Mengenal SEO Off Page Untuk Pebisnis Online Pemula

Mengenal SEO Off Page Untuk Pebisnis Online Pemula - SEO atau Search Engine Optimization merupakan kata yang sangat populer dikalangan pengguna internet seiring dengan semakin bertumbuhnya jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya. SEO di anggap sebagai salah satu cara untuk memunculkan peluang mendatangkan traffic atau pengunjung ke sebuah situs atau website dengan menduduki halaman pertama sebuah pencarian sesuai kata kunci yang dicari pengguna internet. SEO Off Page dan On Page merupakan salah ilmu penting yang harus di kenal dan dipelajari oleh pebisnis online pemula. Untuk menduduki halaman pertama search engine atau mesin pencari itu tidaklah mudah, ada ribuan bahkan jutaan situs yang bersaing untuk menduduki halaman pertama search engine yang dianggap berpeluang besar untuk dikunjungi konsumen dalam bisnis online.

Mengenal SEO sangat penting untuk suksesnya bisnis online


Sebagian pebisnis online menyangka mempelajari SEO adalah hal yang sangat sulit dan rumit. Padahal sesungguhnya jika di kaji lebih jauh, SEO tidaklah sesulit yang dibayangkan meskipun untuk mempelajarinya dibutuhkan ketekunan dan kemauan belajar yang cukup tinggi.

SEO Off Page Bisnis Online

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada dua jenis SEO yaitu On Page dan Off page, dan untuk kali ini Anda akan di ajak untuk mengenal lebih jauh manfaat SEO Off Page untuk meningkatkan omzet bisnis online. SEO meskipun cukup rumit namun bisa dipelajari oleh siapapun, termasuk pebisnis online, meskipun cukup banyak ahli SEO yang bisa membantu pebisnis online, namun ada baiknya mempelajari sendiri dasar-dasar SEO untuk membantu membangun bisnis online. 

Pada tahap awal membangun bisnis online, ada kalanya seseorang tidak memiliki cukup dana untuk membayar seorang ahli SEO profesional, untuk meminimalisir pengeluaran saat memulai bisnis online inilah setidaknya mulailah untuk mempelajari sedikit demi sedikit apa itu SEO dan bagaimana cara mengoptimasi bisnis agar memunculkan peluang besar mendapatkan kunjungan dari pembeli yang potensial.

Dalam sebuah bisnis online, SEO Off Page juga tidak kalah pentingnya dengan SEO On Page, bahkan tidak jarang banyaknya pengunjung yang datang ke sebuah toko online justru berkat optimasi SEO Off Page. Karena menggunakan SEO Off Page tidak hanya berpeluang untuk menjual produk semata tapi toko online juga di tuntut untuk membangun networking dengan konsumen yang loyal, sehingga SEO Off Page terkesan tidak terlalu teknikal.

Meskipun penting bagi pebisnis online untuk mengenal SEO secara keseluruhan, baik On Page maupun Off Page, namun untuk kali ini mari kita mengenal lebih dekat apa itu SEO Off Page untuk sebuah bisnis online. Namun untuk diketahui, pada intinya SEO Off Page fokus pada penambahan jumlah backlink, yaitu link masuk dari website lain yang memiliki skor bagus di mata search engine sehingga pengaruh baik untuk situs atau website yang di miliki pebisnis online. Intinya dalam SEO Off Page, semakin banyak link yang masuk ke website pebisnis, maka akan semakin tinggi pula posisi website tersebut. Berikut mari mengenal SEO Off page dan bagaimana kerja SEO ini untuk meningkatkan penjualan bisnis online.

Sukses SEO Off Page melalui Media sosial

Tidak bisa di pungkiri jika saat ini media sosial menjadi solusi untuk meningkatkan SEO sebuah bisnis online, bahkan beberapa aplikasi media sosial memberi ruang yang cukup lebar untuk para pebisnis online menggunakan aplikasi tersebut sebagai usaha optimasi bisnis online-nya. Manfaatkan fitur-fitur canggih yang sudah di desain pemilik aplikasi media sosial untuk membangun komunitas bisnis online-nya, karena dengan fasilitas canggih ini sesungguhnya sangat menolong pebisnis online, terutama pebisnis online pemula untuk meperkenalkan produk yang dimilikinya. Lantas, bagaimana caranya? 

Aplikasi media sosial seperti Facebook memiliki fasilitas untuk membuat grup dan fanspage, yang bisa digunakan pebisnis online untuk membangun komunitas atau jejaring sosial. Manfaatkan fasilitas wall pada grup atau fanspage tersebut untuk berbagi link atau bahkan memasarkan link produk yang di jual. Usahakan sebelum membagikan link produk yang di jual, buatkan kalimat pengantar yang kreatif dan tidak hanya bertujuan untuk mengajak anggota komunitas berbelanja, hal ini tentu saja akan menarik perhatian pembaca kemudian berkunjung ke website milik pebisnis online. Selain membangun komunitas online tersendiri, pebisnis online bisa memanfaatkan komunitas yang di bangun pihak lain, namun tetap saja ada rambu-rambu yang penting diperhatikan, antara lain usahakan untuk memilih komunitas online yang memiliki kemiripan dengan bisnis online yang saat ini sedang di jalani, karena saat berbagi informasi produk yang di jual, target market-nya sudah jelas.


SEO Off Page melalui artikel marketing

Artikel marketing memiliki peran yang sangat penting dalam mendongkrak SEO Off Page sebuah website atau situs bisnis online, semakin baik dan bermanfaat artikel tersebut, maka peluang mendatangkan traffic akan semakin besar. Setidaknya, ada beberapa rambu dalam membuat artikel yang positif dan berpeluang mendatangkan traffic ke situs atau website toko online tersebut, diantaranya membuat judul semenarik mungkin, namun pastikan ada kesesuaian antara judul dengan isi artikel yang diposting. Selain itu, pastikan artikel tersebut tidak terdeteksi copy paste atau plagiat oleh search engine, seperti Google yang sangat concern dengan masalah copas ini. Untuk itu buatlah artikel marketing yang tidak hanya bernilai edukasi, namun juga bebas dari plagiat.

Ada baiknya sebelum membuat artikel marketing, risetlah kata kunci atau keyword yang paling di minati masyarakat, sehingga akan lebih mudah untuk membuat artikel marketing berpedoman dengan kata kunci tersebut. Jika sudah selesai membuat email marketing, gunakan Bold atau Italic untuk menandai kata kunci, karena akan membantu mesin pencari mengenali artikel yang di buat berdasarkan deteksi kata kunci tersebut. Jangan lupa untuk membuat memasang backlink berupa link hidup yang mengarah kepada produk yang di bahas atau sedang dipromosikan, untuk membantu mesin pencari mengindeks artikel melalui backlink yang terpasang dalam artikel tersebut.

SEO Off Page melalui channel Youtube dengan berbagi video

Untuk mengoptimasi SEO Off Page yang satu ini memang membutuhkan keterampilan khusus, terutama keterampilan mengedit video dan mendesain video agar tampak menarik. Namun, mengoptimasi SEO Off page melalui channel ini memiliki peluang yang sangat besar, karena jumlah pengunjung aplikasi berbagi video terutama Youtube sangat banyak. Backlink yang di bangun melalui channel ini peluangnya sangat besar untuk meningkatkan jumlah atau traffic pengunjung ke website atau situs yang dimiliki pebisnis online.

Lantas, konsep video seperti apa yang berpeluang meningkatkan traffic? Usahakan untuk mengunggah video yang relevan atau berkaitan dengan produk yang di jual, konsepnya bisa dalam bentuk video review, video tutorial, video testimoni dari konsumen yang sudah cukup lama menggunakan produk tersebut, dan masih banyak lagi. Sesuaikan konsep tersebut dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki, agar tidak menjadi beban karena merasa betapa sulitnya memulai bisnis online.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel