingin Kerja Online? Berikut Hal Penting Yang Harus Diketahui


Tidak hanya memudahkan dari sisi mencari lowongan kerja, media online juga memudahkan seseorang untuk melakukan wawancara kerja jarak jauh dan tidak dibatasi hanya jenis pekerjaan yang berada di lingkungan terdekat. Tidak hanya itu, kerja online pun bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga yang sehari-hari selalu fokus untuk mengurus keluarga dan anak-anak sambil mengisi waktu luang dengan pekerjaan yang menghasilkan.

Hal Penting Yang Harus Diketahui Saat Ingin Kerja Online

Bahkan sudah banyak diberitakan bagaimana seseorang yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga sukses menjalankan bisnisnya yang berawal dari kerja online di rumah. Dengan kata lain, tanpa harus keluar rumah seseorang bisa mendapatkan penghasilan hanya dengan bekal kerja online. Selain itu, kerja online memungkinkan seseorang bisa mengatur waktunya secara fleksibel, kapan kira-kira waktu yang paling baik untuk bekerja dan kapan waktu untuk beristirahat.

Meskipun kerja online menjanjikan berbagai kemudahan dalam menjalaninya, tapi tetap saja yang namanya bekerja membutuhkan tidaklah mudah karena membutuhkan persiapan-persiapan khusus agar apa yang direncanakan berjalan lancar. Berikut beberapa hal penting yang akan membantu mempersiapkan kerja online agar berjalan sesuai dengan rencana dan mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

Tersedia perangkat khusus untuk melakukan kerja online

Poin pertama untuk melakukan kerja online tentu saja menyediakan perangkat khusus untuk menunjang berbagai jenis kerja online yang akan dilakukan, misalnya menjadi desainer grafis, desainer web, atau pekerjaan sejenis lainnya, tentu saja harus memiliki perangkat khusus seperti komputer atau laptop dengan spesifikasi cukup tinggi untuk menunjang kinerja kerja online tersebut. Selain itu, tersedia jaringan  internet dengan kecepatan yang cukup juga sangat penting untuk memaksimalkan kerja online agar hasil kerja yang didapatkan memuaskan orang yang memberi pekerjaan tersebut.


Jika memungkinkan, siapkan ruangan kerja khusus untuk melakukan kerja online

Ada beberapa jenis kerja online yang membutuhkan daya konsentrasi tinggi sehingga membutuhkan ruangan khusus untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Untuk alasan itulah, jika mungkin sediakan satu ruang kerja khusus untuk meminimalisir gangguan dari lingkungan sekitar karena konsep kerja online sangat berbeda dengan bekerja pada umumnya yang dilakukan di sebuah tempat yang di sebut kantor. Tidak memiliki lahan atau tempat untuk ruangan kerja khusus? Jangan khawatir karena saat ini telah tersedia berbagai tempat yang bisa di sewa untuk melakukan kerja online lengkap dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan, seperti jaringan internet atau WIFI.

Tidak hanya itu, saat ini banyak pengembang perumahan yang membangun hunian dengan konsep SOHO (Small Office Home Office), sehingga pekerja online bisa melakukan berbagai pekerjaannya dari rumah namun dengan konsep suasana seperti kantor lengkap dengan fasilitas kantor pada umumnya. Bahkan, cafe-cafe atau restoran pun sudah mulai ramah terhadap pekerja online dengan menyediakan fasilitas untuk kerja online dan mendesain ruangannya senyaman mungkin untuk orang-orang yang kerja online.

Profesional serta disiplin dalam membagi dan mengatur waktu

Poin ini terbilang sangat penting karena seringkali pekerja online merasa keteteran dalam soal membagi waktu untuk melakukan kerja online. Tidak ada atasan atau seseorang yang hadir secara langsung untuk mengawasi pekerjaan membuat seorang pekerja online kadang terlena dengan hal tersebut sehingga seringkali menjadi santai.

Padahal ketepatan dalam menyelesaikan pekerjaan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi seorang pekerja online, karena hal itu akan menjadi catatan klien untuk evaluasi rencana memberikan pekerjaan selanjutnya. Untuk itu, penting bagi seorang pekerja online untuk mulai menanamkan sikap profesional dan disiplin dalam mengatur waktu untuk melakukan kerja online agar kredibilitasnya menjadi terpercaya di mata klien.

Memiliki tutur bahasa yang baik dan sopan

Kerja online memungkinkan seseorang yang memberi kerja dan pekerja tidak harus bertemu secara langsung, bahkan keduanya bisa tinggal di lain kota atau bahkan di lain negara. Namun, bukan berarti tidak melakukan tatap muka akan menghilangkan sikap sopan santun dalam bertutur baik secara lisan maupun tulisan, karena teknologi pun sudah memberi kemudahan untuk melakukan hal tersebut sekalipun tidak bertatap muka secara langsung di tempat yang sama. Sudah tersedia banyak aplikasi online yang memungkinkan orang yang berbeda tempat tinggal melakukan percakapan secara langsung, baik melalui suara atau bertatap muka, salah satunya dengan aplikasi Skype.

Sedangkan untuk melakukan komunikasi secara tulisan, aplikasi online pun tersedia sangat banyak dan relatif sangat mudah dilakukan. Tapi yang terpenting adalah memiliki tutur bahasa baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan sopan, karena hal tersebut akan menjadi nilai tambah atau poin plus untuk membangun kredibilitas atau image positif di mata klien. Jika klien merasa nyaman, maka tidak menutup kemungkinan kerja sama akan berlangsung untuk jangka panjang dan membuka peluang untuk kerja sama di bidang lainnya.

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel