Tips Sukses Berbisnis Online Via Messenger

Tips sukses brbisnis online via messenger - Salah satu keuntungan mengoptimasi bisnis dengan membangun bisnis online adalah tersedianya banyak tools yang memungkinkan sebuah bisnis secara instant dapat dikenal masyarakat. Salah satu tools berbisnis online adalah via messenger yang memungkinkan pebisnis sangat mudah berkomunikasi dengan konsumennya. Informasi yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja membuat bisnis inline semakin diminati sebagian masyarakat yang ingin memulai bisnis namun kerap mengalami berbagai kesulitan. Seperti tidak memiliki produk sendiri atau alasan klasik tidak memiliki modal besar. Dalam kondisi seperti ini, bisnis online hadir sebagai solusi dengan beragam manfaat dan keuntungan yang tidak hanya dinikmati oleh pelaku bisnis online semata namun juga masyarakat sebagai konsumen.

Tips Sukses Via Messenger Untuk Bisnis Online


Adakalanya harga produk yang didapatkan konsumen melalui toko online jauh lebih murah ketimbang berbelanja secara langsung. Hal ini bisa saja disebabkan berjualan secara online membuat pemilik produk bisa meminimalisir atau menekan biaya produksi produk, seperti biaya promosi yang dengan promosi online bisa dilakukan lebih cepat dan terkadang lebih murah.

Tips Sukses Via Messenger Untuk Bisnis Online

Manfaatkan aplikasi Messenger untuk kesuksesan bisnis online Anda. Memang ada beragam tools atau media untuk mempromosikan bisnis Anda. Karena itu juga menjadi alasan mengapa banyak pebisnis yang memutuskan untuk menggunakan media online sebagai pijakan awal membangun bisnisnya. Namun, di antara banyaknya media online yang kerap digunakan pebisnis, ada beberapa media yang menonjol karena berpeluang besar untuk mendatangkan konsumen yang tertarik untuk membeli produk tersebut. 

Namun, berdasarkan survei yang dilakukan beberapa lembaga riset online, transaksi online ynag terbanyak dilakukan lewat Messenger dibandingkan menggunakan media online lainnya, seperti media sosial, marketplace, situs, dan lainnya. Adapun aplikasi Messenger yang menjadi favorit para pembelanja online di Indonesia adalah BBM, Whatsapp, Facebook Messenger serta Line. Adapun alasan mengapa aplikasi messenger menjadi favorit kalangan pembelanja online adalah karena komunikasi dua arah akan berlangsung lebih cepat dan tersedianya fitur-fitur yang memudahkan keduanya bertransaksi.

Setidaknya, ada beberapa fitur yang membuat messenger menjadi favorit pembelanja online bahkan pebisnis online ketika bersepakat untuk melakukan transaksi online, diantaranya adalah lingkup jangkauanya yang luas, bahkan dapat mengirimkan foto, video, rekaman suara, atau bahkan berinteraksi secara langsung melalui fitur telpon pada messenger. Selain itu, pesan yang disampaikan dapat di akses secepat membuka aplikasi dan terdapat fitur notifikasi atau pemberitahuan sehingga pesan atau obrolan yang masuk dapat langsung di baca. 

Keuntungan lainnya adalah tersedia fitur untuk membuat grup sehingga pebisnis online dapat membangun komunitas konsumen loyalnya, atau sebagai media untuk berbagi produk terbaru secara eksklusif. Bagaimana? Banyak sekali kan…keuntungan yang ditawarkan messenger untuk kesuksesan bisnis online, namun tetap saja ada beberapa tips penting yang akan membantu untuk mengoptimalkan messenger sebagai media partner bisnis online, simak tips sukses berbisnis online via messenger berikut ini.

Gunakan Profil Picture messenger dan Personal status yang relevan dengan produk yang di jual

Penting bagi pebisnis online yang ingin menggunakan messenger sebagai salah satu media untuk mempromosikan produk dan berkomunikasi dengan konsumen adalah memasang profil picture sesuai dengan produk yang di jual. Mungkin toko online tersebut telah memiliki logo sesuai dengan brand yang diusung, namun teratur gunakan produk terutama produk yang paling laris dan paling di buru konsumen sebagai Profil Picture toko online.

Selain itu buatlah personal status yang relevan dengan produk atau promo yang mungkin sedang pebisnis lakukan. Usahakan untuk membuat status yang menarik, kreatif, dan mengundang rasa penasaran konsumen, dengan begitu konsumen akan tertarik dan memutuskan untuk bergabung atau menjadi kontak pebisnis online. Ingatlah! Dalam bisnis, database pelanggan sangat penting, semakin banyak kontak makan peluang bisnis online untuk di kenal akan semakin besar.


Simpan teks atau pertanyaan penting dari konsumen bisnis Anda

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia adalah gemar bertanya ini dan itu kepada toko online untuk memastikan tidak ada kesalahan ketika membeli produk secara online. Yah…meskipun belanja online kini semakin tren di kalangan masyarakat, namun tetap saja unsur kepercayaan sangat penting bagi masyarakat, apalagi berdasarkan hasil survei yang dilakukan mengapa dengan jumlah penduduk yang termasuk terbanyak di dunia, persentase penetrasi bisnis online di Indonesia masih sangat kecil, bahkan lebih kecil dari negara tetangga terdekat Indonesia, yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Salah satu alasanya adalah belum semua masyarakat percaya akan kualitas produk yang mereka beli secara online. Untuk itu, melalui aplikasi messenger biasanya konsumen lebih leluasa bisa berkomunikasi dan bertanya banyak hal tentang produk yang akan mereka beli. Adakalanya pertanyaan yang diajukan kosumen berulang-ulang, untuk itu simpanlah obrolan atau chat dari konsumen yang diperkirakan sering ditanyakan, sehingga pebisnis bisa langsung copy paste pertanyaan tersebut lengkap dengan jawabannya. Hal ini akan menyebabkan respon dari pebisnis lebih cepat dan tentu saja pebisnis yang responsif akan berpeluang mendapatkan transaksi lebih besar.

Gunakan tutur bahasa dan kalimat yang ramah, jika perlu selipan emoticon agar lebih dekat dengan konsumen

Meskipun obrolan dilakukan via tulisan, bukan berarti menghilangkan kebiasaan untuk bertutur bahasa yang baik, ramah, dan sopan. Ingatlah, pembeli adalah raja sehingga pebisnis harus melayani konsumen semaksimal mungkin, memang kerap ada konsumen yang mengesalkan namun untuk membangun bisnis online yang sukses kesabaran mutlak sangat diperlukan, karena kesabaran adalah kunci untuk mendapatkan empati serta simpati dari konsumen. Untuk itu, meskipun komunikasi dilakukan via obrolan tertulis lewat messenger, gunakan bahasa yang sopan dan ramah saat konsumen mengontak untuk menanyakan produk yang akan mereka beli atau mungkin hanya sekadar bertanya ini itu tentang produk yang membuat mereka tertarik.

Salah satu keuntungan menggunakan messenger adalah adanya emoticon, dan fitur ini bisa digunakan pebisnis untuk memberikan jawaban yang terkesan ramah jika ada konsumen yang bermaksud menawar produk yang di jual. Biasanya, ada beberapa jenis konsumen yang meskipun sudah tertera sudah harga pas dan tidak bisa di tawar, masih suka mencoba untuk menawar. Ini merupakan cara aman pebisnis untuk menjawab dengan ramah dan sopan jika ada konsumen yang mencoba menawar produk, sehingga konsumen tidak tersinggung dan bisa saja transaksi dilanjutkan.

Bagaimana, mudah bukan? Silahkan mencobanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel