Suara Hilang Pada Audio Mobil dan Solusinya

Suara Hilang Pada Audio Mobil dan Solusinya - Sangat setuju jika teman sejati di mobil ketika sendirian adalah audio. Dalam hal ini, suara dan audio yang diputar di mobil dapat menjadi 'teman' saat sendirian atau bosan. Sampai-sampai orang rela mengeluarkan banyak uang untuk meningkatkan sistem audio mobil agar lebih enak didengar. Untuk mobil standar sebenarnya cukup dengan hanya mengatur audio favorit di mana sekarang rata-rata mobil sudah menggunakan head unit yang menggunakan cd, Flashdisk atau DVD yang semuanya mengedepankan kemudahan dan suara yang cukup jernih. Nah, terkadang timbul masalah menjengkelkan di sistem audio, dari suara mati hingga suara berhenti/tersendat. Berikut adalah masalah kecil dan solusi yang mungkin timbul ketika Anda berada di jalan dan menikmati audio favorit Anda.

Suara Hilang Pada Audio Mobil dan Solusinya


Speaker off atau mati, ini bisa dialami untuk audio mobil standar atau audio yang telah dimodifikasi. Indikasinya mudah pada speaker tidak terdengant suara yang keluar, bisa hanya satu atau dua. Ini disebabkan oleh pemasangan kabel yang buruk atau kabel yang tidak diposisikan dengan baik sehingga cenderung terjepit atau patah. Kabel terjepit atau putus biasanya terjadi pada speaker dan kabel terletak pada engsel pintu, karena pintu sering di buka tutup maka ada kemungkinan kabel lecet dan terjepit. Yang perlu dicermati adalah bahaya korsleting karena jika ada kabel yang terkelupas sehingga bisa menyebabkan kebakaran. Solusinya adalah melindungi kabel speaker dengan selang/selonsong pelindung sehingga lebih terlindungi.

Ini adalah masalah yang sering terjadi pada head unit ketika mengatur lagu muncul loncatan atau lagu yang berhenti tiba-tiba dan suaranya tidak jelas. Untuk penyetelan, melalui CD atau DVD, ini terjadi karena optik tidak lancar membaca file pada CD atau DVD. Alasannya adalah kondisi head optik unit yang terkena sinar matahari dan perubahan suhu, panas ke dingin dan sebaliknya. Sehingga muncul embun dan kotoran akibat kelembaban tinggi. Solusinya adalah membersihkan lensa optik dengan pembersih lensa (pembersih lensa optik yang banyak dipasaran), disarankan menggunakan pembersih lensa tanpa cairan.

Yang terkhir pada pembahasan kali ini adalah masalah yang sering terjadi pada mobil yang telah diupgrade sistem audionya. Yaitu dengan penambahan power amplifier. Jika masalahnya adalah suara hilang sama sekali, nah ini terjadi karena power amplifier terlalu panas atau overheat. Alasannya adalah pembuangan panas tertutup pada power amplifier, biasanya, ada barang bawaan bagasi yang menutupi power amplifier. Ciri dari amplifier yang terlalu panas adalah suara akan mati sesaat dan kemudian nyala lagi ketika power amplifier dingin. Solusinya mudah, jangan menutupi amplifier pada bagian pembuangan panasnya, biarkan udara bersirkulasi dan mendinginkan penguat daya/amplifier tersebut. Sekian semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel