Tips Sukses Wawancara Online

Tips sukses wawancara Online - Teknologi berkembang sangat pesat dan ada banyak aktivitas serta pekerjaan manusia yang sangat terbantu dengan kemajuan teknologi ini, bahkan teknologi juga menjadi salah satu faktor yang turut menyumbang perubahan pola hidup dan interaksi dalam masyarakat, termasuk dalam mencari lowongan kerja. Jika dulu mencari lowongan kerja identik melalui surat kabar atau majalah, kini masyarakat dapat mengakses informasi tersebut melalui media online dari mana saja dan kapan saja. Bahkan, masyarakat dapat mengakses informasi lowongan kerja yang berasal dari daerah atau negara yang beribu-ribu mil jauhnya hanya dengan sentuhan jari. Hanya berbekalkan email atau akun di website khusus lowongan kerja, masyarakat dapat mengirimkan lamaran atau data diri secara lengkap kepada perusahaan tertentu tanpa harus repot datang secara langsung. Tidak hanya mengajukan lamaran kerja, seorang kandidat terpilih untuk mengisi lowongan kerja tersebut bahkan bisa melakukan wawancara online dengan pihak perusahaan yang akan merekrutnya.
 
Tips sukses wawancara Online
 

Perhatikan tips sukses untuk mendukung wawancara online

Bagi sebagian orang yang terbiasa mengajukan aplikasi lamaran kerja secara online pastinya sudah sangat familiar dengan sistem atau cara melakukan wawancara online, namun masih banyak lulusan sekolah atau sarjana yang sedang mencari kerja tidak memahami bagaimana tata cara atau prosedur melakukan wawancara online. Untuk di ketahui, biasanya perusahaan yang sudah menggunakan sistem atau metode wawancara semacam ini bukanlah perusahaan sembarangan, melainkan perusahaan dengan brand yang cukup ternama.
 
Biasanya perusahaan ini mencari seorang kandidat profesional untuk mengisi posisi cukup penting dalam perusahaan, sehingga rela untuk memutuskan mencari hingga ke pelosok daerah bahkan antar negara. Jangan khawatir, biasanya perusahaan yang menerapkan wawancara online akan menanggung semua akomodasi jika kandidat terbaik yang diinginkannya berhasil lolos dalam wawancara online.
 
Lantas, bagaimana cara yang lazim digunakan untuk wawancara online? Umumnya wawancara online dilakukan dengan bantuan aplikasi Skype, media komunikasi online yang sering digunakan untuk berkomunikasi atau melakukan interaksi secara langsung via internet. Aplikasi ini memungkinkan kandidat yang diwawancara dengan pihak yang akan menginterview bertatap muka secara langsung melalui media komputer, sehingga wawancara online bisa di bilang hampir menyerupai wawancara tatap muka secara langsung.
 
Umumnya, jika perusahaan ingin melakukan wawancara secara online, pihak perusahaan akan menghubungi kandidat terlebih dahulu untuk memastikan atau memberitahukan tanggal, hari, dan waktu melakukan wawancara online, sehingga kandidat bisa mempersiapkan segala sesuatu agar wawancara online bisa berlangsung lancar tanpa hambatan. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu untuk mempersiapkan wawancara online agar sukses dan mendapat hasil yang terbaik.
 

Cari informasi detail tentang perusahaan yang akan melakukan wawancara online

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, umumnya perusahaan yang akan melakukan wawancara online akan menghubungi kandidat terlebih dahulu untuk menentukan waktu pelaksanaan wawancara online tersebut. Jika sudah mendapat tanggal dan waktu yang pasti, usahakan untuk mengisi waktu sebelum pelaksanaan wawancara tersebut dengan mencari informasi detail tentang perusahaan, terutama sejarah, visi, serta misi perusahaan.
 
Dengan begitu kandidat akan memiliki bayangan seperti apa perusahaan yang akan merekrutnya, serta gambaran bagaimana pola kerja di perusahaan tersebut termasuk produk apa saja yang dihasilkan perusahaan tersebut. Hal ini akan membantu sekali saat kandidat di cecar pertanyaan mengapa tertarik untuk bergabung atau apa yang diharapkan dengan bergabung di perusahaan tersebut.
 

Periksa dan persiapkan koneksi internet agar saat wawancara online berlangsung berjalan lancar

Faktor yang sangat penting untuk menunjang wawancara online adalah jaringan atau koneksi internet, karena itu pastikan agar koneksi internet berlangsung lancar tanpa hambatan serta pastikan agar kuota internet cukup selama berlangsungnya wawancara tersebut. Hal ini sangat penting, apalagi jika wawancara online dilakukan antar negara sehingga koneksi internet yang lancar sangat mutlak diperlukan. Pertimbangkan untuk menggunakan WIFI sehingga koneksi lebih stabil, atau jika memungkinkan carilah tempat atau lokasi yang menyediakan koneksi internet stabil sehingga wawancara online bisa berlangsung sukses.
 
 

Persiapkan akun media sosial untuk mendukung kelancaran proses wawancara online

Zaman sudah berubah, dan berkembangnya era media sosial membuat informasi sangat mudah di dapat, termasuk informasi yang personal sekalipun yang biasanya di akses melalui akun media sosial seseorang. Untuk alasan tersebut, ada baiknya kandidat berhati-hati dengan akun media sosial yang dimiliknya, karena ada kemungkinan perusahaan sebelum melakukan wawancara akan menggali informasi tambahan melalui akun media sosial kandidat tersebut sebagai pertimbangan awal sebelum melakukan wawancara. Ada baiknya menggunakan media sosial untuk hal-hal yang positif sehingga akan mendukung kelancaran wawancara online yang dilakukan. Tips penting lainnya, persiapkan profil akun media sosial selengkap mungkin dengan informasi yang benar sehingga pihak perusahaan akan mendapatkan gambaran dan kesan yang baik dari kandidat tersebut.
 

Persiapkan copy dokumen saat memasukkan aplikasi lamaran kerja untuk mengantisipasi crosscheck dari perusahaan

Usahakan untuk menyimpan salinan dokumen atau aplikasi saat mengajukan lamaran kerja, kadangkala pihak perusahaan akan melakukan crosschek untuk memastikan kebenaran data-data yang diberikan saat mengajukan aplikasi lamaran kerja. Jangan sampai kandidat lupa atau terlihat kebingungan saat pihak perusahaan mencoba mengonfirmasi data-data yang diberikan.
 

Berikan penampilan terbaik dan gunakan pakaian resmi saat wawancara online

Sekalipun wawancara kerja berlangsung secara online, bukan berarti kandidat bisa tampil seadanya atau biasa saja karena untuk wawancara online menggunakan media Skype, kandidat dan pewawancara akan bertatap muka secara langsung lewat layar komputer. Sebaiknya gunakan pakaian resmi sebagaimana jika melakukan wawancara secara langsung, dan hindari menggunakan pakaian casual untuk memberikan kesan yang baik di mata pewawancara.
 
Gunakan atasan dengan warna yang netral, seperti putih, coklat, abu-abu, biru, atau warna lainnya, untuk memberikan kesan formal, serius, dan menghormati pihak pewawancara. Serta jangan lupa untuk menjawab pertanyaan pewawancara dengan suara yang jelas dan tegas, serta hindari kesan bertele-tele agar waktu wawancara lebih efektif, efisien, dan proses wawancara berlangsung lancar.
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel