Sukses Dengan 5 Ide Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

Sukses Dengan 5 Ide Bisnis Online Ibu Rumah Tangga - Ibu rumah tangga sukses berbisnis? Ini bukanlah hal baru, karena seiring pesatnya perkembangan teknologi dan internet, ada banyak manfaat positif yang memacu kreativitas seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan sekalipun berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang sehari-hari sibuk mengurus keluarga. Bisnis online, saat ini menjadi tren di kalangan ibu rumah tangga, tidak hanya sebagai solusi untuk membangun bisnis yang sesuai dengan karakteristik ibu rumah tangga pada umumnya, namun juga sebagai kanal untuk berbelanja dengan cara yang mudah dan cepat. Pesatnya perkembangan media sosial, di mana jumlah pengguna media sosial di Indonesia berdasarkan penelitian nyaris mencapai separuh dari jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan merupakan celah yang potensial jika di garap secara serius untuk membangun bisnis online, termasuk bisnis online ibu rumah tangga.

Sukses Dengan 5 Ide Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

 

Bisnis online ibu rumah tangga

Ada banyak bisnis online ibu rumah tangga yang potensial. Jangan sepelekan para pebisnis yang berbasic ibu rumah tangga, karena hanya berbekal kemampuannya menggunakan media sosial dan menceritakan pengalamannya sehari-hari menggunakan produk yang di jualnya, maka konsumen akan berdatangan dan merasa percaya akan manfaat produk tersebut. Rasanya sudah banyak kisah sukses yang dapat di baca di berbagai media bagaimana seorang ibu rumah tangga bisa menuai kesuksesan hingga puluhan juta rupiah per bulan hanya dari bisnis online yang dijalankannya. Bahkan tidak sedikit ibu rumah tangga yang memulai bisnis online-nya hanya bermodal ratusan ribu bahkan lebih rendah lagi hingga akhirnya menghasilkan keuntungan hingga jutaan ruliah. Bermula hanya menjadi seorang reseller, akhirnya sedikit demi sedikit bisa memproduksi barang yang dijualnya sendiri hingga menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Namun tentu saja, layaknya bisnis lainnya, bisnis online ibu rumah tangga juga mengalami pasang surut dan mungkin juga disertai berbagai kesulitan. Untuk itu, seorang ibu rumah tangga yang memutuskan untuk serius menekuni bisnis online tentu harus juga mempelajari banyak strategi terutama strategi marketing online untuk mendukung bisnisnya agar tetap eksis dan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus dibarengi dengan kerja keras, inovasi, dan kreativitas agar bisnis online bisa sukses seperti yang diharapkan.

Faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah memilih ide bisnis online ibu rumah tangga apa yang cocok sehingga nyaman untuk dikerjakan meskipun dihadang berbagai tantangan bisnis. Tentu saja ada banyak sekali pilihan bisnis online yang cocok dengan ibu rumah tangga, dan berikut 5 Ide bisnis online ibu rumah tangga yang bisa menjadi pertimbangan di tengah rasa bingung ingin memulai bisnis online seperti apa dengan modal yang tidak terlalu besar.

1. Bisnis makanan atau camilan

Punya kemampuan membuat beragam jenis makanan atau camilan? Jangan sia-siakan kemampuan ini karena ibu rumah tangga bisa menjual aneka jenis makanan atau camilan secara online dan sudah banyak yang sukses membangun bisnis online melalui berbagai jenis makanan atau camilan baik yang diproduksi sendiri maupun membantu menjualkan milik orang lain. Saat ini agen pengiriman sudah memperbaharui fiturnya sehingga siap mengantarkan aneka jenis makanan kepada konsumen di mana saja dan kapan saja, sehingga lebih mudah dan aman. Namun, untuk beberapa jenis makanan atau camilan tertentu, memang harus dipelajari bagaimana cara mengemasnya agar bertahan dalam waktu yang lama dan tetap berkualitas sekalipun di kirim melalui jasa pengiriman. Dengan semangat dan tekad yang kuat semua itu bisa dipelajari, yang terpenting kualitas rasa, tampilan, dan kemasan menjadi yang terutama.
 

2. Bisnis kerajinan tangan atau Craft

Saat ini sedang tren di kalangan masyarakat menggunakan berbagai aksesoris handmade yang unik dan cantik. Peluang ini tentu saja menjadi ide bagus untuk memulai bisnis online apalagi jika kebetulan ibu rumah tangga memiliki keahlian dan kreativitas untuk menghasilkan berbagai kerajinan tangan sendiri. Kekayaan budaya lokal Indonesia bisa menjadi inspirasi dalam berkarya dan menghasilkan aneka kerajinan tangan yang tidak hanya unik namun juga bernuansa lokal Indonesia. Namun sedikit tips jika ingin memulai bisnis online kerajinan tangan, buatlah atau pilih produk yang tidak hanya sebagai hiasan belaka namun juga memiliki manfaat sehingga akan konsumen tidak merasa sia-sia untuk membeli produk tersebut.

3. Bisnis Reseller aneka produk

Salah satu jenis bisnis online yang sangat diminati ibu rumah tangga adalah bisnis online dengan menjadi reseller aneka produk atau barang, seperti fashion, buku, sepatu, tas, dan masih banyak lagi peluang menjadi reseller. Bisnis reseller ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang tidak memiliki keahlian untuk membuat atau memproduksi apapun, sehingga cukup hanya bermodalkan kemampuan untuk menjual. Saat ini banyak sekali produsen atau pemilik produk yang menawarkan peluang untuk menjadi reseller produknya, baik dengan cara menyetok sejumlah tertentu, dengan metode dropshipping, atau pre-order. Selain itu, keuntungan berbisnis online dengan menjadi reseller adalah bisa disesuaikan dengan budget atau modal yang dialokasikan, sehingga kalkulasi awal saat memulai bisnis tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, atau bahkan nyaris tanpa modal seperti metode bisnis online dropshiping dan pre-order. Meskipun terlihat mudah, membangun bisnis online reseller juga harus mempelajari banyak hal, termasuk memilih produk atau barang yang cocok untuk di jual dan di terima pasar online dengan baik.


4. Bisnis dengan membuka kelas online

Jika memiliki keahlian atau kemahiran dalam bidang tertentu, jangan remehkan kemampuan tersebut karena bisa menjadi pembuka jalan untuk memulai bisnis online dengan keahlian atau kemahiran tersebut. Sebagai contoh, jika memiliki keahlian atau kemahiran dalam bahasa asing, manfaatkan keahlian tersebut dengan membuka kelas yang bisa di akses secara online. Atau keahlian dalam memasak, juga bisa dimanfaatkan dengan membuat kelas online tutorial memasak. Saat ini sudah banyak situs atau website yang menyediakan fitur-fitur mudah untuk membuka kelas online sehingga interaksi antara pengajar dan murid bisa berlangsung dengan baik meskipun dilakukan secara online. Dengan gaya hidup modern masa kini yang nyaris tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk melakukan aktivitas lain, belajar melalui kelas online menjadi pilihan karena bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, sebuah peluang yang bagus bukan?

5. Bisnis dengan menjadi penulis

Memiliki keahlian dalam menulis? Jadikan hobi dan keahlian tersebut untuk memulai bisnis online dengan menjual jasa dalam bidang kepenulisan. Semakin maraknya pertumbuhan portal-portal online, maka peluang untuk berbisnis online dengan tulisan menjadi semakin besar dan bisa dikatakan bisnis online dalam bidang kepenulisan sangat potensial untuk berkembang. Bisnis online jenis ini terbilang sangat sesuai dengan karakteristik ibu rumah tangga karena bisa dilakukan dari rumah sehingga tidak terlalu menganggu aktivitas mengurus rumah tangga, atau kerap di sebut bisnis rumahan yang cocok sebagai bisnis online ibu rumah tangga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel