Wajib Tahu Hal Penting Ini Sebelum Memulai Bisnis Online Pre-Order

Wajib Tahu Hal Penting Ini Sebelum Memulai Bisnis Online Pre-Order - Tidak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk kebiasaan berbelanja yang dahulu dilakukan secara langsung di mana penjual dan pembeli saling bertatap muka untuk melakukan transaksi, namun kini berbelanja bisa dilakukan melalui media online. Angka pengguna perangkat smartphone yang semakin meningkat dari tahun ke tahun merupakan salah satu penyumbang perubahan pola masyarakat dalam berbelanja, karena kini berbelanja bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari. Jangkauan jaringan internet yang semakin luas di tambah semakin murahnya biaya mengakses internet membuat sebagian masyarakat memanfaatkan kemajuan itu untuk memulai bisnis online, salah satunya bisnis online pre-order. Bisnis online dengan sistem pre-order ini sesungguhnya sudah cukup populer di kalangan masyarakat karena di anggap sebagai solusi memulai bisnis tanpa mengeluarkan modal yang terlalu besar atau bisnis minim modal.

Wajib Tahu Hal Penting Ini Sebelum Memulai Bisnis Online Pre-Order


Bisnis online pre-order

Ketahuilah tips penting untuk memulai bisnis online pre-order. Selain itu, bisnis online pre-order ini dianggap sebagai jalan keluar bagi seseorang yang ingin memiliki bisnis namun tidak memiliki modal yang cukup untuk memproduksi barang yang ready stock, atau belum memiliki cukup kepercayaan diri untuk memproduksi barang ready stock. Meskipun bisnis online pre-order ini terhitung bisnis minim modal, namun untuk menembus persaingan dengan pelaku bisnis online pre-order yang lain tentu membutuhkan usaha dan kerja keras, karena banyak pelaku bisnis online yang berpikiran sama.

Kerja keras dan keuletan dalam memulai bisnis ini tidaklah cukup, karena ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu kreativitas dalam menghasilkan produk atau mencari produk untuk di jual. Sesungguhnya tidak ada bedanya antara bisnis online pre-order dengan sistem bisnis online lainnya, namun karena dalam bisnis online pre-order ini pembeli membayar terlebih dahulu untuk barang yang bahkan belum diproduksi, tentu barang tersebut haruslah menarik, unik, dan berdaya guna tinggi sehingga pembeli sabar menunggu.

Saat ini jumlah pelaku bisnis online dengan sistem pre-order ini semakin banyak dengan jenis produk yang beragam dan inovatif, tentu untuk memenangkan persaingan bukanlah hal mudah. Belum lagi keberadaan e-commerce besar yang tentu saja memiliki kelebihan dalam hal promosi juga merupakan kendala awal yang harus di antisipasi jika ingin memulai bisnis online pre-order. Terlalu lama menunggu atau barang yang di terima mengecewakan bisa-bisa membuat pembeli kabur ke pelaku bisnis online yang lain.

Untuk itu, jika ingin sukses membangun bisnis online pastikan telah memiliki mindset bahwa pembeli adalah investor yang wajib kita pelihara, jaga, dan layani dengan baik, sesungguhnya berbisnis online dengan cara pre-order sangat menyenangkan karena barang sudah pasti ada yang membeli. Namun, agar bisnis online dengan sistem pre-order bisa bertahan lama tentu membutuhkan strategi khusus, berikut hal penting yang wajib diketahui jika berencana memulai bisnis online pre-order.

Rencanakan dengan matang produk yang akan di jual

Sama seperti memulai bisnis lainnya, bisnis online pre-order pun membutuhkan persiapan dan rencana yang matang terutama saat memilih produk yang akan di jual secara pre-order. Jika sudah memiliki produk sendiri sebelumnya, tentu untuk menjual secara online dengan sistem pre-order, produk tersebut haruslah berkualitas dan telah mendapatkan feedback yang positif dari beberapa pembeli sebelumnya. Namun, tidak semua pelaku bisnis memiliki barang yang diproduksi sendiri, padahal ingin sekali memulai bisnis online pre-order. 

Solusinya bisa dengan menjual produk milik orang lain lain, namun untuk itu ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan, yaitu pastikan untuk mengenal dengan baik produsen barang tersebut, kualitas barang, dan memiliki komunikasi yang baik dengan produsen tersebut., karena dalam bisnis online pre-order ini dibutuhkan rasa percaya yang tinggi dari pembeli. Namun apapun itu, pastikan produk yang akan di jual melalui sistem pre-order telah di rencanakan dengan matang, baik dari sisi desain, kualitas, dan potensi pasar agar bisnis online pre-order bisa berjalan sesuai rencana dan tentu saja akan bertahan dalam waktu yang lama.


Bangun kredilitas yang baik

Pesatnya perkembangan media sosial akhir-akhir ini tentu saja membawa banyak keberuntungan bagi pelaku bisnis online termasuk bisnis online pre-order, karena media sosial menjadi salah satu channel marketing yang efeknya sangat dahsyat tidak hanya dari segi promosi namun juga berpotensi meningkatkan penjualan. Jaringan pertemanan yang berkualitas bisa menjadi salah satu kekuatan untuk membangun pasar bisnis online pre-order, karenanya sangat penting untuk menjalin komunikasi yang baik, entah itu dengan teman atau pembeli yang sudah beberapa kali berbelanja di toko online yang sama. 

Selain itu, buatlah postingan atau update status yang positif, karena hal ini juga penting untuk membangun kredilitas yang baik. Media sosial seperti facebook, twiiter, instagram, dan lain-lain memang menawarkan banyak kemudahan dalam membangun bisnis online termasuk bisnis online pre-order, namun akan menjadi bumerang bagi kita jika ada yang kurang berkenan baik dari segi kualitas produk atau pelayanan, maka berita akan cepat sekali tersebar yang tentu saja akan merugikan kredibiltas pemilik toko online tersebut. Untuk itu, sebelum memulai bisnis online pre-order pastikan produk yang akan di jual memiliki kualitas yang baik, karena kualitas produk menjadi salah satu poin membangun kredibilitas yang baik pula.

Ada baiknya sebelum memulai bisnis online pre-order lakukan tes pasar kepada sejumlah teman dekat terlebih dahulu untuk mendapatkan feedback atau testimoni kualitas barangnya. Produk yang berkualitas di sertai desain kemasan yang bagus tidak hanya akan menjadi bagian dari brand identity namun juga akan membuat produk tersebut lebih berkelas di mata konsumen. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah tampilan visual dari produk tersebut, itulah yang menjadi alasan seringkali diselenggarakan workshop atau pelatihan teknik fotografi bagaimana membuat tampilan visual yang baik untuk pelaku bisnis online.  Dengan kata lain, ada banyak faktor untuk membangun kredilitas yang bagi baik bagi seorang pelaku bisnis online termasuk bisnis online pre-order.

Memadukan bisnis online pre-order dengan ready stock

Setelah bisnis online pre-order stabil dan cash flow mulai lancar, pikirkan untuk memulai bisnis online dengan sistem ready stock, karena berbisnis dengan sistem pre-order ini bukanlah bisnis potensial untuk jangka panjang. Namun, jika menganggap sistem pre-order ini masih yang terbaik untuk menjaga kualitas produk, lakukan terobosan baru, salah satu kuncinya. 

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.,

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel