Panduan Aman Mencari Lowongan Kerja Online

Panduan Aman Mencari Lowongan Kerja Online - Pola mencari informasi sudah berubah, dahulu masyarakat mengandalkan surat kabar atau majalah untuk mencari lowongan kerja tapi sekarang sudah tidak lagi karena informasi seputar lowongan kerja sudah dapat di akses secara online dari mana saja dan kapan saja. Selain lebih mudah di akses, informasi seputar lowongan kerja online juga dapat di update secara real time, bahkan saat tengah malam sekalipun, sehingga mudah di jangkau siapa saja dan tinggal di mana saja. Ada banyak keuntungan mengakses iklan lowongan kerja secara online selain tentunya lebih mudah dan up to date, hanya sekali klik seseorang bisa mendapatkan informasi yang banyak dan beragam bahkan bisa di sortir atau dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan yang di miliki. Tentu saja manfaat ini cukup membantu untuk seseorang yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengakses internet dengan cepat dan lancar, terutama masyarakat yang tinggal di desa.

Panduan Aman Mencari Lowongan Kerja Online


Lowongan kerja online

Berhati-hatilah sebelum mengajukan lamaran kerja online. Berdasarkan survei yang dilakukan Asia Consumer Market Survey pada Desember 2013 di 7 negara, setidaknya ada 7 kanal yang kerap dijadikan referensi bagi orang Indonesia untuk mencari lowongan kerja, yaitu melalui job portal, search engine, word of mouth, lowongan di media cetak, media sosial, situs perusahaan, komunitas online, dan melalui agen perekrut.  Beragamnya kanal untuk mengakses informasi seputar lowongan kerja membuat para pencari kerja saat ini merasa lebih mudah karena biasanya kanal-kanal tersebut menyediakan ratusan bahkan ribuan lowongan kerja, tidak hanya dari dalam negeri namun juga dari luar negeri. Bekerja di luar negeri memang masih menjadi idaman bagi sebagian orang karena umumnya gaji yang di terima jauh lebih besar dibandingkan bekerja di dalam negeri. Selain itu, kesempatan untuk membuka wawasan baru kerap membuat orang memilih untuk bersaing dengan ribuan pencari kerja lainnya untuk bekerja di luar negeri.

Namun, tetap saja dibutuhkan tingkat kehati-hatian yang tinggi dari para pencari kerja untuk menyaring mana informasi yang benar atau informasi yang sepertinya mencurigakan. Tidak semua iklan lowongan kerja, terutama lowongan kerja online di posting oleh perusahaan yang benar-benar membutuhkan tenaga kerja. Ada iklan lowongan kerja online yang di buat sengaja untuk menipu calon tenaga kerja dengan berbagai cara, bahkan terlihat sangat menyakinkan. Di sinilah pentingnya para pencari kerja memiliki referensi pengetahuan dan informasi yang cukup untuk membantu mendeteksi iklan lowongan kerja palsu. Berikut ada beberapa panduan aman bagi para pencari kerja yang mengakses informasi seputar lowongan kerja secara online.

Meminta sejumlah uang dari pelamar kerja

Dalam Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Pungutan Tenaga Kerja disebutkan bahwa penyedia lapangan kerja di larang memungut biaya penempatan dalam bentuk apapun, termasuk biaya transportasi untuk wawancara di luar kota, atau biaya masuk ke career fair. Untuk itu, berhati-hatilah jika perusahaan meminta sejumlah uang tertentu untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut, karena belum tentu pelamar akan di terima di perusahaan tersebut namun sudah harus mengeluarkan sejumlah uang, ada baiknya segera hindari dan carilah lowongan pekerjaan lain yang tidak mensyaratkan sejumlah uang untuk disetorkan sebelum bekerja.


Memanggil pelamar kerja di luar lokasi perusahaan

Umumnya wawancara atau seleksi dilakukan di lokasi perusahaan, kecuali jika perusahaan tersebut menggunakan jasa pihak ketiga untuk membantu perekrutan karyawan, namun jika tidak berhati-hatilah jika wawancara dilakukan di luar perusahaan. Ada baiknya untuk mengkonfirmasi ulang dan menanyakan langsung kepada pihak personalia jika kasus seperti ini agar terhindar dari berbagai masalah yang mungkin akan muncul di kemudian hari. Jika pun menggunakan jasa pihak ketiga, pastikan perusahaan jasa tersebut terdaftar dan memiliki informasi yang jelas untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Menggunakan email yang umum digunakan atau gratis, dan bukan alamat email milik perusahaan

Ada baiknya untuk waspada jika pihak perusahaan yang memanggil untuk wawancara menggunakan email gratisan dan bukan email milik perusahaan, karena biasanya bagian personalia akan menggunakan alamat email resmi perusahaan jika terkait dengan urusan kerja, termasuk memanggil para pelamar untuk melakukan wawancara. Jika terjadi hal seperti ini, sebaiknya lakukan konfirmasi ulang kepada pihak perusahaan melalui nomor kontak yang terlampir pada berbagai media informasi perusahaan tersebut. Tips lainnya, pilihlah perusahaan yang ketika membuka iklan lowongan kerja mencantumkan secara lengkap tentang perusahaan, bergerak dalam bidang apa, memiliki kantor cabang di mana saja, dan yang terpenting kontak perusahaan secara lengkap.

Carilah lowongan kerja yang memiliki informasi detail lowongan yang tersedia

Langkah selanjutnya adalah menyaring dan mencari lowongan kerja yang memiliki informasi sangat jelas, mulai dari jenis pekerjaan, tanggung jawab yang di pikul pekerja jika di terima, persyaratan khusus seputar pekerjaan tersebut, termasuk kompesasi yang akan di terima pekerja nantinya. Umumnya perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar dan beroperasi dengan baik jika membuka lowongan pekerjaan akan memberikan informasi yang sangat jelas dan detail tentang hal tersebut. Selain untuk memperjelas kualifikasi yang akan mereka terima, juga sebagai upaya untuk menghindari pelamar yang kurang relevan dengan spesifikasi tersebut mengajukan lamaran pekerjaannya.

Harus di akui tidak semua perusahaan memiliki waktu yang cukup untuk menyeleksi ratusan karyawan, sehingga jika membutuhkan pelamar yang berpengalaman maka pihak perusahaan akan mencantumkan persyaratan tersebut pada iklan lowongan kerja yang dibuatnya. Informasi lain yang tidak kalah pentingnya dan harus diperhatikan para pelamar kerja adalah lokasi penempatan, pilihlah perusahaan yang mencantumkan lokasi penempatan secara lengkap dan jelas sehingga sebelum mengajukan lamaran, pihak pelamar sudah mempertimbangkan secara matang.

Sikap kehati-hatian sangat penting apalagi jika pelamar kerja mengajukan lamaran secara online, pastikan data pribadi pelamar terjamin kerahasiaannya untuk menghindari penyalahgunaan di kemudian hari. Jika ingin lebih aman bisa menggunakan jasa job portal yang memiliki kredibilitas baik, dan menjamin keamanan database para pelamar yang mengajukan lamaran melalui job portal tersebut. Umumnya perusahaan job portal yang terakreditasi baik selalu memvalidasi data perusahaan yang akan memasang lowongan pekerjaan di portal tersebut untuk menjamin keamanan data pelamar. Namun apapun itu, pilihan ada di tangan para pelamar, dan sangat penting untuk selalu berhati-hati dan selalu waspada.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel