Mengenal SEO Untuk Bisnis Online

Mengenal SEO Untuk Bisnis Online - SEO, apa itu? Kalimat tersebut kerap muncul dari para pebisnis online pemula yang masih asing dengan istilah SEO, padahal dalam dunia bisnis online, SEO wajib di pelajari oleh para pebisnis online sebagai salah satu trik untuk menaikkan posisi bisnis online-nya di halaman pertama search engine. Dengan menduduki posisi pada halaman pertama search engine, maka peluang untuk mendatangkan pengunjung ke toko online akan lebih besar, karena itu tidak heran banyak pebisnis online berlomba-lomba meningkatkan kualitas SEO-nya. Namun, tidak semua pebisnis online terutama yang pemula mengenal apa itu SEO untuk bisnis online, padahal ini salah satu komponen penting yang akan membantu meningkatkan traffic atau pengunjung ke toko online miliknya. Untuk itu, ada baiknya sebelum memulai bisnis online ada baiknya mengenal apa itu SEO atau Search Engine Optimization.

Mengenal SEO Untuk Bisnis Online


SEO untuk bisnis online
Optimasi merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan bisnis online. Pengrtian SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic dari search engine menuju suatu situs atau website dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma search engine. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, SEO memiliki peran yang sangat penting dalam membangun bisnis online karena dengan SEO maka website atau situs toko online yang di miliki memiliki peluang lebih besar untuk menempati posisi teratas dalam hasil pencarian atau search engine sehingga berpeluang besar mendatangkan pengunjung. Pengunjung yang datang berlimpah ruah pada akhirnya akan meningkatkan transaksi dan tentu saja pada akhirnya akan meningkatkan penghasilan toko online tersebut. Tidak hanya itu, peluang produk untuk di kenal konsumen tentunya akan lebih besar dibandingkan jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang SEO.


Namun sebelum melakukan aksi SEO, ada hal penting yang yang wajib dilakukan untuk mendukung teknik SEO yang dilakukan, yaitu riset keyword atau kata kunci. Keyword inilah yang akan di optimasi melalui teknik SEO agar situs atau website toko online muncul pada halaman pertama search engine. Sesungguhnya untuk meriset keyword membutuhkan teknik tersendiri, namun tentu saja harus berhubungan dengan jenis produk yang akan di jual secara online. kadangkala hal inilah yang menyebabkan banyak brand melakukan riset kepada konsumennya dengan tujuan untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen dalam mencari sebuah produk. Untuk riset keyword ini sendiri sebenarnya sudah tersedia tools tertentu yang tentu harus diaplikasikan pebisnis online untuk mendukung teknik SEO. Berikut sedikit gambaran penjelasan tentang SEO untuk bisnis online yang seharusnya di ketahui dan di pelajari pebisnis online.

On-page Optimization

On-page Optimization merupakan teknik optimasi yang dilakukan pada halaman website itu sendiri, baik dari segi pembuatan maupun tampilan webpage. Tampilan webpage sangat penting karena search engine biasanya menganalisis halaman per halaman website atau yang di kenal dengan istilah webpage. Dalam On-page Optimization, ada beberapa hal yang wajib di ketahui serta di pelajari, diantaranya :

  • Title Tag, yang merupakan kode tag untuk mengatur page title, yaitu teks yang akan ditampilkan di web browser. Ini merupakan salah satu optimasi penting karena search engine biasanya menggunakan title tag ini saat menampilkan hasil pencarian. Sebagai catatan, pastikan untuk menggunakan maksimal tiga keyword untuk setiap webpage, karena bila terlalu berlebihan ada sejumlah resiko tertentu di mana salah satunya adalah dianggap spam.
  • Alt Tags, ini digunakan untuk memberikan deskripsi pada gambar yang dipasang di website dan biasanya fitur ini akan muncul saat mengunggah gambar atau photo, jangan lupa mengisi dengan keyword yang hendak di bidik. Langkah ini merupakan salah satu cara yang akan membantu mengoptimasi webpage agar muncul di halaman pertama search engine.
  • Memilih nama domain, idealnya nama domain yang dipilih adalah yang mengandung keyword atau kata kunci sehingga memudahkan kerja optimasi SEO pada website bisnis online. Untuk alasan itulah penting sebelum memilih nama domain melakukan riset kata kunci atau keyword agar optimasi bisa dilakukan lebih mudah dan sistematis.
  • Header Tag, di dalam suatu kode pemograman web (HTML) di kenal adanya header tag, seperti H1, H2, H3, dan seterusnya. Untuk di ketahui H1 umumnya digunakan sebagai judul dari isi webpage dan pastikan H1 mengandung kata kunci atau keyword yang paling penting dan yang ingin di bidik. Selanjutnya tinggal meletakkan satu atau dua kata kunci pada H2 dan seterusnya.

Off-page Optimization

Off-page Optimization merupakan teknik optimasi yang dilakukan melalui sisi eksternal sebuah website atau situs yang juga sangat penting dilakukan untuk mengoptimasi halaman pertama search engine. Teknik optimasi ini umumnya terkonsentrasi pada seberapa banyak backlink yang didapatkan sebuah situs atau website. Apa itu backlink? Backlink adalah link yang didapatkan sebuah website dari website lain, yang kerap di sebut juga inbound link. Semakin banyak link yang masuk ke website, maka posisi website akan semakin tinggi, namun tentu saja tidak semua situs atau website yang memberikan link yang bagus, karena itulah pilih link masuk yang berasal dari website lain yang berkualitas. Adapun cara untuk melakukan off-page optimization dengan membangun backlink berkualitas antara lain melalui social bookmarking, meninggalkan komentar di blog lain (namun pastikan cara ini dilakukan dengan natural sehingga tidak berpotensi di hapus oleh pemilik blog atau website karena berpotensi menimbulkan spam di blog tersebut), melalui forum-forum tertentu yang relevan dengan bisnis online atau kata kunci yang di tuju, melalui media sosial terutama yang sedang tren saat ini dan backlink yang didapat pastinya berkualitas, dan berbagai cara optimasi off-page lainnya.

Lakukan optimasi ini secara bertahap dan konsisten, serta yang terpenting jangan menggunakan cara-cara yang illegal karena berpotensi akan merugikan kredibilitas toko online di mata search engine, dan dianggap spam. Selain itu, teknik SEO akan selalu berubah mengikuti perkembangan algoritma search engine, untuk itu pastikan selalu update dengan berita terbaru seputar SEO agar teknik optimasi selalu diperbaharui dan website toko online tetap eksis di halaman pertama search engine. Satu hal lagi yang perlu di ingat, menempatkan website pada halaman pertama search engine tidaklah mudah, membutuhkan kerja keras dan semangat untuk mengupgrade diri, jika merasa tidak mempunyai cukup waktu, carilah partner yang akan membantu mengoptimasi website bisnis online agar beban kerja lebih ringan dan target bisa tercapai dengan maksimal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel