Mengenal Conversion Rate Optimization atau CRO, Elemen Penting Dalam Bisnis Online

Mengenal conversion rate optimization - Sekilas mungkin memulai bisnis online nampak sangat mudah, cepat dan relatif tidak membutuhan pengetahuan yang terlalu sulit. Tapi ternyata tidaklah semudah itu karena sama halnya dengan bisnis lainnya, untuk mencapai kesuksesan juga membutuhkan kerja keras dan kemampuan untuk mengupgrade diri dengan teknologi baru. Tidak bisa dipungkiri dengan karakteristik bisnis online yang sangat dekat dengan teknologi karena memang jenis bisnis ini lahir dari pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka mutlak sangat dibutuhkan kemauan serta kemampuan untuk terus mengupgrade diri dengan teknologi baru. Rasanya baru kemarin kita bekerja keras untuk belajar megoptimasi bisnis online dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) agar trafik pengunjung ke situs atau bisnis online kita meningkat. Tiba-tiba kita dituntut harus mulai mempelajari apa yang disebut CRO atau Conversion Rate Optimization, elemen ini tentu sangat penting dalam bisnis online.

Mengenal Conversion Rate Optimization atau CRO


Sama halnya dengan teknik SEO, CRO pun menjadi elemen yang memegang peranan sangat penting bagi terciptanya penjualan atau transaksi dalam sebuah bisnis online. Karena tanpa CRO maka kerja keras untuk mengoptimasi bisnis dengan teknik SEO akan sia-sia. Mungkin dengan teknik SEO yang telah kita pelajari dan dipraktekkan, jumlah pengunjung situs atau website bisnis online kita terus meningkat. 

Namun akan menjadi sia-sia jika jumlah pengunjung yang sangat banyak tersebut tidak diikuti peningkatan yang signifikan dalam penjualan atau transaksi. Artinya sebagian besar atau bahkan lebih dari 75% pengunjung hanya melihat-lihat produk yang kita jual tanpa bermaksud untuk bertransaksi. Memang adalah hal yang wajar jika pada kunjungan pertama calon konsumen hanya melihat-lihat produk tanpa berniat melakukan pembelian. Namun setidaknya dengan teknik CRO yang kita terapkan, diharapkan pengunjung tersebut akan kembali lagi untuk melakukan pembelian atau transaksi penjualan.

Conversion Rate Optimization atau CRO

Lantas, apa sih sebenarnya definisi dari CRO tersebut?. Berdasarkan Wikipedia, CRO adalah metode yang digunakan untuk menciptakan pengalaman pada sebuah situs atau website yang sangat berguna untuk mengkonversi pengunjung atau visitor menjadi pembeli atau konsumen, dalam sebuah bisnis online. Selain dapat membantu meningkatkan penjualan, CRO juga sangat membantu untuk menjadikan bisnis online yang kita kelola lebih efektif dan efisien karena untuk selanjutnya kita tidak perlu lagi menghamburkan banyak tenaga dan biaya untuk megoptimasi bisnis online yang di kelola.

Teknik CRO juga membantu pebisnis untuk membuat rencana bisnis yang lebih fokus dan terarah serta menciptakan sistem tersendiri sehingga pebisnis sudah memiliki referensi yang cukup jika di kemudian hari berencana untuk menambah produk yang di jual atau bahkan membuka bisnis baru setelah bisnis yang pertama mapan dan berjalan dengan baik. Selain tujuan yang sifatnya untuk meningkatkan penjualan, CRO juga akan membantu kita untuk meningkatkan jumlah followers pada bisnis online yang kita kelola, yang sangat membantu mempermudah promosi atau jika kita ingin mengenalkan produk baru kepada masyarakat. Berikut beberapa diantaranya teknik CRO yang bisa kita terapkan untuk lebih mengoptimasi situs atau website bisnis yang kita kelola.

Optimization dengan memperhatikan tampilan situs atau website secara keseluruhan

Kesan pertama saat pengunjung atau visitor membuka atau meloading situs atau website kita tentu sangat penting, bayangkan jika situs yang kita miliki berantakan dan tidak terlihat rapi maka secepat kilat pengunjung akan kembali menutup situs tersebut. Untuk alasan itulah sebelum memulai bisnis online sebaiknya pebisnis menetapkan target market atau pasar yang ingin di bidik dengan produk yang dijual tersebut. Seperti fashion untuk anak muda, ibu rumah tangga dengan rentang usia tertentu, dan masih banyak lagi. Hal ini erat kaitannya dengan desain situs atau website yang akan dibuat sebagai elemen penting dalam memasarkan produk-produk tersebut. 

Jika target market adalah anak muda atau remaja, maka kita bisa memilih desain situs atau website yang sesuai dengan selera anak muda atau remaja pada umumnya. Sebaliknya, jika target market adalah ibu-ibu muda maka kita bisa memilih desain situs atau website yang di sukai target pasar tersebut. Dengan demikian, kita sudah menciptakan satu pengalaman pertama yang berkesan di benak pengunjung situs atau website kita, yang pastinya berpotensi untuk melakukan pembelian. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, usahakan untuk  mendesain navigasi situs atau website semudah mungkin dan tidak terlalu rumit sehingga pengunjung yang tidak memiliki waktu luang terlalu banyak bisa segera melakukan pembelian atau bertransaksi.

Ada fitur yang memudahkan pengunjung atau pelanggan melakukan kontak secara Real Time

Hampir semua situs marketplace atau e-commerce besar menyediakan fitur yang memungkinkan pengunjung atau konsumen melakukan kontak secara langsung, terutama ketika mengalami kesulitan saat akan melakukan pembelian. Sepintas, mungkin tidak semua orang membutuhkan fitur ini, namun dengan adanya fitur ini maka akan menjadi nilai lebih bagi situs atau website pebisnis di mata konsumen.

Letakkan fitur ini di lokasi yang strategis sehingga mudah di akses oleh pengunjung, dan jika waktu yang kita miliki terbatas untuk menjawab kontak secara langsung, maka letakkan jadwal di dekat fitur tersebut di sertai informasi kontak lain yang dapat di hubungi pelanggan di luar jam-jam tersebut.

Conversion rate dengan merancang sebuah banner promosi yang menarik

Satu hal yang tidak dapat di pungkiri bahwa hampir semua pengunjung atau pelanggan menyukai promosi atau diskon yang biasanya dijadikan strategi marketing para pebisnis. Untuk itu, ada baiknya pebisnis juga melakukan promosi dengan cara seperti ini dengan cara membuat banner yang didesain semenarik mungkin untuk mengoptimasi CRO.

Jika memungkinkan, banner promo tersebut bisa diletakkan secara slide di halaman atas website, namun jika tidak memungkinkan banner bisa diletakkan di area kanan bawah karena berdasarkan riset dalam hal urutan penglihatan, mata manusia cenderung dari kiri atas, ke kanan atas, dilanjutkan ke kanan bawah, dan baru ke kiri bawah.

Jadikan situs atau website menjadi terpercaya

Selama ini yang menjadi alasan terbesar sebagian masyarakat enggan berbelanja secara online, salah satunya adalah rasa takut tertipu. Untuk alasan itulah sebaiknya mulai dari sekarang pebisnis mulai memikirkan bagaimana menjadikan situs atau website menjadi lebih terpercaya di mata masyarakat, salah satunya dengan memverifikasikan situs atau website bisnis online kita pada situs polisionline.com.

Selain itu, jika situs yang kita miliki memungkinkan pelanggan melakukan transaksi keuangan, jangan lupa untuk mengamankan situs bisnis online kita dari bahaya kejahatan perbankan secara online atau Cyber Crime sehingga pelanggan atau konsumen yang akan bertransaksi lebih terlindungi dan aman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel