Ingin Sukses Berbisnis Online Lakukan Hal Berikut Ini

Jika ingin sukses berbisnis online, jangan spamming, berikut hal yang harus dilakukan - Saat ini memulai bisnis online terbilang sangat mudah, tidak memiliki modal atau bahkan tidak memiliki produk sendiri untuk di jual bukan lagi masalah karena sudah tersedia beragam solusinya. Untuk memulai bisnis online tidak memerlukan dana atau modal yang terlalu besar, bahkan yang bermodalkan koneksi internet dan perangkat komputer, seseorang bisa memulai bisnis online dari mana saja dan kapan saja. Tidak memiliki produk untuk di jual? Jangan khawatir karena dalam bisnis online ada sistem yang memungkinkan seseorang memulai penjualan secara online tanpa harus memproduksi produk atau barang sendiri, bahkan tidak perlu menyetok barang tersebut jika berbisnis online dengan metode dropship. Dengan metode dropship, tugas pebisnis online hanya memasarkan produk tersebut dan menerima pembayaran dari konsumen jika tertarik melakukan pembelian, kemudian pembayaran tersebut diteruskan kepada pemilik barang atau supplier yang kemudian akan mengemas dan mengirimkan barang tersebut kepada konsumen. Keuntungan yang didapatkan pebisnis melalui selisih harga antara harga jual yang diberikan supplier dengan harga yang di jual pebisnis.

Ingin Sukses Berbisnis Online Lakukan Hal Berikut Ini


Seiring semakin meningkatnya tren belanja online, maka semakin banyak orang yang tertarik untuk melakoni bisnis online ini, tidak heran jika semakin hari kompetitor semakin bertambah dan membuat seorang pebisnis harus bekerja keras mencari celah untuk memasarkan produknya. Bahkan tidak jarang seorang pebisnis melakukan spamming agar toko online atau produknya cepat di kenal masyarakat terutama konsumen, padahal tidak semua orang suka jika orang lain terutama pebisnis online melakukan spamming pada akun online-nya.

Ingin Sukses Berbisnis Online?

Sebelum membahas lebih lanjut mengapa spamming seharusnya tidak boleh dilakukan jika ingin sukses berbisnis online, ada baiknya mengetahui secara jelas apa itu spamming. Berdasarkan referensi Wikipedia, Spam adalah penggunaan media online atau perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan atau update status kepada orang lain secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki, dan tindakan spam inilah yang di kenal dengan istilah Spamming.

Spamming kerap menjadi solusi instan bagi toko pebisnis online untuk mempromosikan toko online atau produknya agar cepat di kenal masyarakat. Meskipun tindakan tersebut boleh-boleh saja dilakukan, namun sebagian besar masyarakat sangat tidak menyukai spamming karena di nilai sangat menganggu. Namun, masih banyak pebisnis online yang melakukan spamming karena di nilai memberikan manfaat positif karena semakin sering konsumen melihat iklan produk atau toko online maka konsumen akan semakin ingat meskipun cara tersebut tidak di sukai konsumen.

Namun, apapun alasannya sebaiknya pertimbangkan secara matang jika ingin melakukan spamming, karena selain menjual produk atau barang, seorang pebisnis juga harus membangun branding atau citra positif bisnis online-nya jika ingin sukses berbisnis dalam jangka panjang. Jika ingin sukses berbisnis online jangan spamming namun lakukan hal-hal berikut ini.

Post iklan promosi atau photo produk di akun milik sendiri

Langkah pertama untuk membangun image yang positif adalah dengan menge-post photo produk atau iklan promosi di akun atau lapak milik sendiri, dan hindari menge-tag akun orang lain tanpa seizin pemilik akun, karena bisa saja akun milik pebisnis online di unfollow atau bahkan di blokir oleh pemilik akun yang di tag tersebut. Untuk itu, jangan lakukan spamming, melainkan post iklan promosi atau photo produk secara teratur satu demi satu dan hindari menge-post banyak photo sekaligus dalam satu waktu, karena hal itu pun bisa menganggu akun orang lain.

Mintalah izin jika ingin melakukan tag atau mention kepada pemilik akun, atau buatlah status sekreatif mungkin yang mengundang rasa ingin tahu konsumen sehingga dengan sukarela mereka bersedia di mention atau di tag, cara ini memberikan dua keuntungan, yaitu membuat konsumen penasaran dengan produk atau toko online tersebut dan yang kedua jaringan pertemanan konsumen pun akan melihat produk atau toko online melalui fitur mention atau tag yang berpeluang akan tertarik dengan produk tersebut.


Melakukan promosi dengan bantuan akun atau toko online lain yang memiliki teman atau followers lebih banyak

Cara lain untuk menghindari promosi dengan tindakan spamming adalah melakukan promosi dengan bantuan akun atau toko online lain yang memiliki jumlah teman dan followers cukup banyak minimal 1000 akun. Cara promosi ini terbilang cukup efektif membantu memperkenalkan toko online serta produk yang di jual secara online. Tapi ada sebagian akun toko online yang sudah memiliki jumlah followers sangat banyak akan membantu mengiklankan dengan biaya tertentu, jika memiliki budget dana yang cukup, cara ini cukup bagus untuk membantu memperkenalkan atau mempromosikan toko online atau produk pebisnis pemula, sehingga konsumen tertarik untuk mengunjungi atau memfollow akun tersebut.

Sedikit tips jika ingin menggunakan jasa toko online atau akun lain untuk promosi, pilih photo yang berkualitas dan berikan caption pada photo semenarik mungkin sehingga konsumen akan tertarik. Jika perlu berikan penawaran khusus, diskon, atau potongan harga agar konsumen semakin tertarik dan segera memfollow akun pebisnis online.

Mintalah konsumen yang telah berbelanja untuk memberikan testimoni

Untuk bisnis online, testimoni dari konsumen yang sudah berbelanja memiliki arti yang sangat penting, semakin banyak testimoni positif maka konsumen akan semakin percaya dengan pelayanan toko online serta kualitas produk yang di jual. Namun, jangan mencoba-coba untuk membuat akun palsu yang membantu memberikan testimoni positif, karena jika ketahuan konsumen kredibilitas yang di bangun dengan susah payah akan hancur seketika. Upload screenshoot testimoni tersebut di akun toko online untuk menambah rasa percaya konsumen, tapi ada baiknya sebelum mengupload screeshoot tersebut mintalah izin kepada konsumen apakah bersedia akun atau namanya di tampilkan pada screenshoot tersebut.

Jangan hanya menjual, selipkan informasi yang menarik dan edukatif

Jika ingin sukses, jangan hanya fokus untuk menjual produk sebanyak-banyaknya dan mendapatkan keuntungan besar serta melakukan promosi di mana-mana agar toko online semakin di kenal masyaarakat. Ada cara lain yang membuat nama atau brand toko online bertahan dalam jangka panjang, yaitu sambil memperkenalkan toko online dan produk, selipkan informasi yang menarik dan bernilai edukasi setidaknya yang terkait dengan produk yang di jual. Hal ini tidak hanya memberikan tambahan pengetahuan kepada konsumen, namun juga membantu mempromosikan produk secara tidak langsung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel