CARA PASANG STROBO LED HPL - LAMPU TEMBAK DI MOTOR YANG SALAH KAPRAH

Cara Pasang Strobo LED HPL - Lampu Tembak di Motor yang Salah Kaprah - Sebenarnya teknologi lampu jenis LED (Light Emiting Dioda) sudah ada sejak lama, akan tetapi pengaplikasiannya hanya sebatas sebagai lampu indicator saja pada rangkaian elektronika. Akan tetapi Lain dulu lain sekarang kemajuan teknologi lampu jenis LED bisa dikatakan sangat pesat sekarang ini, dengan bermunculannya produk lampu jenis LED dengan beragam teknologi yang disematkannya salah satunya yaitu jenis HPL (High Power LED) dan produk HPL yang sekarang ini banyak diaplikasikan adalah jenis LUXEON dan CREE. 
 
CARA PASANG STROBO LED HPL - LAMPU TEMBAK  DI MOTOR YANG SALAH KAPRAH
 
 
Pengaplikasian Lampu LED sekarang ini terutama HPL sudah sangat merambah ke segela bidang salah satunya otomotif dan rumah tangga. Tidak bisa dipungkiri lampu jenis LED memiliki banyak kelebihan di banding dengan lampu jenis Bulb (filament) antara lain kebutuhan daya kecil dan masa hidup yang sangat panjang. Apalagi teknologi LED jenis HPL dapat menghasilkan Lumens yang tinggi sehingga intensitas cahaya yang dihasilkan juga sangat kuat.  
 
Banyaknya keuntungan dengan mengaplikasikan lampu jenis LED dibanding lampu jenis bulb, menjadi daya tarik produsen kendaraan roda dua untuk mengaplikasikan teknologi lampu jenis LED sebagai lampu utama terutama untuk produksi sepeda motor keluaran terbaru, sehingga teknologi lampu jenis LED sekarang ini sudah menjadi standarisasi untuk kendaraan produksi terbaru baik sebagai lampu utama bahkan sudah ada yang mengaplikasikan untuk lampu indicator juga seperti lampu sein dan lampu rem.  
 
Pengaplikasian lampu LED pada sepeda motor produksi terbaru tentunya sudah melalui berbagai riset Dan pengembangan dan tentunya sudah melalui uji kelayakan untuk pengaplikasian teknologi lampu LED serta yang utama adalah izin dari pihak yang berwenang sebelum akhirnya resmi disematkan pada produk mereka masing masing, sehingga ketika diaplikasikan pada sepeda motor produk mereka bisa memberikan banyak manfaat untuk pemilik sepeda motor tersebut.  
 
Semakin majunya teknologi lampu jenis LED terutama jenis HPL dan makin murah harganya, melahirkan banyak produsen aksesoris sepeda motor yang berlomba menciptakan produk produk pencahayaan after market yang mengaplikasikan LED jenis HPL sebagai sumber pencahyaannya salah satu contohnya adalah lampu tembak atau lampu sorot. Memang dalam hal penggunaan yang tepat lampu tembak ini sangat membantu sekali karena mempunyai intensitas cahaya yang kuat dengan bantuan lensa cekung cahaya yang dihasilkan semakin focus dan tambah terang serta jangkauan cahaya bisa mencapai puluhan meter. 
 
 
Dengan makin banyaknya produk lampu tembak tentu berdampak semakin murahnya harga lampu tembak tersebut sehingga menimbulkan minat untuk membelinya entah itu karena perlu atau karena ngikutin trend sekarang ini. Akan tetapi pengaplikasian lampu tembak / sorot sekarang ini sudah beralih fungsi dengan banyaknya yang dipasang sebagai aksesoris tambahan pada sepeda motor, dan inilah yang disebut salah kaprah karena penggunaan lampu tembak pada kendaraan tidak bisa sembarangan karena telah diatur dalam undang undang, apalagi lampu tembak tersebut memiliki fungsi strobo ini lebih kacau lagi karena ketika dinyalakan dalam mode strobo. Ketika berkendara bisa membahayakan pengendara lawan arah, karena pancaran cahaya yang dihasilkan dari LED HPL bisa menyilaukan mata apalagi pada saat mode strobo atau kedip kedip. Dan setahu saya pengunaan lampu strobo pun telah diatur oleh undang undang. Bahkan ada pasal yang menerangkan bahwa hanya kendaraan tertentu saja yg di perbolehkan menggunakan lampu tembak / lampu strobo. 
 
Terlepas dari hal di atas saya di sini bukan bermaksud menyudutkan produsen atau konsumen produk tersebut, akan tetapi kebijakan dalam hal penggunaanya lah yang saya maksudkan dengan tidak menyalakan sembarang tempat. Berkendara aman dan nyaman itu harus apalagi berkendara malam hari, dan yang lebih utama perdulikan juga pengendara lain apalagi pengendara lawan arah. 
 
Sekian semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel