Problem Yamaha Vixion Dan Cara Mengatasinya

Masalah Yamaha Vixion Dan Cara Mengatasinya - Salah satu motor sport yang diminati oleh masyarakat di Indonesia adalah Yamaha Vixion. Dan juga sebagai leader di kelas motor sport,ini mencerminkan motor ini banyak bersliweran di jalan. Oke, sebagai benda buatan manusia motor ini juga tidak sempurna alias ada masalah(bukan banyak masalah). Berdasarkan apa yang saya baca dan saya rasakan ada beberapa problem yang lumayan mengganggu.

MasalahYamaha Vixion Dan Cara Mengatasinya


Problem Yamaha Vixion

Antara lain:

  1. Pompa Bensin macet, karat dan bocor
  2. Mesin brebet/ndut2an
  3. Susah oper gigi khususnya saat dinetralkan
  4. Pompa bensin yang tidak naik.
  5. Lampu depannya redup sendiri ketika motor hidup
  6. Kipas radiatornya idup trus walau saat mesin belum panas
  7. Indikator berkedip saat mesin hidup
  8. kalo uda panas lampu indikator suka nyala terus trus tiba” mati sendiri
  9. mesin cepat panas
  10. Setting co+1 knalpot nembak2 & busi warnanya putih tp kl setting co+2 busi jadi hitam & kl di gas pol keluar asap abu2
  11. Kalau dinyalain nyalanya lma bgt,jd musti w bantu pke stater kaki bru bisa nyala
  12. Kalau jalan terasa bergetar sampe kaki
  13. Motor makin boros
  14. Staternya bisa tapi ga ngangkat kaya ngelos aja
  15. Mesinnya sering mati sendiri waktu di jalan

Cara Mengatasi Problem Yamaha Vixion 

1. Untuk masalah yang pertama; bila hal ini terjadi gejala yang dirasakan adalah motor sering mogok, karena ini aliran bensin yang kurang lancar ke ruang bakar. Nah yang bertugas menyuplai bensin keruang bakar ada piranti yang disebut pompa bensin, yang letaknya di dalam tangki motor. Biasanya piranti ini yang bermasalah, penyebabnya antara lain karena kelamaan berjemur di bawah terik matahari, tangki sering kosong dan memakai obat penambah oktan yang berbentuk padat dan susah hancur sehingga  ada partikel yang masuk ke saluran pompa bensin dan membut pompa bensin mampet. Saluran tersebut sangat kecil ukurannya dan bersifat sensitif apalagi jika terkena panas dan tersumbat kotoran. Bila tangki sering kosong juga dapat mengakibatkan hal tersebut, logikanya seperti ini, tangki kosong berarti dinding tangki juga mongering dan jadi kerak, pada saat mengisi bensin kembali kotoran akan turun dan masuk ke saluran pompa bensin. Nah mulai sekarang dibiasakan untuk jangan terlalu sering membiarkan tangki bensin kosong.

2. Kita beralih ke permasalahan berikutnya yaitu mesin brebet. Problem ini terjadi bisa terjadi karena pemakaian knalpot yang kurang baik. kemudian bisa juga disebabkan oleh busi yang hampir mati, ataupun busi yang tidak cocok dengan vixion. Biasanya tertukar dengan businya Jupiter MX (ingat jangan sampai salah busi ya..).

Pertama cek kode businya…standar vixion ngga. Kalo udah dan kode businya sesuai…cek warnA ujung businya..pembakranya sempurna ngga? pembakaran sempurna ditandai dgn warna merah bata or kecoklatan. Kalo putih atau coklat muda berarti terlalu kering kurang bensin. Kalo hitam dan basah berarti terlalu basah kebanyakan bensin. Trus diliat pengapiannya dicek stabil ngga. trus cek jalur bensin, termasuk filter bensin. kalo kotor dikuras. kadang ada air yang masuk tangki.

3. Sekarang kita ke permasalahan yang berikutnya lagi yaitu susah oper gigi terutama saat dinetralkan. Yang harus dicek adalah posisi tuas penekan kopling dan dan tempatnya di tutup mesin sejajar atau tidak. Bila tidak maka kopling tidak bekerja secara sempurna. Akibatnya jelas ngoper gigi akan terasa keras dan susah. Yang bisa dilakukan adalah tuas penekan kopling dan tempat kopling di bak mesin dibikin sejajar, caranya adalah penyetelan di pangkal selang kabel kopling, dan bila masih terasa keras dilakukan juga pengecekan pada batang tuas penekan kopling. 

4. Masalah berikutnya pompa bensin yang tidak naik. Jangan terlalu memberanikan ngelepas pompa bensin sendiri, soalnya di mekanisme fuel pump agak sensitif dengan kelistrikan. saran saya sih lebih baik ke bengkel resminya aja.. motor injeksi memang agak nahan diri untuk ngoprek sendiri.

5. Masalah berikutnya lagi lampu depannya redup sendiri ketika motor hidup dan sudah berjalan agak lamaan, apa lagi kalo lampu sein nya hidup ditambah lagi ngerem klaksonmalah jadi mati. Kalo motor vixion lama pake pengapian DC, jadi arus listrik langsung dari aki. kalo bohlamnya redup sendiri pas motor hidup bisa jadi ada kabel yang konslet..dan coba cek soket2nya. nah pengecekan terakhir yah cek tegangan akinya bro.. mungkin akinya udah soak. soalnya arus DC langsung ngambil dari aki..kalo akinya aja soak berarti arusnya juga ga keluar.  Kemungkinan besar ada konstleting di jalur lampunya.untuk awal coba cek saklar lampu depan apakah ada kabel yang mengelupas or rusak gitu.


6. Masalah berikutnya kipas radiatornya idup trus walau saat mesin belum panas. Biasanya sensor temperaturenya kemungkinan error. Itu fungsinya untuk menghidupkan kipas bila temperatur mesin sudah dianggap panas kalo ga salah sekitar 80 derajat.

7. Masalah berikutnya indikator berkedip saat mesin hidup.  Sebenarnya untuk indikator mesin yang berkedip itu mempunyai arti masing-masing dan menandakan ada kerusakan pada sistem injeksi.lebih baik segera ke bengkel resmi untuk mengecek arti kedipan pada motor. Karena biasanya pada bengkel resmi sudah ada alat khusus untuk mendeteksi kerusakan pada sistem injeksi.

8. Masalah berikutnya kalo uda panas lampu indikator suka nyala terus trus tiba” mati sendiri. Jika mesin terasa panas sekali ada indikasi motor mengalami overheat atau kepanasan. coba cek air radiator dan extrafan.

9. Masalah berikutnya mesin cepat panas. cek  kipas apakah hidup berdasarkan sensor suhu. cek air radiator,  kalo udah ditambah tapi kurang terus berarti ada kebocoran, trus ada kemungkinan air radiatornya ga bersirkulasi karena: thermostat rusak, waterpumpnya rusak. yang terakhir kemungkinan ada setelan yang kurang pas…misal bensinnya terlalu miskin sehingga jadinya overheat (terlalu irit) oh iya satu lagi, ada kemungkinan putaran kipasnya udah lemah karena fungsi dinamonya udah menurun.

10. Masalah berikutnya setting co+1 knalpot nembak2 & busi warnanya putih tp kl setting co+2 busi jadi hitam & kl di gas pol keluar asap abu2. busi putih tandanya bensinnya kurang, bensin hitam tandanya kebanyakan bensin. untuk kasus ini mending settingnya di co+2 aja..trus biar ga terlalu hitam businya, coba businya diganti dengan busi platinum. biar pembakarannya makin besar.. yang pas adalah busi berwarna kecoklatan. untuk keluar asap abu-abu pas gas pol ..biasanya indikasi pembakaran terlalu kaya alias kebanyakan bensin. coba servis injectornya.. mungkin udah terlalu kotor.

11. Masalah berikutnya klo dinyalain nyalanya lma bgt,jd musti w bantu pke stater kaki bru bisa nyala.  Cek starter elektriknya hidup ga? klaksonnya bunyinya nyaring ngga? kalo starter elektrik hidup tapi ga “ngangkat” dan bunyi klakson yang ga nyaring, kemungkinan akinya udah soak. coba cek tegangan akinya. kalo semuanya hidup berarti mungkin masalahnya ada pada komponen starter elektriknya, ada pada settingan bensinya kurang banyak atau ada kerusakan pada sensor Idle Speed Control(ISC) yang bertugas menjaga putaran mesin(pada saat mesin dingin maka putaran mesin akan naik) 

12. Masalah berikutnya kalau jalan terasa bergetar sampe kaki,terasa kaya kasar tetapi kalau jalan posisi mesin mati normal saja gk ada getaran. kalau memang sumber getaran dari mesin, berarti harus bongkar mesin atau turun mesin. semuanya dicek..ada komponen yang sudah ga balance bisa piston, kem atau engine balancernya yang kena. kalo kampas kopling aus ngga timbul getar..ciri2 kampas kopling aus: akselerasi ga spontan,jadi boros terus tenaga terasa kurang saat menanjak/boncengan.. tetapi getar juga bs dikarenakan komponen kopling dan transmisinya yang rusak.

13. Masalah berikutnya motor makin boros.  memang seiring usia pasti kemampuan motor semakin menurun, solusinya ya harus banyak komponen yang dicek dan diganti. coba servis besar mesinnya biasanya keliatan kondisi mesin, banyak karbon atau ngga kalo banyak ya dibersihin..trus bersih2 injector+kalibrasi dan tangki dicek saluran bahan bakar dicek, trus cek kampas kopling.

14. Masalah berikutnya staternya bisa tapi ga ngangkat kaya ngelos aja. coba cek dinamonya, biasanya brushnya sudah aus. atau cek aki sekalian..mungkin ngedrop.

15. Masalah berikutnya mesinnya sering mati sendiri waktu di jalan. .cek sistem pengapian+saluran bensin+pompa2nya gan+injectornya. kalo mau ngga terlalu susah servis besar+servis injectornya.. yang agak susah kalo yang rusak kelistrikannya. harus dirunut satu2 sehingga tau bagian mana yang rusak.


Masalah-masalah lainnya mengingat usia kayaknya memang harus banyak perbaikan.
1.untuk mesin kasar.. coba servis besar dulu mungkin ada komponen yang sudah aus klep, piston dll.
2.kalo masuk gigi kasar bisa juga karena settingan koplingnya ga pas or ganti kampas kopling racing(saya pernah ganti kampas kopling vixion dgn scorpio memang untuk masuk gigi awal timbul suara njedak)
3. untuk tenaga yang kurang mungkin kampas koplingnya sudah habis or ada komponen mesin yang sudah aus (berkaitan dengan no 1.)
4. Capit udang(sasis) goyang. perlu dipress dan di balance..langsung ke bengkel khusus press aja..
5.gas ngga normal, kalo putaran gas berat or nyangkut berarti kemungkinan kabel gas harus dibersihin atau diganti.
6.Batangan vixion juga sudah tidak lurus (bengkok). silahkan di press.. ke bengkel press motor..:)
7. bensin boros ada kaitan dengan jawaban no.3 sama no 1..kalo semua beres insyallah lebih irit.
8. lampu redup biasanya karena listriknya kurang..bisa akinya udah mulai soak atau ada konsleting di kabel kelistrikan. coba cek satu2..dan bisa juga karena ada penambahan accesories yang perlu listrik kayak klakson, lampu tambahan dll. kalo hidup pas jalan kemungkinan sensor2 ECU dll kekurangan teganggan listrik , pasang accesoris yang perlu arus listrik ngga? coba cek jalur kelistrikannya..kalo accu udah ganti ada kemungkinan pengisiannya bermasalah bisa kiprok atau spul.

haahha jika motor vixionnya jam terbangnya tinggi.. pelan2 aja benerinnya.

Mungkin di luar sana teman teman sekalian masih memiliki setumpuk permasalahan atau problem seputar motor yamaha vixion. Semoga artikel ini bisa membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel