Ini Dia Aplikasi Untuk Bisnis Online yang Wajib Di Miliki

Aplikasi Untuk Bisnis Online yang Wajib Di Miliki - Enak ya punya bisnis online, bisa di kelola dari mana saja dan kapan saja? Benarkah? Sebagian memang benar karena karakteristik bisnis online adalah bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, namun tentu saja tidak semudah itu. Pelaku bisnis online harus memiliki aplikasi untuk bisnis online yang akan mendukung beroperasinya bisnis online yang sedang di bangun atau di rintis dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, pelaku bisnis online juga harus memiliki perangkat mobile yang bisa di bawa kemana saja seperti smartphone, yang tentu saja dengan spesifikasi cukup sebagai media untuk menyimpan dan mengoperasikan aplikasi tersebut, karena tanpa spesifikasi pendukung pada smartphone maka aplikasi mobile untuk memudahkan bisnis online akan sulit beroperasi dengan lancar.

Aplikasi Untuk Bisnis Online yang Wajib Di Miliki

Aplikasi untuk bisnis online

Semakin sukses berbisnis online dengan aplikasi mobile. Sama seperti bisnis lainnya, bisnis online tetap harus dipromosikan selain untuk memperkenalkan produk yang di jual juga agar tetap eksis di mata konsumen, karena tidak jarang sebelum memutuskan untuk membeli produk dari toko online, konsumen memiliki sejumlah pertanyaan untuk menyakinkan dirinya sendiri bahwa produk yang dibelinya tersebut pastinya bermanfaat. Tentu saja untuk kebutuhan ini, pelaku bisnis online harus memiliki sejumlah aplikasi yang memudahkannya berkomunikasi dengan konsumen atau calon konsumennya secara real time. Yah…salah satu fitur unggulan dari bisnis online adalah komunikasi yang cepat dan real time sehingga transaksi bisa berlangsung cepat. Lantas, apa saja aplikasi untuk bisnis online yang wajib di miliki pebisnis online, berikut penjelasannya.

Aplikasi Media Sosial

Bisnis online boleh dikatakan adalah bisnis kekinian yang tentunya tidak terlepas dari media sosial, karena media sosial merupakan salah satu fitur pendukung utama untuk mempromosikan sekaligus berkomunikasi dengan konsumen. Tidak hanya itu, terkadang ada beberapa pebisnis online yang justru memulai bisnisnya dengan membuka akun media sosial sebagai toko online-nya. Tentu saja untuk kebutuhan ini, pelaku bisnis harus memiliki beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lainnya, sehingga bisnis online dapat dikendalikan secara mobile dari mana saja dan kapan saja. Bahkan fitur nofikasi pada smartphone kian memudahkan pebisnis online untuk menjalin komunikasi yang intens dengan konsumen secara cepat. Meskipun bukan persyaratan utama, namun alangkah baiknya jika pebisnis online memiliki smartphone dengan spesifikasi yang cukup handal, sehingga aplikasi media sosial bisa berjalan lancar tanpa hambatan pada smartphone tersebut. Soal harga, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak sekali tersedia berbagai merek smartphone dengan spesifikasi cukup handal dan harga yang terjangkau.


Aplikasi Messenger

Selain aplikasi media sosial, aplikasi lain yang tidak kalah penting untuk mendukung bisnis online adalah aplikasi messenger, boleh dikatakan aplikasi ini tidak hanya menjadi favorit para pebisnis online, namun hampir sebagian masyarakat pengguna smartphone menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi. Selain lebih mudah berkomunikasi, dengan aplikasi ini bisa saling berkirim foto, link, video, atau dokumen dengan cepat. Aplikasi ini sangat memudahkan pebisnis online untuk berkomunikasi dengan konsumen, bahkan pebisnis online bisa menggunakannya untuk membuat grup eksklusif sehingga konsumen bisa mendapatkan informasi lebih cepat. Ada banyak aplikasi messenger yang bisa di unduh melalui smartphone, namun ada beberapa yang menjadi favorit banyak orang seperti BBM, Whatsapp, Facebook Messenger, line, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Mobile Banking

Wah…ini sesungguhnya adalah aplikasi paling wajib di miliki bisnis online karena sangat memudahkan untuk bertransaksi dan mengecek pembayaran dengan cepat dan real time. Bisnis online entah itu skala besar atau kecil harus memiliki aplikasi ini jika ingin bisnis online berjalan lancar sehingga tidak perlu mendatangi bank atau mengecek transferan melalui ATM yang bisa memakan waktu lebih lama. Saat ini, hampir semua bank di Indonesia memiliki aplikasi mobile banking untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi, sehingga tidak perlu repot harus datang secara langsung ke kantor terdekat, melalui ATM, atau internet banking yang membutuhkan komputer untuk mengaksesnya. Tidak hanya itu, aplikasi mobile banking yang diluncurkan bank tersebut bisa di unduh pada smartphone dengan berbagai sistem operasi, seperti android dan IOS.

Aplikasi Email

Selain media sosial dan messenger, aplikasi lainnya yang juga penting adalah email. Meskipun sudah banyak aplikasi yang memudahkan untuk berkomunikasi atau sekadar mengirim berbagai dokumen, email tetap menjadi salah satu aplikasi favorit bagi pengguna smartphone. Berkat teknologi smartphone, aplikasi email kini bisa mengirimkan notifikasi secara real time sehingga pemilik bisnis online lebih mudah mengecek email yang masuk tanpa harus mengecek secara langsung di aplikasi tersebut. Untuk itu, pastikan aplikasi email terinstall di smartphone, apalagi jika pemilik bisnis online mencantumkan alamat email-nya sebagai salah satu kanal untuk dihubungi konsumen.

Aplikasi untuk Edit Photo

Photo memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis online karena melalui photo-lah konsumen bisa mengetahui gambaran atau wujud dari produk yang di jual. Sedemikian pentingnya fungsi photo dalam bisnis online membuat pebisnis online wajib memiliki aplikasi untuk mengedit photo, entah itu membuat photo terlihat lebih bagus, atau hanya sekadar menuliskan watermark pada photo. Untuk beberapa kasus, watermark terkadang cukup penting agar photo produk yang di jual tidak di curi oleh pihak lain, apalagi jika produk tersebut terhitung masih baru di pasaran. Selain itu, dengan aplikasi ini tidak perlu lagi harus membawa-bawa laptop ke sana ke mari karena sudah banyak aplikasi photo yang sama berkualitasnya dengan aplikasi pengolah photo pada laptop. Tidak hanya membuat watermark pada photo, aplikasi ini bisa membantu mengatur pencahayaan pada photo sehingga nampak lebih menarik, melakukan cropping, serta mengabungkan beberapa photo dalam sebuah frame.

Aplikasi untuk mengecek ongkos kirim

Pastinya para pebisnis online sering mendapat pertanyaan seperti ini, “ongkos kirimnya ke kota… berapa?.” Juga merupakan poin pertimbangan konsumen saat membeli produk secara online adalah besar biaya ongkos kirim. Tentu saja sebagai pebisnis online yang responsif, pertanyaan harus segera di jawab apalagi jika konsumen menghubungi melalui messenger atau media sosial. Respon yang cepat dalam menjawab pertanyaan konsumen merupakan salah satu cara untuk membuktikan kredibilitas toko online tersebut. Untuk alasan itulah, aplikasi untuk mengecek ongkos kirim secara real time sangat dibutuhkan pebisnis online agar respon lebih cepat. Saat ini sudah banyak aplikasi pendukung sejenis ini, baik yang diluncurkan oleh jasa pengiriman tertentu atau aplikasi mandiri gabungan dari berbagai brand jasa pengiriman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel